Brilio.net - Kalau menyebut nama McDonald's, pikiran kita pasti bakal langsung tertuju kepada restoran siap saji yang buka selama 24 jam penuh itu, ya kan? Kamu bahkan bisa mendapati gerainya di setiap sudut jalan yang kamu datangi. Nggak cuma satu, tapi banyak banget gerai yang tersebar di setiap kota. Kalau lapar malam-malam, tinggal drive thru atau kalau lagi malas keluar, tinggal pesan delivery lewat telepon biar diantar ke rumah atau kos-kosan. Perut kenyang tapi nggak perlu capek-capek beli di luar.

Tapi kalau kita pergi makan ke setiap gerai McD yang jumlahnya sudah mencapai jutaan di seluruh dunia ini, kamu pasti bakal dihadapkan dengan hal-hal menarik. Bayangin aja, dari mulai pelayanannya yang ramah dan profesional, harganya pun terjangkau dan selalu ada menu baru supaya pengunjung nggak bosan dan berpindah ke restoran lain. Tapi selain rentetan fakta di atas, ternyata gerai cepat saji ini punya satu fakta menarik lainnya yang mungkin nggak pernah kamu tahu sebelumnya.

Ya, McDonald's ternyata punya sebuah kampus dengan nama yang cukup unik, Hamburger University namanya. Hamburger University merupakan kampus yang didirikan oleh McDonald's yang bertujuan untuk menelurkan tenaga profesional yang bisa diandalkan. Belajar apa di sana? Ya, pastinya kamu bakal belajar banyak tentang hamburger dan teknik masak memasak yang diterapkan McDonald's selama ini di semua gerainya. Wow, seru juga ya?

Berikut ini 9 fakta unik tentang Hamburger University, kampus milik raksasa franchise makanan terbesar di dunia, seperti yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (9/10):

1. Jurusan Hamburger, lulusnya ya jadi Sarjana Hamburger

Loading...

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Iya, kamu nggak salah baca kok. Setiap mahasiswa yang belajar di kampus ini, setelah selesai nanti dan diwisuda, maka dirinya akan menyandang gelar B.H di belakang namanya, yang merupakan singkatan dari Bachelor of Hamburgerology. Sarjana Hamburger? Kocak juga ya?

2. Tes masuk lebih susah daripada Harvard

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Walaupun nama Hamburger cukup unik dan terkesan mengada-ada dan nggak bonafit ketika dijadikan nama sebuah kampus, bukan berarti kamu bisa menyepelekan kampus yang terletak di Oak Brook, Illinois, Chicago, Amerika Serikat ini. Menurut kabar yang beredar, untuk bisa diterima sebagai mahasiswa Hamburger University, kamu harus mengikuti sebuah tes masuk yang susah banget. Kampus sekelas Harvard yang merupakan unggulan dunia aja nggak seberapa lho, dibandingkan dengan kampus ini soal tes masuknya. Nah lho! Bahkan yang lebih kerennya lagi, dari 100 orang pendaftar kemungkinan diterima hanya satu persen doang, alias cuma satu orang saja. Wow!

3. Cabang-cabangnya ada di berbagai negara

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Hamburger University memiliki kampus pusat yang terletak di Oak Brook, Illinois, Chicago, Amerika Serikat, serta cabang-cabangnya yang tersebar di berbagai negara, dari mulai London, Tokyo, Munich, Sao Paolo, Sydney dan masih banyak lagi. Wah, kapan ada di Indonesia ya?

4. Angkatan pertama cuma 15 orang

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Nama yang unik dan nggak familiar untuk dijadikan nama sebuah kampus seperti Harvard, Columbia atau Oxford memang bikin kampus ini bisa jadi dianggap sebagai kampus baru. Padahal Hamburger University sudah dibangun sejak tahun 1961 lalu, dengan jumlah lulusan untuk angkatan pertama 'hanya' sebanyak 15 orang.

5. Jim Skinner, sang CEO adalah lulusan Hamburger University

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Namanya mungkin asing bagi telinga sebagian besar orang Indonesia, tapi pebisnis asal Amerika Serikat yang juga merupakan mantan CEO McDonald's sebelum akhirnya digantikan oleh Don Thompson pada tahun 2012 ini, ternyata merupakan salah satu lulusan Hamburger University lho. Wow!

6. Punya fasilitas unik

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Bukan, fasilitas unik yang dimaksud bukan kayak kamu boleh makan hamburger sepuasnya ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung, tapi fasilitas unik yang dimaksud adalah tentang fasilitas pendidikannya. Asal kamu tahu, kampus yang berdiri tegak di atas lahan seluas 1,2 hektar ini punya 13 ruang belajar mengajar, 300 kursi model auditorium, 12 ruangan interaktif, serta 3 laboratorium yang terdiri dari lab serbaguna dan tentu saja dapur untuk memasak. Duh, jadi laper nggak sih?

7. Mata kuliah nggak melulu soal makanan kok!

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Kalau kamu berpikir kuliah di Hamburger University artinya kamu bakal belajar tentang masak memasak, dan berkutat di dapur setiap hari, kamu salah besar! Di Kampus ini, kamu nggak cuma belajar tentang makanan. Ya memang sih namanya Hamburger, tapi ada mata kuliah lain kok yang bisa kamu pelajari. Seperti misalnya marketing, kimia, teknik, dan masih banyak yang lainnya.

8. Berpeluang untuk bekerja di franchise McDonald's setingkat di atas kasir atau pelayan

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Ketika kamu berhasil diterima sebagai mahasiswa di kampus ini, kamu boleh senang duluan, sebab nanti ketika kamu sudah berhasil menyelesaikan pendidikanmu, kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk diterima bekerja sebagai pegawai di franchise McDonald's. Bukan sebagai kasir atau pelayan, tapi setingkat di atasnya. Bahkan siapa tahu, kamu yang jadi CEO McDonald's selanjutnya, ya kan?

9. Sudah menghasilkan 80 ribu lulusan siap kerja

9 Fakta Hamburger University, tes masuknya lebih susah dari Harvard!

Sampai saat ini, Hamburger University telah berhasil meluluskan sebanyak 80 ribu lulusan yang siap kerja di McDonald's maupun di luar raksasa franchise makanan cepat saji ini. Kok cuma sedikit? Ya balik lagi aja ke poin nomor dua, dimana masuk ke Harvard lebih 'gampang' ketimbang masuk ke Hamburger University dengan skala pendaftar 100 orang yang diterima hanya 1 orang saja. Ckckckck, brilio!