Brilio.net - Kemampuan adaptasi sangatlah penting dalam menghadapi berbagai perubahan di dunia ini. Terkadang banyak kesulitan yang melanda karena kita tidak bisa beradaptasi dengan hal-hal yang baru. Jika kamu termasuk dalam pribadi seperti ini, lebih baik bermain game Cut The Rope setidaknya satu jam setiap harinya.

Salah satu studi dari Nanyang Technological University (NTU) mengungkapkan bahwa bermain games Cut The Rope mampu meningkatkan executive function (kemampuan mengambil keputusan dalam menghadapi perubahan/adaptasi) sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari Science Daily, Senin (3/8). Cut The Rope merupakan game berbasis puzzle kompleks yang terdiri dari berbagai level yang bisa diinstal pada ponsel pintar.

Penelitian ini melibatkan 52 mahasiswa NTU dalam waktu 4 minggu dengan jumlah durasi bermain game 20 jam. Sang peneliti, Michael D. Patterson melakukan riset ini dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara game tersebut dengan kemampuan adaptasi terhadap lingkungan baru, kemampuan konsentrasi saat ada gangguan, serta kemampuan fleksibilitas seseorang.

Setelah bermain game selama 20 jam, para responden menunjukkan adanya peningkatan dalam ketiga kemampuan tersebut. Bahkan 60% dari mahasiswa tersebut menunjukkan performa lebih baik dalam hal konsentrasi. Sekitar 30% lainnya mampu beradaptasi dengan situasi baru.

Sang peneliti menjelaskan bahwa Cut The Rope merupakan game yang lebih mengedepankan solusi. Untuk bermain game ini mereka harus berpikir secara kreatif untuk meningkatkan level. Tidak seperti game lainnya, yang hanya fokus dengan kecepatan untuk naik ke level selanjutnya.