Brilio.net - Bicara soal kamar tidur, hal yang paling utama tentu adalah kenyamanan. Intinya sih harus berhasil membuat orang yang mau tidur bisa segera beristirahat tanpa terganggu sama persoalan apapun.

Nah, kenyamanan sendiri bisa diperoleh dari pemilihan seprei atau bed cover, penggunaan lampu sampai material yang digunakan dalam kamar tidur. Tapi itu semua ternyata belum cukup, karena ada hal yang sering terlupakan meski terbilang sepele. Salah satunya adalah memilih lokasi tempat tidur. Alasannya, kalau kamu salah posisi tempat tidur bisa membahayakan kesehatanmu lho.

So, perhatikan empat lokasi tempat tidur yang tidak disarankan berikut ini, seperti dilansir brilio.net dari Idea Online, Senin (3/8).

1. Tepat di depan pintu.

Posisi ini menyebabkan aliran udara langsung menuju ke arah tubuh sehingga bisa menimbulkan penyakit. Untuk mengurangi hal ini, sebaiknya tutup pintu kamu ketika kamu tidur ya.

Loading...

2. Merapat ke dinding.

Selain menyulitkan ketika mengganti seprei, warna dinding bisa belang karena bagian bawahnya tertutup tempat tidur. Selain itu, dinding yang berbatasan langsung dengan kamar mandi sangat lembab dan berbahaya untuk kesehatan.

3. Di sebelah jendela.

Bukan hanya angin yang masuk melalui jendela, tetapi juga debu. Sangat bahaya bagi kamu yang berpenyakit asma. Padahal sirkulasi udara memang penting. Adanya jendela memudahkan kamu dalam membiarkan udara yang kotor keluar kamar.

4. Di bawah AC.

Ini sangat berbahaya untuk kesehatan. Udara AC memang sejuk, tapi bila terpapar langsung semalaman jelas bisa bikin masuk angin. Apalagi kalau anginnya mengarah langsung ke kepala, wah bisa sakit kepala seharian tuh. Posisi terbaik tempat tidur memang di bagian tengah ruangan dengan headboard menempel ke dinding, dan dilengkapi dengan meja nakas di kedua sisinya.

Namun bila ukuran ruangan tak memadai, yang penting sisakan jarak sekitar 40-60 cm dari dinding di samping tempat tidur. Padahal sebenarnya tujuan AC bukanlah untuk mendinginkan ruangan, tetapi untuk menyejukkan ruangan.

5. Memilih kasur yang tidak cocok

Kenyamanan dalam tidur sering kali terganggu akibat pemilihan kasur yang tidak cocok. Beberapa hal dapat menjadi faktor tidak optimalnya kita tidur karena kasur, yaitu berat badan, usia dan kebiasaan.

Misalnya saja berat badan, ranjang yang terlalu empuk terkadang membuat orang dengan berat badan yang besar menjadi sering sakit punggung. Karena permukaan yang terlalu tipis. Oleh karena itu harus memilih yang lebih tebal.