Brilio.net - Sepanjang 2021, ada banyak film Korea yang berhasil menampilkan cerita-cerita menarik. Mulai dari film yang ditayangkan secara eksklusif di bioskop maupun film yang tayang di berbagai platform digital.

Beberapa film tersebut berhasil meraih banyak penghargaan dan laris ditonton banyak orang, terutama film yang tayang di bioskop. Selain itu, film Korea tersebut menjadi film Korea terbaik versi IMDb.

Selain menampilkan berbagai cerita yang menarik, film-film Korea tersebut diperankan oleh para pemain yang cukup dikenal dalam industri hiburan Korea.

Dirangkum brilio.net dari IMDb dan berbagai sumber Kamis (17/3), berikut 13 film Korea terbaik versi IMDb sepanjang 2021, banyak adegan aksi.

1. The Book of Fish (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

The Book of Fish merupakan film Korea terbaik versi IMDb sepanjang 2021. Film ini merupakan film sejarah hitam putih yang mengisahkan seorang sarjana era Joseon yang diasingkan dan seorang nelayan. Mereka kemudian bertukar pikiran satu sama lain dan menuliskannya dalam sebuah buku. Film berhasil menuai atensi penggemar dan berhasil memenangkan Hadiah Utama di Baeksang Arts Awards ke-57 pada Mei 2021. Secara keseluruhan film ini berhasil mendapatkan 20 penghargaan di berbagai momen. The Book of Fish berhasil meraih skor 7,5 di IMDb.

2. Seo Bok (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah sempat hiatus selama dua tahun dari dunia film layar lebar Korea, Gong Yoo kembali hadir pada 2021 dengan mengawalinya bermain dalam film Seo Bok. Dalam film ini, Gong Yoo berperan sebagai Min Gi-heon, seorang mantan agen badan intelijen dan Seo Bok (Park Bo-gum), seorang klon manusia pertama yang dibuat melalui kloning sel induk dan rekayasa genetika. Seo Bok merupakan makhluk yang memiliki rahasia untuk hidup kekal. Namun, karena hal itu pula, Seo Bok ada dalam keadaan berbahaya dan banyak orang ingin menguasai kekuatannya. Film ini berhasil menjadi film ke-13 terlaris selama 2021 di Korea Selatan dan meraih 385.409 penonton. Seo Bok berhasil meraih skor 6,1 di IMDb.

3. Minari (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Minari berkisah tentang imigran Korea yang tinggal di sebuah pedesaan di Amerika Serikat. Sebelumnya, mereka tinggal di California, tetapi tidak sanggup tinggal di daerah tersebut. Akhirnya mereka pun pindah ke Arkansas dan mulai bertani pada 1980-an. Film bergenre drama keluarga ini dimulai dengan kisah Jacob (Steve Yeun) dan Monica Yi (Han Ye-ri).

Selain kedua anak mereka, sang nenek (Yoon Yeo-jeong) yang berwatak kasar tapi penyayang juga hadir. Kehadiran sang nenek mengubah banyak hal dalam keluarga Jacob dan Monica Yi. Sementara itu, mereka juga berhadapan dengan perbedaan budaya dan stereotip masyarakat sekitar terhadap keluarga imigran. Film ini menggambarkan bagaimana sebuah keluarga beradaptasi dengan lingkungan baru sekaligus bisa bertahan di tengah kondisi yang kurang menguntungkan. Minari berhasil meraih skor 7,5 di IMDb.

4. Space Sweepers (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Space Sweepers menjadi salah satu film Netflix yang menempati puncak teratas di beberapa negara. Film yang disutradarai Jo Sung-hee ini berlatar tahun 2092 yang mengisahkan saat bumi tak dikenal lagi oleh manusia.

Hal ini kemudian membuat sebuah perusahaan teknologi bernama UTS yang didirikan oleh James Sullivan (Richard Armitage) menciptakan rumah orbit baru yang dinamakan Distrik Pemukiman UTS, untuk ditempati manusia di luar angkasa. Film ini dianggap sebagai blockbuster luar angkasa Korea pertama yang berhasil dirilis. Space Sweepers berhasil meraih skor 6,5 di IMDb.

