Brilio.net - Bagi sebagian orang minum minuman berkafein seperti kopi memang candu. Bahkan ritual minum kopi di pagi hari dilakukan untuk mendapatkan energi dan semangat baru. Bagaimana jika kebiasaan ini tiba-tiba menghilang dari keseharian kamu? Berikut adalah lima hal yang akan terjadi jika tiba-tiba kamu berhenti minum kafein sebagaimana dikutip brilio.net dari Women’s Health, Kamis (20/8).

1. Mood tidak stabil

Ahli dari Academy of Nutrition and Dietetics, Wesley Delbridge menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan kebiasaan minum kopi bisa mengalami mood swing. Bahkan, biasanya hal ini juga diikuti dengan sakit kepala. Meskipun begitu, setiap orang mengalami hal yang berbeda saat benar-benar berhenti minum kafein.

2. Naik atau turun berat badan

Sebenarnya gula dan krim dalam satu cangkir mengandung kalori yang tinggi. Jika kamu berhenti minum kopi, badan kamu bisa turun dalam beberapa kilogram. Akan tetapi, berhenti mengkonsumsi kafein bisa membuat kamu mudah lapar. Alhasil, pola makan kamu tidak terkontrol.

Loading...

3. Tidur lebih berkualitas

Satu keuntungan yang kamu miliki jika berhenti minum kopi adalah bisa merasakan sensasi tidur yang berkualitas. Hal disebabkan karena mengkonsumsi minuman berkafein sebelum tidur bisa menyebabkan insomnia dan energi banyak terkuras.

4. Performa olahraga menurun

Studi dari American College of Sports Medicine mengungkap bahwa kafein bisa meningkatkan performa dalam berolahraga. Jika kamu jarang minum kopi, bisa jadi latihan fisik menjadi turun. Selain, kamu juga harus berjuang keras untuk meningkatkan latihan dalam setiap sesi olahraga.

5. Pencernaan lebih sehat

Kandungan pada kafein sebenarnya mempercepat proses pencernaan. Hal ini bisa menyebabkan kamu ke kamar mandi lebih sering. Tentu saja hal seperti ini sangat tidak bagus untuk kesehatan perut kamu.