Brilio.net - Selain menggarap drama original dan adaptasi, drama Korea juga menggarap drama yang diremake dari serial atau film dari negara lain. Drama semacam ini hadir dengan skenario yang hampir sama dengan drama atau film aslinya.

Walaupun begitu, drama Korea yang diremake tidak mengurangi kekuatan cerita dari drama asli dan bahkan menjadi ciri khas tersendiri yang berbeda dengan drama aslinya. Selain itu, drama Korea remake selalu memberikan nuansa berbeda yang tak ditemukan dalam drama aslinya.

Drama Korea remake menjadi salah satu jenis adaptasi drama Korea yang cukup menarik dan berkembang, walaupun tidak selalu dilakukan setiap tahunnya. Hal ini terkait dengan proses izin remake dari aslinya yang kadang terkendala persoalan administrasi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (11/3), berikut 11 drama Korea yang diremake dari negara lain, beri nuansa berbeda.

1. One Ordinary Day (2021).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

One Ordinary Day merupakan drama Korea yang diremake dari serial BBC “Criminal Justice.” Drama ini mengisahkan Kim Hyun-soo (Kim Soo-hyun), seorang mahasiswa biasa yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan semalam.

Sementara ada Shin Joong-han (Cha Seung-won), pengacara kelas bawah yang tidak tertarik pada kebenaran dan menjadi satu-satunya orang yang mengulurkan tangan untuk membantu Kim Hyun-soo. Ia tidak pernah menanyakan kebenaran tentang apa yang terjadi pada malam yang menentukan itu. Walaupun begitu, Joong-han membantu sepenuh hati dan berusaha mengungkapkan kasus yang dialami oleh Hyun-soo.

2. The Beauty Inside (2018).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside merupakan drama Korea yang diremake dari sebuah serial TV Amerika dengan judul yang sama. The Beauty Inside mengisahkan saat Seo Do-jae (Lee Min-ki) yang tidak bisa mengenali wajah orang lain setelah mengalami cedera otak akibat kecelakaan. Walaupun begitu, anehnya, Do-jae mampu mengenal dengan baik wajah Han Se-gye (Seo Hyun Jin), seorang aktris ternama yang selalu mengubah penampilannya setiap saat. Mereka kemudian saling bertemu dan punya ketertarikan. Walaupun dipenuhi dengan berbagai drama percintaan, mereka kemudian saling belajar bagaimana cara mencintai dirinya sendiri.

3. The Smile Has Left Your Eyes (2018).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

The Smile Has Left Your Eyes merupakan drama Korea yang diremake dari serial televisi Jepang 2002 Sora Kara Furu Ichioku no Hoshi. Drama ini menceritakan kisah cinta Kim Moo-young dan Yoo Jin-kang yang semakin menegaskan sebuah pepatah: benci jadi cinta. Awal mereka bertemu seperti dua orang yang saling bermusuhan sengit.

Namun, saat mereka sering bersama, mereka pun saling jatuh cinta. Walaupun tampil dengan kisah di awal cerita, drama ini memberikan plot twist yang sama sekali tak terduga saat Yoo Jin-gook, saudara laki-laki Jin-kang mulai menyelidiki hubungan cinta tersebut dan berhasil menemukan hal tak terduga. Drama ini membawa penonton pada roller coaster emosi dengan tikungan, belokan, kebohongan, dan rahasia yang begitu gelap.

4. Life on Mars (2018).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Life on Mars merupakan drama Korea yang diremake dari serial TV Inggris dengan judul yang sama dan ditayangkan oleh BBC One. Life on Mars berkisah tentang Han Tae-joo (Jung Kyung-Ho) yang memimpin tim investigasi kejahatan. Kariernya mengalami peningkatan yang pesat dan dia mempercayai data daripada orang lain. Saat menyelidiki kasus pembunuhan berantai, dia mengalami kecelakaan.