5. Hard Hit (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Hard Hit menceritakan sebuah kejadian satu waktu selama Seong-gyu (Jo Woo-jin), seorang kepala bank di Busan dan putrinya Hye-in (Lee Jae-in). Saat itu, Seong-gyu akan mengantarkan putrinya ke sekolah lalu kemudian bekerja. Namun, saat berada di dalam mobil, Seong-gyu dikabarkan oleh nomor tidak dikenal bahwa mobil yang dibawanya saat itu sudah ditanami bom yang siap meledak tepat di bawah kursi kemudi yang sedang ia duduki. Menurut panggilan hitam tersebut, ia tidak boleh berhenti dan keluar dari mobil. Sebab, jika hal itu dilakukan, mobil yang ia tumpangi bersama putrinya itu akan meledak seketika.

Seong-gyu berusaha tidak panik dan mau tidak mau Seong-gyu menuruti permintaan sang penelepon. Seong-gyu terus menjalankan mobilnya dan menolak untuk berhenti. Ia pun berputar dan menghindari pengejaran polisi yang berpatroli di jalan-jalan umum. Aksi kejar-kejaran polisi dan mobil yang dikemudikan Seong-gyu membuatnya semakin mengkhawatirkan keselamatan putrinya. Lalu mobilnya semakin kencang, sebab otoritas keamanan Korea sampai turun tangan untuk menyelesaikan masalah ini. Hard Hit berhasil meraih skor 6,2 di IMDb.

6. Escape from Mogadishu (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Escape from Mogadishu merupakan adaptasi dari peristiwa nyata saat dua wakil kedutaan dari Korea Selatan dan Korea Utara terjebak di Perang Saudara di Somalia pada akhir 1980-an dan awal 1990-an. Film ini mengisahkan upaya dan kerja sama dari dua kedutaan untuk bisa melarikan diri dari konflik tersebut.

Kerja sama tersebut menjadi hal yang menakjubkan di tengah kondisi negara yang punya hubungan diplomatik kurang akur. Film ini berhasil memenangkan 21 penghargaan di berbagai momen. Escape from Mogadishu berhasil meraih skor 7,1 di IMDb.

7. Three Sisters (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Three Sisters merupakan film yang mengisahkan tentang tiga saudara perempuan yang tampaknya menjalani kehidupan yang biasa. Namun ternyata, mereka punya cara menikmati hidup yang masing-masing berbeda. Walaupun begitu, mereka punya kenangan yang bisa mengguncang semua hal yang sudah mereka bangun. Film ini berhasil menjadi salah satu film terbaik Korea dan berhasil memenangkan 12 penghargaan di berbagai acara. Three Sisters berhasil meraih skor 6,9 di IMDb.

8. Night in Paradise (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Night in Paradise berkisah saat Park Tae-goo yang dikenal sebagai mafia mendapat tawaran untuk membelot kepada Bukseong, geng saingannya yang dipimpin oleh Ketua Doh. Namun, tawaran tersebut ditolak mentah-mentah oleh Tae-goo. Hal ini kemudian membuat geng Bukseong membunuh saudara perempuan dan keponakannya.

Marah atas perlakuan tersebut, Tae-goo secara brutal membunuh Ketua Doh dan anak buahnya. Ia kemudian melarikan diri ke Pulau Jeju dan bertemu Kim Jae-yeon yang sedang terluka parah. Sembari menyelamat Jae-yeon, Tae-goo terus berlari menghindari kejaran geng Bukseong. Night in Paradise berhasil meraih skor 6,9 di IMDb.

