Brilio.net - Apa yang pertama kali terlintas dalam benakmu jika mendengar fast food? Salah satu yang mungkin akan terpikirkan olehmu adalah gerai makanan siap saji terkenal asal negeri Paman Sam yaitu McDonald's (McD).

Sebelum meraih puncak kesuksesan penjualan produk seperti hari ini, McD sendiri sering mengalami kegagalan yang besar yang sangat merugikan.

Seperti apa bentuk kegagalan McD? Berikut adalah 10 produk paling gagal dari McD yang tidak banyak disadari orang sebagaimana dilansir brilio.net dari Listverse, Rabu (6/4).

1. Mc Gratin Croquette.

foto : www.collegehumor.com

Mc Gratin Croquette dirancang khusus untuk pasar Jepang. Mengapa produk dengan campuran kentang makaroni dan udang ini bisa gagal di pasaran? Ini karena masyarakat telah memiliki persepsi kalau mereka hanya ke McD untuk menikmati daging sapi yang empuk bukan seafood.

2. Hulaburger.

foto : birthmoviesdeath.com

Kamu bisa membayangkan memakan burger dengan isi nanas dan bukan daging? Ya, itulah ciri khas hulaburger yang membuatkan mendapatkan banyak kritikan hingga ditarik dari peredaran.

3. McDLT.

foto : mcdonalds.wikia.com

McDLT adalah singkatan dari McDonald Lettuce and Tomato yang menggambarkan bahwa produk burger McD tidak lepas dari seledri dan tomat.

McDLT ini memperkenalkan kotak McD yang memisahkan dua sisi burger dan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menyatukan keduanya. Siapa sangka produk ini gagal karena pelanggan merasa itu terlalu merepotkan dan tidak cepat saji.

4. Arch Deluxe.

foto : www.strangekidsclub.com

Arch Deluxe yang dirancang eksklusif untuk orang dewasa dengan harga mahal membuat produk ini dibenci kalangan anak muda padahal pecinta McD hampir seluruhnya berasal dari anak muda usia sekolah.

5. McLobster.

foto : www.grubstreet.com

Mencoba berbagai inovasi baru tidaklah salah dan itulah yang mencoba dilakukan McD dengan saat pertama kali merilis menu McLobster.

Tapi kenyataannya membuat menu dengan lobster menghabiskan biaya produksi yang cukup tinggi yang membuat harga satu porsi McLobster mencapai Rp 100.000 dan itu membuat orang berpikir dua kali untuk membeli makanan cepat saji dengan harga semahal itu.

Apalagi ya produk gagal McD, KLIK NEXT untuk mengetahuinya.

2 dari 2 halaman



6. McHotdog.

foto : www.japanator.com

Sejak tahun 1997 selera masyarakat terhadap hotdog mulai berkurang karena hotdog dianggap tidak higenis. Namun McD mencoba optimis dengan tetap memasukkan hotdog dalam daftar menu mereka dan pada akhirnya harus menelan kenyataan pahit produk tersebut tidak laku.

7. McPizza.

foto : mentalfloss.com

Berjualan makanan sangat tergantung dengan rasa yang ditawarkan. Kemunculan McD pertama kali dengan kesan burger yang enak tidak dapat membuat mengubah pola pikir masyarakat menjadikan McD pembuat pizza yang enak. Pada akhirnya karena rasa yang menurut pengunjung tidak enak maka produk ini ditarik dari pasaran.

8. McPasta.

foto : www.youtube.com

Meski peminat pasta cukup banyak tapi ternyata orang datang ke gerai McD hanya untuk membeli burger dan pada tahun 1990 pasaran McPasta harus diberhentikan karena sepi peminat.

9. McAfrica.

foto : listverse.com

Seolah ingin ikut memeriahkan pagelaran Olympic Games pada tahun 2002 McD merilis McAfrica. Rasa burger ini sebenarnya tidaklah bermasalah namun pemasaran iklan yang menggambarkan orang memakan burger sambil menonton anak kelaparan di televisi yang membuat orang geram.

10. McLean Deluxe.

foto : diymcdonalds.blogspot.com

Alih-alih ingin mengubah pandangan masyarakat tentang makanan siap saji yang tidak sehat dengan menghadirkan burger rendah lemak, McD justru mendapatkan hujatan. Rasa burger yang hambar dan tidak jelas membuat produk ini gagal total. Ditambah lagi iklan dari produk ini mengatakan bahwa "low fat but tastes great."