6. Mother (2009).

film Korea reward luar negeri berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother merupakan film Korea yang meraih reward luar negeri dalam beberapa ajang penghargaan. Mulai Dubai International Film Festival, Boston Society of Film Critics Awards, Toronto Film Critics Association Awards, Los Angeles Film Critics Association Awards, Munich International Film festival, dan masih banyak lagi.

Film ini berkisah tentang seorang ibu tunggal yang sudah lama menjanda dan sangat protektif terhadap Yoon Do-joon, putranya yang berkebutuhan khusus secara mental. Do-joon dikenal sebagai seorang yang sering bersikap eksentrik.

Pada suatu malam, Do-joon meninggalkan sebuah bar dan berjalan pulang. Saat di perjalanan, ia mengikuti seorang gadis sekolah menyusuri gang, sebelum sebuah batu besar dilemparkan ke arahnya. Keesokan harinya, ia tertidur di samping ibunya seperti biasa.

Tak lama kemudian, pihak kepolisian menemukan gadis yang sama terbunuh dan sebuah bola golf tertulis nama Do-joon di dekat TKP. Hal ini membuat Do-joon menjadi terdakwa kasus pembunuhan. Mengetahui hal tersebut, ibunya mencoba segala cara untuk membuktikan bahwa anaknya tidak bersalah.

7. The Host (2006).

film Korea reward luar negeri berbagai sumber

foto: imdb.com

The Host merupakan film Korea yang meraih reward luar negeri dalam Asia Pacific Film Festival dan Asian Film Awards sebagai pemenang. Film ini mengisahkan monster yang menculik putri seorang pria, dan upayanya untuk menyelamatkannya. Menurut sutradara, inspirasinya berasal dari artikel lokal tentang ikan cacat dengan tulang belakang berbentuk S yang ditangkap di Sungai Han.

Sosok monster misterius muncul dari Sungai Han di Seoul, membunuh ratusan orang dan menyeret Hyun-seo. Begitu keluarganya sadar bahwa dia tengah ditahan, mereka pun berjuang untuk menyelamatkannya. Film yang ditayangkan pada 27 Juli 2006 ini berhasil meraih pendapatan kotor tertinggi pada akhir penayangannya hingga berhasil menjual 13 juta tiket.

8. Oldboy (2003).

film Korea reward luar negeri berbagai sumber

foto: imdb.com

Oldboy merupakan film Korea yang meraih reward luar negeri dalam ajang Grand Prix Cannes Film Festival 2004 sebagai pemenang. Film ini merupakan film kedua dari Trilogi Vengeance Chan-wook Park yang menjadi film terbaik dari dua film lainnya. Film ini mengisahkan Oh Dae-su, seorang pria yang diculik dan kemudian dipenjara selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas di sebuah sel mirip kamar hotel.

Saat Dae-su bebas, ia pun mencari siapa yang telah melakukan hal tersebut kepadanya. Film ini tampil dengan urutan aksi yang sangat baik, menampilkan ketegangan demi ketegangan saat pertarungan berlangsung.

9. Chwi-hwa-seon (Painted Fire) (2002).

film Korea reward luar negeri berbagai sumber

foto: imdb.com

Chwi-hwa-seon atau Painted Fire merupakan film Korea yang meraih reward luar negeri dalam ajang 55th Cannes Film Festival sebagai Best Director dan Belgian Syndicate of Cinema Critics sebagai Grand Prix. Film ini mengisahkan saat Kim Byung-moon (Ahn Sung-kee) menyelamatkan seorang anak laki-laki Jang Seung-up (Choi Min-Sik ) dari keroyokan sekelompok drifter.

Sebagai ucapan terima kasih, Seung-up pun menggambar wajah Byung-moon. Byung-moon memeriksa gambar anak laki-laki itu dan menyadari bahwa anak tersebut memiliki potensi besar sebagai seorang pelukis.

Bertahun-tahun kemudian, Kim Byung-moon mendorong Jang Seung-up untuk mengejar seni dan memberinya nama pena Oh-Won. Jang Seung-up kemudian bertemu dengan Mae-hyang (Yoo Ho-Jeong), salah satu putri bangsawan yang membuatnya jatuh cinta. Di tengah gejolak asmara tersebut, Seung-up terus berusaha untuk mengasah kemampuan seninya.