Brilio.net - "Hati-hati makan itu, bisa-bisa kolesterolmu naik!"Pernyataan seperti itu mungkin sering kamu dengar ketika hendak menyantap sesuatu. Sebetulnya apa sih kolesterol itu?

Dilansir brilio.net dari MAYO CLINIC, Jumat (4/9), kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam lemak atau lipid di dalam darah kamu. Kolesterol dibutuhkan tubuh untuk terus membangun sel sehat. Tapi kalau kandungan terlalu tinggi, bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kalau seseorang memiliki kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukan lemak dalam pembuluh darah. Akibatnya, darah sulit mengalir melalui arteri. Lebih lanjut, jantung tak mendapatkan darah kaya oksigen sebanyak yang dibutuhkan. Sehingga meningkatkan risiko serangan jantung. Penurunan aliran darah ke otak juga bisa menyebabkan stroke.

Nah, setelah mengetahui apa itu kolesterol, kira-kira makanan apa saja sih, yang menyumbang tingginya kandungan kolesterol dalam darah?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dilansir brilio.net dari situs resmi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), berikut lima makanan dengan kandungan kolesterol tertinggi dan patut diwaspadai untuk dikonsumsi:

5. Jeroan kambing

5 Makanan ini sering tersaji, tapi hati-hati kolesterol tinggi!

Jeroan kambing seperti babat atau lambung, usus, hati, paru, atau limpa, yang rasanya gurih dan enak. Jeroan kambing ini bisa diolah menjadi makanan lezat, seperti gulai, soto, atau goreng biasa. Perlu kamu tahu kandungan kolesterol jeroan kambing adalah 610 mg/10 gr, dan termasuk kategori 'berbahaya'.

4. Cumi-cumi

5 Makanan ini sering tersaji, tapi hati-hati kolesterol tinggi!

Cumi-cumi yang sering kamu makan dalam bentuk goreng krispi atau tumis dengan berbagai macam bumbu, ternyata mengandung sebanyak 1170 mg/10 gr, dan termasuk kategori 'pantang'.

3. Kuning telur ayam

5 Makanan ini sering tersaji, tapi hati-hati kolesterol tinggi!

Kamu yang suka kuning telur ayam baik kala direbus atau digoreng ceplok patut waspada dengan kandungan kolesterol sebanyak 2000 mg/10 gr. Kuning telur termasuk kategori 'pantang'.

2. Otak sapi

5 Makanan ini sering tersaji, tapi hati-hati kolesterol tinggi!

Otak sapi juga menjadi menu yang mudah ditemui di Indonesia. Biasanya otak sapi diolah dengan cara digoreng, dibuat gulai, bahkan dipepes. Nah, tapi tetap waspada, guys, kandungan kolesterol bahan makanan ini sebesar 2300 mg/10 gr, dan termasuk kategori 'pantang'.

1. Telur burung puyuh

5 Makanan ini sering tersaji, tapi hati-hati kolesterol tinggi!

Makanan satu ini paling sering dijumpai di warung-warung, baik sebagai sate telur puyuh, campuran sambal goreng, maupun olahan yang lain. Tapi, kamu harus waspada, kandungan kolesterolnya mencapai 3640 mg/10 gr, lho! Tentu saja, telur puyuh masuk daftar makanan dengan kolesterol paling diwaspadai dan 'pantang'.

Kamu harus waspada makan lima makanan di atas. Terlebih bagi kamu atau orang sekelilingmu yang memiliki masalah hipertensi dan jantung, jangan menyentuh sedikit pun makanan dengan kategori bahaya dan pantang seperti di atas. Ingat kesehatanmu.

(brl/ani)