Brilio.net - Bangun pagi itu ibarat udah putus sama pacar, tapi ternyata masih sayang. Susah move on. Yakin deh, Kamu pasti pernah kan, matiin alarm kamu setiap pagi lalu balik tidur lagi? Coba hitung, berapa kali alarm kamu bunyi, tapi kamu tetep nggak bergerak sedikit pun dari posisi tidurmu?

Seberapa sering juga setiap bangun pagi, lalu kamu bikin sumpah, "Besok gue mesti bangun pagi. Kalo nggak, gue bakalan jomblo seumur hidup!"

Memang sih, kita selalu punya niat untuk bangun pagi keesokan harinya. Tapi, niat emang cuman bakalan tetep jadi niat doang. Besok paginya, kita tetep aja ogah lepas dari belaian lembut kasur tercinta, apalagi kalau kita termasuk jomblo yang haus kasih sayang.

Banyak penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli tentang bagaimana kita tidur, berapa lama sebaiknya waktu tidur kita, dan juga bagaimana meyembuhkan kebiasaan mendengkur ketika tidur. Tapi memangnya itu bisa bekerja pada setiap orang? Kenyataannya sih, masalah bangun pagi itu bergantung pada pribadi masing-masing orang. Apakah itu cuman jadi niat doang atau bener-bener dilakukan.

Kevin Roose, seperti dikutip dari Business Insider, punya beberapa tips yang bisa kamu terapin biar bisa sukses bangun pagi:

Loading...

1. Jadikan sebagai kegiatan rutin

Ada pepatah, 'Bisa karena terbiasa'. Kalau pengen bisa bangun pagi, jadikan itu sebagai kegiatan rutinmu. Pola tidur yang baik juga penting nih. Beberapa studi terbaru mengklaim bahwa tujuh jam tidur adalah jumlah yang optimal. Jadi kalau nggak ada kegiatan, usahain tidur pada jam sepuluh malam. Jangan malah gegalauan sampai tengah malam ya?

2. Pakai alarm yang tepat

Kalau selama ini bunyi alarm yang kamu gunakan adalah bunyi alarm standar yang ada di HP-mu, mungkin kamu bisa coba bunyi-bunyi yang lain. Bunyi alarm mempunyai andil yang gede, lho, untuk bisa bangun pagi bahkan dalam kondisi yang menyenangkan.

Sekarang ini, sudah banyak banget aplikasi alarm buatan pihak ketiga yang beredar di toko aplikasi handphone kamu. Dari mulai yang gratisan sampe berbayar. Suara burung-burung yang lembut, contohnya, terbukti bisa membangunkanmu dalam keadaan yang menyenangkan.

3. Langsung bangun begitu kamu terjaga

Bangun bukan hanya tentang gimana kamu masang alarm, lalu kamu membuka mata. Tapi, apa yang kamu lakukan begitu kamu terjaga dari tidur. Segeralah bangun dan lakukan kegiatan-kegiatan kecil di pagi hari, seperti: menggosok gigi dan mencuci kaki dan tanganmu dengan air dingin. Olahraga kecil atau mengobrol dengan keluarga juga bisa kamu lakukan untuk membuatmu tetap terjaga.

4. Temukan apa yang bisa jadi 'booster' energimu

Minum kopi di pagi hari terbukti efektif membuat kamu tetap terjaga di pagi hari. Kafein yang terkandung dalam kopi terbukti membuat aliran pikiran lebih cepat dan jernih serta mengusir rasa kantuk dan lelah. Oh ya, kopi yang dingin bekerja lebih baik daripada kopi panas untuk mengusir kantuk.

5. Makan

Penelitian membuktikan, orang yang makan karbohidrat padat dan berserat tinggi setelah bangun merasa lebih waspada daripada mereka yang makan sarapan tinggi lemak. Kalau kamu nggak terbiasa sarapan pagi, kamu bisa coba untuk mengemil dark chocolate, karena flavanol yang terkandung dalam cokelat (lebih banyak dalam dark chocolate) berfungsi meningkatkan fungsi visual yang lebih baik.

6. Konsisten

Konsisten diperlukan agar kamu jadi terbiasa dengan rutinitas-rutinitas ini. Percayalah, tips-tips ini nggak akan berhasil kalau semua ini cuman jadi niat doang tanpa kamu lakukan. Semangat bangun pagi, guys!