×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Berjalan kaki di alam terbuka bisa jernihkan pikiran dan usir stres

View Image

0

BRILIO » Life

Berjalan kaki di alam terbuka bisa jernihkan pikiran dan usir stres

Faktor ini bisa berkurang dengan paparan lingkungan hijau yang bertindak sebagai 'penyangga' dampak negatif lingkungan kota tadi.

10 / 07 / 2015

Brilio.net - Terkadang, kalau pikiran kita lagi ruwet dan suntuk pasti ingin melakukan sesuatu yang bikin jadi fresh lagi. Ya nggak? Nah, kalau gitu coba deh untuk berjalan-jalan di luar ruangan. Alasannya, menurut sebuah studi menunjukkan bahwa dengan berjalan-jalan di alam bisa membantu kamu untuk menjernihkan pikiran. Apalagi jika berjalan kaki di lingkungan alam, terutama ruang terbuka hijau. Wih, sejuk banget pasti rasanya! Hati dan pikiran jadi adem, dijamin deh!

Para peneliti menemukan bahwa 19 orang di studi tersebut yang berjalan kaki di lingkungan alami memiliki jumlah negativitas yang lebih rendah dibanding 19 orang yang berjalan-jalan di lingkungan perkotaan selama 90 menit. Penelitian sebelumnya pernah menunjukkan hal serupa, di mana mereka yang menghabiskan waktu di jalanan perkotaan berpotensi meningkatkan risiko depresi dan kondisi terkait.

"Ini cukup mengejutkan karena 90 menit berjalan kaki ternyata memiliki dampak besar," kata pemimpin penelitian sekaligus doktor biologi di Stanford University, Gregory Bratman, seperti dilansir brilio.net dari livescience, Jumat (10/7).

Orang-orang yang berada di kelompok pertama, berjalan kaki di sekitar Stanford, sebuah area berumput yang dikelilingi pohon oak dan semak-semak. Sedangkan kelompok pembanding lainnya berjalan kaki di jalanan tersibuk di sekitar Palo Alto.

Para peneliti meminta para partisipan mengisi kuesioner sebelum dan sesudah berjalan kaki. Selain itu, mereka juga memindai otak partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berjalan kaki di lingkungan alami memiliki aktivasi rendah di bagian otak yang bisa meningkatkan risiko penyakit mental dibanding mereka yang berjalan di kota.

Banyak penelitian sebelumnya yang menguji kaitan antara kesehatan mental dengan alam. Penelitian-penelitian tersebut menunjukkan bahwa orang-orang selalu merasa lebih baik secara emosional setelah terpapar lingkungan alam nan hijau. Namun, adanya penelitian ini menunjukkan pergeseran pola pemikiran negatif dapat berkontribusi terhadap risiko depresi seseorang.

Menurut Bratman, sangat mungkin tinggal di perkotaan meningkatkan faktor stres. Faktor ini bisa berkurang dengan paparan lingkungan hijau yang bertindak sebagai 'penyangga' dampak negatif lingkungan kota tadi. Studi yang dipublikasikan pada jurnal PNAS ini juga menunjukkan bukti bahwa lingkungan alam bisa memberikan manfaat kognitif dan mempengaruhi suasana hati. Itulah sebabnya mengapa berjalan kaki di lingkungan alam bisa mengurangi negativitas.

Jadi, sudah berjalan-jalan di lingkungan alam hari ini? Kesehatanmu lho!

 

BACA JUGA TIPS BUAT KESEHATAN KAMU LAINNYA:

5 Manfaat kesehatan dari minum air putih selepas bangun pagi

Pedoman minum kopi yang sebaiknya kamu tiru, demi kesehatan kamu

Punya tubuh kurus pasti selalu dianggap sehat, kamu yakin?

7 Manfaat dahsyat buah kurma untuk kesehatan kamu

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Pengen kulit kamu selalu sehat? Makan buah-buahan kaya vitamin C ya!

Rajin olahraga nggak cuma menyehatkan, tapi bisa bikin kamu jenius!







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more