9. Mission: Possible (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Mission: Possible merupakan film aksi komedi yang mengisahkan agen rahasia MSS Cina pemula Yoo Da-hee (Lee Sun-bin ) saat ia melakukan misi pertamanya: mengumpulkan intelijen yang bisa melakukan penyelundupan senjata api ilegal ke Korea. Detektif swasta dan mantan agen rahasia Woo Soo-han (Kim Young-kwang) terlibat dalam kasus ini.

Namun, karena kurang pengalaman dan kecanggungannya, dia bertengkar karena masalah kecil dengan Da-hee. Hal-hal yang sudah mereka lakukan menjadi rumit ketika saksi mereka dibunuh dan mereka berdua menjadi tersangka utama. Film ini menjadi salah satu film ke-11 yang terlaris di Korea Selatan. Mission: Possible berhasil meraih skor 6,4 di IMDb.

10. Hostage: Missing Celebrity (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Hostage: Missing Celebrity mengisahkan Hwang Jung-min, seorang bintang film papan atas Korea diculik oleh orang tak dikenal. Jung-min awalnya mengira bahwa hal tersebut hanya lelucon. Namun, ia kemudian menyadari bahwa apa yang terjadi pada dirinya bukan lelucon karena penculik menuntut uang tebusan dalam waktu 24 jam.

Jika hal tersebut tidak dipenuhi, nyawa Jung-min dalam kondisi bahaya. Hostage: Missing Celebrity berhasil menghadirkan cerita menarik dan juga adegan aksi yang layak ditonton. Film ini berhasil menjadi film terlaris ketiga pada 2021. Selain itu, Hostage: Missing Celebrity berhasil meraih skor 6,2 di IMDb.

11. Sweet and Sour (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet and Sour berkisah tentang cinta segitiga yang menimpa Jang-hyuk. Saat cerita dimulai, Jang-hyuk menjalin hubungan romantis dengan Jung Da-eun yang bekerja sebagai perawat. Awalnya, hubungan mereka romantis sekali dan seolah dunia hanya miliknya sendiri, sementara orang lain hanya ngontrak.

Namun, kisah manis tersebut kemudian perlahan berubah ketika Jang-hyuk mulai bersaing untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi di perusahaannya. Ia bersaing dengan Han Bo-yeong yang juga menginginkan posisi yang sama. Alih-alih bersaing, mereka pun bekerja sama untuk mendapatkan hasil terbaik dan membuat mereka tidak hanya sebatas teman. Sweet and Sour berhasil meraih skor 6,7 di IMDb.

12. The Box (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

The Box merupakan film drama musikal yang mengisahkan Ji Hoon (Park Chan-yeol), seorang musisi berbakat yang punya kebiasaan aneh mengenakan kotak kardus di atas kepalanya. Hal itu agar membuatnya bisa percaya diri saat menyanyikan sebuah lagu. Selain itu, dalam film ini juga diceritakan Min-su (Jo Dal-hwan), seorang produser yang selalu sombong dengan kesuksesannya di atas segalanya. Mereka kemudian bertemu dalam suatu waktu dan membuat mereka mengerjakan proyek bersama. Namun, mereka punya karakter yang sangat bertolak belakang dan membuat mereka sering saling intrik sepanjang film ini berlangsung. The Box berhasil meraih skor 8,1 di IMDb.

13. Recalled (2021).

Film Korea IMDb 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Recalled mengisahkan saat Soo-Jin (Seo Yea-Ji) mengalami kecelakaan dan ketika terbangun, ia sudah tidak bisa mengingat apa-apa. Selain diurus perawat, Soo-Jin dirawat dengan baik oleh Suaminya Ji-Hoon dan bisa pulang dari rumah sakit lebih cepat. Namun, Soo-Jin mengalami trauma dan seperti melihat masa depan orang-orang saat mereka dalam situasi yang berbahaya. Suatu saat Soo-Jin bertemu dengan mantan rekan kerjanya dan memberi tahu sesuatu tentang suaminya yang tidak bisa dipercayainya. Film ini juga menjadi salah satu film terlaris di Korea Selatan. Recalled berhasil meraih skor 6,1 di IMDb.