Brilio.net - Tidur bukanlah aktivitas yang remeh-temeh. Selain untuk mengatur metabolisme tubuh, tidur juga memengaruhi kondisi psikologis seseorang.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang optimal, kamu harus melakukan ritual khusus. Sebelum tidur, sebaiknya kamu hindari untuk melakukan hal-hal berikut ini sebagaimana dikutip brilio.net dari Health, Kamis (23/7).

1. Merokok

Kamu bisa menepis bahwa merokok bisa membuatmu rileks. Meskipun demikian, aktivitas yang satu ini bisa menyebabkan kamu mengalami insomnia. Hal ini bisa terjadi karena zat nikotinnya. Bahkan merokok sebelum tidur bisa membuatmu bangun tidur lebih awal.

2. Cek email pekerjaan

Loading...

Jangan melakukan hal ini ketika kamu sudah di ranjang. Memeriksa inbox email tentang pekerjaan bisa membuatmu gelisah dan khawatir. Berdasarkan sebuah studi, kebiasaan seperti ini ternyata membuat seseorang tidak fokus dan gampang capai.

3. Pantengin layar smartphone

Sinar yang dihasilkan dari layar gadget ternyata menghambat produksi melatonin. Akibatnya kamu akan susah tidur. Para ahli menyarankan agar kamu menjauhkan ponsel pintarmu satu jam sebelum tidur.

4. Chatting dengan teman atau pacar

Rutinitas mengucapkan ‘good night’ ke pacar bisa menjalar ke percakapan lain. Berdasarkan survei tahun 2011, banyak orang (terutama orang dewasa) terbangun karena notifikasi dari aplikasi chatting. Tentu saja ini tidak bagus untuk kualitas tidur.

5. Naikkan suhu ruangan

Para ahli menyarankan agar kamu tidur dengan suhu ruangan yang dingin. Jangan sampai kamu menaikkan suhu AC (Air Conditioner) sebelum tidur. Selain itu, tidur pada suhu yang dingin mampu membakar energi lebih banyak.

BERITA TERKAIT SOAL TIDUR DAN KESEHATAN KAMU:

Tidur malam tak berkualitas bisa picu pertengkaran di kantor lho!

Begini akibatnya kalau kamu malas bersihkan make up sebelum tidur!

Ini lho yang bikin mulutmu bau setelah bangun tidur

5 Jenis sindrom tidur ini unik, apa kamu pernah mengalaminya?

Wanita harus lebih banyak tidur ketimbang pria, ini alasannya!

5 Alasan kenapa kurang tidur bisa merusak hubungan pacaran kamu!

Ini hubungan olahraga dan tidur yang tidak boleh kamu abaikan

Pria & wanita memiliki cara tidur yang berbeda, berikut penjelasannya

Mengenal jenis-jenis tidur dan risikonya

Hati-hati, susah tidur bisa picu kerusakan otakmu

6 Alasan kamu harus selalu merapikan tempat tidurmu sendiri