5. Cross (2018).

drama Korea penjara berbagai sumber

foto: imdb.com

Cross merupakan rekomendasi drama Korea bertema kehidupan penjara yang mengisahkan Kang In-kyu saat masuk ke fakultas kedokteran karena motif balas dendam dan menjadi dokter di sebuah penjara. Hal itu dikarenakan pengalaman buruk yang pernah menimpa keluarganya. Ayahnya dibunuh secara brutal 13 tahun lalu. Melalui dunia medis, ia belajar menyelamatkan nyawa orang lain sekaligus belajar bagaimana cara membunuh.

Namun, kecelakaan yang menimpa keluarga tersebut membuatnya memiliki cedera otak kanan yang membuat otak kirinya lebih besar. Hal ini menyebabkan ia menderita sindroma savant (merupakan salah satu kemampuan otak yang dapat berpikir lebih ketimbang manusia normal). Hal ini pula yang membuat In-kyu mampu mencapai nilai tertinggi saat kelulusan.

6. Switch: Change the World (2018).

drama Korea penjara berbagai sumber

foto: imdb.com

Switch: Change the World merupakan rekomendasi drama Korea bertema kehidupan penjara yang dialami Sa Do-chan saat terjebak sebuah kasus. Do-chan dikenal sebagai seorang jaksa yang sering membual dan dikenal sebagai Baek Joon-soo, seorang penipu yang selama ini sering meresahkan.

Sementara itu, ia ditemani oleh Oh Ha-ra sejak masa kuliah dan kini sama-sama menjadi jaksa. Ha-ra dan Do-chan kemudian menjadi pasangan jaksa hingga kemudian mereka terlibat dalam sebuah pengungkapan kasus besar terkait mafia narkoba.

7. Prison Playbook (2017).

drama Korea penjara berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook merupakan rekomendasi drama Korea bertema kehidupan penjara yang mengisahkan Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea. Ia dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya.

Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan. Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut yang menghadirkan rasa pilu dan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

8. Innocent Defendant (2017).

drama Korea penjara berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Defendant merupakan rekomendasi drama Korea bertema kehidupan penjara yang mengisahkan Park Jung-woo (Ji Sung), seorang jaksa yang tidak pernah kalah dalam kasus sebagai kepala divisi kejahatan kekerasan dan jaksa untuk Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul.

Namun, hidupnya kemudian berubah saat ia ada di sebuah penjara sebagai terpidana mati. Selain itu, ia mengalami amnesia dan lupa dengan semua hal yang menimpa dirinya. Walaupun begitu, Park Jung-woo berusaha untuk mengungkap kebenaran diri dan membersihkan namanya sekaligus melakukan aksi penyelamatan.

9. Oh, the Mysterious (2017).

drama Korea penjara berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh, the Mysterious merupakan rekomendasi drama Korea bertema kehidupan penjara yang terpaksa dijalani oleh Kim Jong-sam sebagai narapidana mati. Ia dijebak oleh seseorang tanpa pernah melakukan apa pun yang dituduhkan. Setelah 10 tahun berlalu, Jong-sam merencanakan pelarian dan mengganti namanya dengan Oh Il-seung.

Oh Il-seung kemudian dikenal sebagai seorang detektif yang menjadi bagian dari Unit Investigasi Metropolitan. Ia tampil dengan cerdas, cepat, dan juga tegas saat menjalankan tugas. Selain itu, identitas baru tersebut menjadi alat untuk menemukan siapa yang pernah menjebloskannya ke penjara.