Brilio.net - Musik bisa membuat kamu rileks ketika kamu mencoba untuk konsentrasi. Tetapi hal ini bisa tidak berlaku lagi jika umurmu semakin tambah tua. Bahkan musik bisa mengganggu saat kamu mengingat nama seseorang. Lho kok gitu?

Sebuah studi yang dilakukan olah ahli dari Georgia Institute of Technology menunjukkan bahwa musik bisa menjadi permasalahan tersendiri bagi orang yang sudah tua dalam mengingat nama, dikutip brilio.net dari Science Daily, Rabu (24/6).

Penelitian ini dilakukan oleh Sarah Reaves dalam bidang psikologi. Dalam penelitiannya, Sarah melibatkan anak muda dan orang yang sudah tua untuk menilai apakah musik bisa mempengaruhi seseorang dengan ingatan mereka. Musik yang dipakai dalam penelitian ini adalah musik tanpa lirik, musik dengan suara hujan, dan musik instrumental untuk background.

Setiap responden dari riset tersebut diminta untuk mengamati serangkaian kombinasi foto wajah dan nama. Kemudian, setelah beberapa menit mereka diminta untuk menentukan apakah foto dan nama tersebut sama dengan sebelumnya. Proses pengujian ini dilakukan dalam berbagai situasi, seperti situasi tanpa suara, alunan musik tanpa lirik, musik suara hujan, dan musik instrumental.

Sang peneliti mengungkapkan bahwa musik bisa mengganggu kedua kelompok umur tersebut dalam mengingat wajah dan nama. Akan tetapi, untuk anak muda, mereka tidak terlalu bermasalah. Meskipun begitu, untuk kelompok orang yang sudah tua, mereka hanya bisa menjawab dengan benar kurang dari 10%.

Loading...

Fenomena itu bisa terjadi karena associative memory (kemampuan untuk memunculkan ingatan yang telah dikumpulkan oleh otak) seseorang semakin menurun seiring bertambahnya umur. Selain itu orang yang sudah tua juga mengalami permasalahan tersendiri saat menghindarkan gangguan suara untuk berkonsentrasi.

PERLU KAMU TAHU:

Ini aliran musik yang paling klik buat kamu bergolongan darah A

Kamu berdarah O, cek aliran musik 'sadis' ini buatmu

Ini 5 genre musik yang cocok didengerin golongan darah AB

Ini aliran musik yang oke punya buat golongan darah B

BACA JUGA:

Mengintip konser rock cerdas ala Captain Jack, menggandeng 8 seniwati

Merayakan kembalinya 'serigala' Jogja bersama para 'koboi kota'

Lingsir Wengi lagu buat manggil kuntilanak? Baca dulu sejarahnya dong!

Mengingat sejarah musik keroncong, dulu ngehits tapi kini dilupakan

Suka mendengarkan musik pakai earphone? Begini cara membersihkannya

Rahasia di balik pemutaran musik di supermarket, bikin betah belanja

10 Fakta tentang musik dangdut yang tak banyak kamu tahu