Brilio.net - Jika kamu saat ini adalah seorang karyawan dalam sebuah peruahaan, pasti hari-harimu selalu berhubungan dengan yang namanya atasan atau bos.

Ternyata nih guys, bos dan pemimpin itu beda lho. Si pemimpin sudah pasti bisa menjadi bos, tetapi bos belum tentu bisa jadi pemimpin. Lalu apa sih bedanya bos dan pemimpin? Dari berbagai sumber, brilio.net berhasil menghimpun setidaknya enam perbedaan antara bos dan pemimpin bisa.

1. Ruang kerja

Bos biasanya sangat mengotak-kotakkan level dalam pekerjaan. Dia memiliki ruang di sudut kantor yang terpisah dari para karyawannya. Sedangkan pemimpin dia sangat fleksible dia bisa menjadi supervisor namun juga tidak menolak duduk menjadi rekan kerja para karyawan.

2. Cara memerintah

Loading...

Bos akan mengatakan "kerjakan" karena dia merasa berkuasa sebagai seorang bos, tapi si pemimpin akan mengatakan "ayo kerjakan" karena pemimpin bertanggung jawab atas setiap langkah yang dikerjakan para karyawannya. Bos says "go", a leader says "let's go".

3. Fokus

Seorang bos akan lebih fokus kepada proses kerja, yang dia tahu bagaimana proses kerja yang telah ditetapkan bisa dijalankan dengan benar oleh para karyawannya. Seorang pemimpin dia akan lebih fokus pada personal masing-masing karyawan, dia tidak akan membebankan di luar kemampuan para karyawannya.

4. Menyikapi masalah

Bos, biasanya akan sangat menyalahkan karyawan jika terjadi sebuah masalah dalam perusahaan itu. Sedangkan pemimpin, akan mengajak duduk bersama dan fokus kepada menyelesaikan masalah yang muncul. Bos juga cenderung memiliki pemikiran yang pendek, sedangkan pemimpin dia akan melihat sebuah masalah sebagai jalan untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

5. Melihat karyawan

Seorang bos menguasai 10% tenaga bermasalah, bos terlihat biasa saja ketika ada karyawan berprestasi dia akan berfikiran semua itu karenanya. Namun dia akan sangat marah jika ada karyawan yang bermasalah. Sedangkan seorang pemimpin menguasai 90% karyawan yang kooperatif. Pemimpin tahu bagaimana cara mengembangkan potensi karyawannya.

6. Budaya kerja

Bos akan membuat budaya kerja yang "takut pada bos" alias bos adalah raja dan bos tidak pernah salah. Tetapi seorang pemimpin menciptakan budaya kerja yang saling menghormati dan saling menyayangi.

Nah gimana guys, udah jelas kan bedanya? Kira-kira atasanmu termasuk yang mana?