film dan drama Korea autisme berbagai sumber foto: imdb.com

Extraordinary Attorney Woo atau Strange Lawyer Woo Young-woo merupakan drama Korea tentang penyandang autisme. Woo Young-woo (Park Eun-bin), pengacara di sebuah firma hukum besar di Korea tidak khawatir dengan keterbatasannya sebagai penyandang autisme (ASD).

Woo Young-woo memiliki IQ tinggi 164, memori yang luar biasa, dan cara berpikir kreatif, tetapi memiliki EQ rendah dan keterampilan sosial yang buruk. Meskipun begitu, dia adalah pengacara terpintar di Korea Selatan dengan status sebagai seorang ASD.

2. Move to Heaven (2021).

film dan drama Korea autisme berbagai sumber foto: imdb.com

Move to Heaven merupakan drama Korea tentang penyandang autisme yang mengisahkan Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong U sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal dunia. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, di episode 1 ayah Geu-ru kemudian meninggal karena sakit yang dideritanya dan harus tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang yang kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

3. It's Okay to Not Be Okay (2020).

film dan drama Korea autisme berbagai sumber foto: imdb.com

Its Okay To Not Be Okay merupakan drama Korea tentang penyandang autisme dan punya trauma masa kecil. Drama ini mengisahkan Ko Mun-yeong (Seo Ye Ji) dan Moon Gang-tae (Kim Soo Hyun) yang memiliki trauma dan berusaha untuk menyembuhkan satu sama lain.

Gang-tae membantu Mun-yeong untuk mengendalikan emosinya, sementara Mun-yeong membantu Gang-tae untuk berani mengekspresikan dirinya. Mereka menyadari bahwa permasalahan bukanlah sesuatu untuk dihindari, melainkan harus dihadapi bersama-sama agar mereka bisa bertahan hidup.

4. Innocent Witness (2019).

film dan drama Korea autisme berbagai sumber

foto: imdb.com

Innocent Witness merupakan drama Korea tentang penyandang autisme yang menjadi saksi satu-satunya dalam sebuah kasus pembunuhan berantai. Kasus tersebut terjadi saat Soon-ho, seorang pengacara yang sedang menangani kasus pembunuhan yang menimpa seorang pembantu rumah tangga, Mi-ran. Mi-ran dituduh telah melakukan pembunuhan terhadap majikannya. Padahal, Mi-ran mengaku bahwa dirinya menemukan majikannya tersebut di kamarnya sendiri.

Satu-satunya saksi dalam kasus ini adalah seorang siswa SMA berkebutuhan khusus (autis) bernama Ji-woo. Soon-ho berusaha untuk menyakinkan Ji-woo untuk bisa hadir dalam persidangan sebagai saksi.