Brilio.net - Drama Korea sering kali mengalihwahanakan sebuah karya untuk menjadi cerita menarik di layar kaca. Salah satu karya yang sering dialihwahanakan adalah novel, sebuah prosa panjang yang biasanya punya detail yang rumit.

Drama Korea terbaik yang diangkat dari novel tersebut berhasil menjadi salah satu dari sekian banyak tayangan yang menarik perhatian. Pasalnya, drama Korea yang diadaptasi dari sebuah novel sering kali hadir dengan imajinasi memikat dan seru.

Selain itu, drama-drama tersebut diperankan oleh para artis top. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (3/3), berikut 11 drama Korea terbaik diangkat dari novel.

1. River Where the Moon Rises (2021).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

River Where the Moon Rises merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel Princess Pyeonggang 2010 karya sutradara dan penulis skenario Choi Sagyu. River Where The Moon Rises mengisahkan cinta antara Putri Pyeonggang dan On Dal, karakter dari cerita rakyat klasik Goguryeo.

Dalam drama ini, diceritakan Putri Pyeonggang (Kim So-hyun) terlahir sebagai seorang putri, tetapi dibesarkan sebagai seorang pembunuh. Setelah mengetahui kebenaran asal-usulnya, dia berjuang untuk memenangkan kembali negaranya dan tahta yang sah.

Seorang pria yang cinta damai, On Dal (Na In-woo) adalah kebalikan dari putri prajurit. Namun, saat keduanya saling jatuh cinta, On Dal mengabaikan prinsip untuk menjaga keselamatannya.

Upaya mereka berdua semakin sulit saat mendapati mendapati semua orang ingin bertempur untuk merebut takhta yang bukan hak mereka. River Where the Moon Rises meraih skor 7,9 di Mydramalist.

2. The Witch's Diner (2021).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

The Witch's Diner merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel fantasi gelap dengan judul Manyeosikdangeuro Oseyo atau dalam bahasa Inggris menjadi The Witch's Diner. Novel tersebut ditulis oleh Goo Sang-hee dan diterbitkan penerbit Dasan Books pada 2016.

Drama Korea ini mengisahkan sebuah restoran yang dikelola oleh seorang penyihir. Selain menjual makanan seperti umumnya restoran, penyihir cantik tersebut juga menawarkan untuk mengabulkan semua keinginan pelanggannya.

Namun, pengabulan permintaan itu bukan cuma-cuma, melainkan ada harga yang mesti dibayar dengan nyawa mereka sendiri. The Witch's Diner berhasil meraih skor 8,1 di Mydramalist.

3. So I Married an Anti-Fan (2021).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

So I Married an Anti-Fan merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Eun-jung. Drama ini mengisahkan hubungan tak harmonis seorang reporter hiburan dan idol K-Pop ternama. Mereka saling membenci, tetapi akhirnya dipertemukan dalam sebuah program yang membuat keduanya jatuh cinta.

Dalam drama ini, Choi Tae-joon berperan sebagai Hoo Joon, seorang superstar terkenal di dunia. Tidak seperti sikapnya yang berhati dingin, dia adalah seorang tulus yang membawa rasa sakit dari cinta pertamanya. Selain itu, Choi Soo-young berperan sebagai Lee Geun-young, seorang reporter majalah yang menjadi "Anti-penggemar No.1" di Korea.

Lee Geun-young yang akhirnya nanti menjalin asmara dengan Hoo Joon. So I Married an Anti-Fan berhasil meraih skor 8 di Mydramalist.

4. When the Weather Is Fine (2020).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

When the Weather is Fine merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Lee Do-woo. Drama ini berkisah tentang Mok Hae-won, seorang pemain cello yang berhenti dari pekerjaannya di Seoul dan kembali ke Desa Bookhyun, di Provinsi Gangwon.

Desa tersebut merupakan tempat tinggalnya saat ia masih sekolah menengah. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan Im Eun-seob yang punya toko buku.

Mereka kemudian saling bertukar pikiran dan mengisahkan kehidupan masing-masing yang rumit dan pahit. Mereka kemudian menemukan kecocokan satu sama lain dan saling jatuh cinta untuk bisa berdamai dengan masa lalu mereka. When the Weather Is Fine ini berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

5. Hush (2020).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

Hush merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel Silence Warning karya Jung Jin-young yang terbit pada 2018. Drama ini mengisahkan Han Joon-hyuk, seorang reporter veteran di sebuah surat kabar di Korea Selatan. Ia memulai kariernya sebagai seorang reporter untuk idealisme yang amat ia junjung tinggi.

Namun, ia kemudian harus menghadapi hal-hal pragmatis yang sangat bertentangan dengan idealisme sebagai pekerja media. Selama di kantor, ia ditemani oleh Lee Ji-soo yang punya dedikasi yang cukup tinggi sebagai pekerja media.

Drama ini menampilkan bagaimana dinamika ruang redaksi dengan segala persoalannya. Hush berhasil meraih skor 7,6 di Mydramalist.

