Brilio.net - Film Korea sudah sering melanglang buana ke berbagai ajang festival internasional. Kali ini, untuk sekian kalinya, film Broker berhasil menang untuk nominasi Ecumenical Jury Award di ajang Cannes Film Festival.

Beberapa tahun sebelumnya, Parasite (2019), berhasil menjadi pemenang Oscar dan Palme d'Or di Cannes Film Festival. Hal ini membuktikan bahwa kualitas film Korea bisa dinikmati oleh para penonton dari berbagai belahan dunia.

Selain itu, film-film tersebut diperankan dengan begitu baik oleh para pemain film Korea pilih tanding. Tidak hanya itu, plot cerita yang dihadirkan hadir dengan storytelling yang baik sehingga menciptakan dialog yang mudah dimengerti.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (25/6), berikut 9 film Korea raih reward luar negeri, Broker di Cannes Film Festival.

1. Broker (2022).

film Korea reward luar negeri berbagai sumber

foto: imdb.com

Broker merupakan film Korea yang meraih reward atau penghargaan luar negeri kali ini. Broker berhasil menjadi pemenang untuk nominasi Ecumenical Jury Award dan Best Actor di Cannes Film Festival.

Broker berkisah tentang Sang-hyeon (Song Kang-ho), pemilik binatu dan sukarelawan di gereja terdekat, tempat temannya Dong-soo (Gang Dong-won) bekerja. Keduanya menjalankan bisnis ilegal bersama: Sang-hyeon sesekali mencuri bayi dari kotak bayi gereja dengan bantuan Dong-soo yang menghapus rekaman CCTV gereja yang menunjukkan bayi di tempat tersebut.

Mereka kemudian menjual bayi tersebut di pasar gelap adopsi. Namun, ketika seorang ibu muda, So-young (Lee Ji-eun), kembali setelah meninggalkan bayinya, ia bertemu mereka dan memutuskan untuk pergi bersama dalam perjalanan untuk mewawancarai calon orang tua bayi. Sementara itu, dua detektif, Soo-jin (Bae Doona) dan Detektif Lee (Lee Joo-young), sedang mengikuti jejak mereka untuk menyelediki kasus perdagangan bayi yang selama ini berlangsung ilegal.

(brl/lea)