Brilio.net - Kisah seseorang yang berpengaruh, biasanya diabadikan dalam bentuk biografi. Biografi tersebut tak hanya menceritakan kisah hidupnya dari lahir sampai meninggal dunia, melainkan juga sumbangsih dalam sejarah.

Hal semacam itulah yang dihadirkan dalam film Korea yang diangkat dari biografi. Film-film tersebut menampilkan perjuangan para tokohnya saat menghadapi persoalan pelik.

Film-film tersebut hadir dengan nuansa politik dan berbagai perjuangan hidup yang menjadi bagian dari sejarah Korea Selatan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (6/7), berikut 9 film Korea yang diangkat dari biografi, penuh perjuangan hidup.

1. The Man Standing Next (2020).

film Korea biografi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Man Standing Next merupakan film Korea yang diangkat dari biografi Presiden Park dan Park Yong-gak saat Korea Selatan mengalami transisi perjuangan demokrasi. Film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama ini menggambarkan saat Korea Selatan berada di bawah kendali Amerika Serikat secara politik pada menjelang akhir 1970-an.

Saat itu, Korea Selatan berada di bawah kendali mutlak President Park yang mengendalikan KCIA, badan intelijen yang punya koordinasi langsung Amerika. Film ini menampilkan manuver politik tingkat tinggi para elite Korea Selatan yang menjadi penanda meletusnya gerakan demokrasi dan beberapa kerusuhan di Korea Selatan.

2. The Drug King (2018).

film Korea biografi berbagai sumber

foto: imdb.com

The Drug King merupakan film Korea yang diangkat dari biografi Lee Doo-sam, seorang penyelundup narkoba terkenal di Busan pada era 1970-an. Doo-sam awalnya adalah anggota faksi Chilsung di Busan dari Provinsi Hwanghae.

Namun, pada awal 1970-an, ia menyelundupkan berlian dan produk lainnya, termasuk narkoba pada tahun selanjutnya. Semua barang tersebut didistribusikan di wilayah domestik dan diekspor ke Jepang. Hal ini pun lantas membuat Doo-sam kaya dari bisnis tersebut.

3. Anarchist from Colony (2017).

film Korea biografi berbagai sumber

foto: imdb.com

Anarchist From Colony merupakan film Korea yang diangkat dari biografi Park Yeol (Lee Je-hoon), seorang anarkis dan revolusioner saat mengorganisir kelompok anarkis Heukdohoe. Mereka berencana untuk membunuh Putra Mahkota Jepang Hirohito selama pemerintahan kolonial Jepang di Semenanjung Korea. Film ini juga menyoroti hubungan antara Park dan kekasihnya Fumiko Kaneko (Choi Hee-seo), seorang nihilis Jepang yang bersimpati dengan orang Korea yang tertindas di bawah kekuasaan Jepang.

Park Yeol adalah pemimpin kelompok anarkis Bulryeongsa, yang memiliki 14 anggota Korea dan lima anggota Jepang. Dia tampak seperti pemuda yang santai, berani, dan tidak patuh yang tidak pernah menyusahkan orang lain. Pasangannya Fumiko adalah wanita yang kuat dan cerdas yang tampak positif dengan selera humor, meskipun dia dipenjara dengan kekasihnya

(brl/far)