6. King Maker: The Change of Destiny (2020).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

King Maker: The Change of Destiny merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel Wind, Clouds and Tombstone karya Lee Byung-joo. Drama ini mengisahkan kehidupan Choi Chun-joong, seorang pembaca wajah terbaik Dinasti Joseon yang dilahirkan dari keluarga terpandang.

Namun, suatu ketika, seluruh keluarganya terbunuh dalam sebuah kejadian. Hal ini kemudian membuatnya dipandang rendah sebagai peramal. Walaupun begitu, ia punya cita-cita untuk mengubah Joseon agar lebih baik.

Hingga akhirnya Chun-joong bertemu dengan Lee Bong-ryeon, seorang putri Raja Cheoljong yang mempunyai kemampuan khusus untuk melihat nasib orang lain. Kemampuan tersebut menjadi berkah sekaligus kutukan baginya. Bong-ryeon punya misi yang sama dengan Chun-joong yang akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta dan menikah.

Chun-joong mengabdikan seluruh hidupnya kepada Bong-ryeon yang dicintainya bersama masa depan Joseon yang lebih baik. King Maker: The Change of Destiny berhasil meraih skor 7,7 di Mydramalist.

7. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower Crew: Joseon Marriage Agency merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Yi-rang. Drama ini mengisahkan Ma Hoon, Young-soo, dan Do Joon, kelompok agensi pernikahan paling sukses di Joseon bernama Flower Crew. Lee Soo, putra seorang pandai besi, ingin menikahi temannya Gae-ttong, seorang gadis supel dan periang, dan meminta Flower Crew untuk membantunya mengatur pernikahan.

Namun, Ma Hoon, pemimpin Flower Crew, terus menerus menolaknya hingga akhirnya dia melihat hati Lee Soo yang tulus untuk Gae-ttong dan setuju untuk mengatur pernikahan mereka. Pada hari pernikahan, Lee Soo ditangkap dan dipilih sebagai Raja Joseon secara tiba-tiba.

Kelompok agensi ini pun mengalami krisis pemimpin dan membuat mereka harus menjalankan pekerjaan tersebut tanpa Ma Hoon. Flower Crew: Joseon Marriage Agency berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.

8. The King in Love (2017).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

The King in Love merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Yi-ryung. Drama ini mengisahkan Won, seorang putra mahkota yang berteman dengan Wang Rin dari keluarga kerajaan dan menjadi pengawalnya. Mereka kemudian bertemu dengan Eun-San, seorang putri yang punya kemauan keras dari keluarga bangsawan kaya yang dapat membuat siapa pun akan jatuh cinta kepadanya.

Mereka bertiga pun berteman dan menjalin hubungan selayaknya teman. Namun, hubungan tersebut kemudian berubah saat Won dan Wang Rin sama-sama jatuh cinta kepada Eun-San. Cinta segitiga ini pun menjadi salah satu plot menarik yang menggerakan ide cerita drama Korea The King in Love ini. The King in Love berhasil meraih skor 7,8 di Mydramalist.

9. The Moon Embracing the Sun (2012).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

The Moon Embracing the Sun merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Jung Eun-gwol. Moon Embracing The Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja.

Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota. Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung.

Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana. The Moon Embracing the Sun berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

10. Personal Taste (2010).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

Personal Taste merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel karya Lee Se-in pada 2007 dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang seorang desainer furnitur, Park Kae-in, yang tinggal bersama dengan arsitek Jeon Jin-ho di bawah asumsi keliru bahwa dia gay.

Jeon Jin-ho (Lee Min-ho), seorang pemuda yang sangat bergaya dengan penampilan yang sempurna. Jin-ho dikenal egois dan punya obsesi dengan kebersihan. Jin-ho kemudian bertemu Kae-in Park (Son Ye-jin), seorang wanita yang terluka oleh cinta dan sekarang mencari teman sekamar atau teman gay. Jin-ho ingin tinggal bersama wanita itu, lalu berpura-pura menjadi pria gay.

11. Coffee Prince (2007).

drama Korea terbaik dari novel  berbagai sumber

foto: imdb.com

Coffee Prince merupakan drama Korea terbaik diangkat dari novel karya Lee Sun-mi dengan judul yang sama. Coffee Prince berkisah tentang kehidupan cinta dan impian empat anak muda yang bertemu bersama di sebuah kafe. Han-gyeol (Gong Yoo) adalah seorang pemuda cerdas yang benci terikat pada satu karier dalam hidupnya.

Selain itu, ia tidak menyukai ide untuk bergabung dengan bisnis keluarga. Namun, saat ia diperintahkan neneknya untuk mengelola sebuah kafe, Han-gyeol menolak tawaran tersebut.

Ia kemudian membuat bisnis kopi gourmet yang kelak mempertemukannya dengan Eun-chan, seorang gadis tomboi yang membuatnya bisa belajar arti cinta sejati. Drama ini berhasil meraih skor 8,3 di Mydramalist.

HL: foto: imdb.com