Brilio.net - Film Parasite menyita perhatian banyak masyarakat dunia setelah berhasil memenangkan kategori Best International Feature Film dan kategori Skenario Asli Terbaik pada Oscar 2020 yang digelar Minggu (9/2/2020). Kebahagiaan ini juga makin lengkap setelah mendapatkan penghargaan dengan kategori Best Picture.

Film karya sutradara Bong Joon Ho bercerita tentang sebuah keluarga miskin dan pengangguran. Mereka membuat strategi agar bisa mendapatkan pekerjaan di rumah seorang keluarga kaya.

Kesuksesan Parasite tidak terlepas dari usaha maksimal dari para pemain dan kru yang terlibat di dalamnya. Film yang dirilis pada tahun 2019 ini menyajikan dua unsur genre tragedi dan komedi. Dikemas dengan menampilkan kejadian-kejadian tragis, film ini dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam.

Tak lama usai memboyong Piala Oscar 2020, kabar mengejutkan menimpa Parasite. Film garapan Korea Selatan ini dituding plagiat dari film India berjudul Minsara Kanna.

Dilansir brilio.net dari Soompi.com, Kamis (20/2), produser film Minsara Kanna tengah berdiskusi dengan pengacara untuk mengajukan tuntutan kepada pihak film Parasite. Sejauh ini mereka tidak menyatakan bagian mana dari film Parasite yang diduga menjiplak.

Loading...

"Saya melihat film Korea Selatan Parasite dan saya merasa bahwa mereka telah mencuri inti dari film Minsara Kanna," ungkap Thenappan.

India Today menuliskan pernyataan tentang alur cerita yang mirip, namun motif karakter di kedua film ini sangat berbeda. Pihak produser film Minsara Kanna menyebut bahwa ini adalah sebuah keadilan jika pihaknya mengajukan kasus dugaan plagiarisme film Parasite. "Mereka telah mengambil plot dari film saya", ungkapnya lebih lanjut.

Minsara Kanna merupakan film tahun 1999 karya sutradara KS Ravikumar yang diproduksi KR Gangadharan dengan genre drama komedi. Film ini menceritakan tentang seorang pria muda yang jatuh cinta dengan wanita dari keluarga kaya.

Pria muda ini menyembunyikan identitasnya dengan bekerja sebagai pengawal di keluarga kaya tersebut. Bukan hanya dia, keluarganya pun bekerja sebagai pembantu rumah tangga dan koki.

Sutradara Minsara Kanna KS Ravikumar juga mengakui ada kesamaan pada kedua film tersebut. Namun, ia juga mengaku senang kesuksesan Parasite di Oscar 2020.

"Saya senang bahwa cerita itu telah mendapatkan piala Oscar, film Minsara Kanna telah menjadi inspirasi bagi film mereka. Kasus ini diajukan atau tidak itu tergantung pada produsen", ungkap sutradara KS Ravikumar.

Hal ini kemudian ditanggapi oleh perusahaan produksi film Parasite CJ Entertainment. Pada sebuah wawancara, pihaknya belum menerima informasi tentang masalah plagiarisme ini dan tidak berwenang untuk menangani kasus ini.

"Kami tidak memiliki pengetahuan tentang kasus plagiarisme dari film India ini. Kami belum menerima informasi mengenai masalah ini," ungkap seorang dari CJ Entertainment.