Ketika Han Tae-joo bangun, dia menemukan dirinya ada pada tahun 1988. Dia tidak tahu mengapa, tetapi dia sekarang adalah seorang detektif yang ditunjuk untuk bekerja di sebuah kantor polisi di sebuah kota kecil. Untuk kembali ke masa sekarang, Han Tae-joo mencoba memecahkan kasus pembunuhan berantai.

5. Mother (2018).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Mother merupakan drama Korea yang diremake dari drama Jepang dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Kang Soo-jin, seorang guru sekolah dasar yang mengetahui bahwa salah satu muridnya yang bernama Kim Hye-na dianiaya oleh keluarganya sendiri.

Soo-jin kemudian merencanakan sesuatu untuk menculik anak tersebut agar bisa terhindar dari perlakuan buruk keluarganya. Setelah berhasil menculik anak tersebut, Soo-jin berusaha untuk menjadi ibu Hye-na.

6. Because This Is My First Life (2017).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Because This Is My First Life merupakan drama Korea yang diremake dari drama Jepang yang berjudul Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu atau We Married as a Job. Drama ini mengisahkan Nam Se-hee yang menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal. Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah. Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul.

7. Criminal Minds (2017).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Criminal Minds merupakan drama Korea yang diremake dari serial Amerika dengan judul yang sama dan tayang pada 26 Juli 2017. Drama ini mengisahkan sekelompok profiler yang sangat terlatih dalam tim Investigasi Kriminal Nasional (NCI) fiksi yang melacak penjahat untuk menyelesaikan kasus. Cerita dimulai saat setahun setelah kesalahan penting yang menghasilkan bom, meledak di sebuah rumah sakit.

Kejadian tersebut menewaskan beberapa petugas SWAT dan membuat kepercayaan pemimpin tim NCI Kang Ki-hyung terguncang. Ia kembali bekerja setelah istirahat panjang dan langsung terseret ke dalam kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan tim NCI untuk bekerja sama dengan Unit Kejahatan Kekerasan dari kepolisian setempat. Mereka bertemu petugas polisi temperamental Kim Hyun-joon, yang tampaknya memiliki dendam pahit terhadap Ki-hyung.

8. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama Korea yang diremake dari drama China berjudul Scarlet Heart atau Bu Bu Jing Xin. Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

9. You Are My Destiny (2014).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

You Are My Destiny merupakan drama Korea yang diremake dari drama Taiwan Fated to Love You yang dibintangi Joe Chen dan Ethan Ruan yang tayang pada 2008. Drama ini mengisahkan kehidupan dua orang yang tidak akan dipertemukan. Seorang asisten administrasi, Chen Jiaxin, yang tiba-tiba bertemu dengan Wang Xiyi, pewaris kerajaan bisnis kapal pesiar yang memiliki tujuan ke Hungaria.

10. Playful Kiss (2010).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Playful Kiss merupakan drama Korea yang diremake dari drama Jepang berjudul Itazura na Kiss. Drama ini menceritakan kisah dua orang remaja yang saling bertolak belakang walau akhirnya saling jatuh cinta. Mengangkat tema cinta anak sekolahan, tokoh utama drama ini adalah Baek Seung-ho (Kim Hyun-joong), seorang murid jenius yang memiliki sifat pendiam dan dingin. Sedangkan tokoh utama wanita adalah Oh Ha-ni (Jung So-min) seorang murid yang ceroboh dan kurang pintar.

Oh Ha-ni sempat menyatakan cintanya kepada Seung-ho dan langsung mendapatkan penolakan. Namun, setelah mereka tinggal bersama di rumah orang tua Seung-ho, situasi mulai berubah. Seung-ho mulai menerima Oh Ha-ni dan mereka pun saling jatuh cinta hingga akhirnya menikah. Sebuah kisah happy ending.

11. Boys over Flower (2009).

drama Korea yang diremake berbagai sumber

foto: imdb.com

Boys Over Flowers merupakan drama Korea romantis yang diremake dari drama Jepang dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang Geum Jan-di (Koo Hye-sun), seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa. Jan-di memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan dan mendapat beasiswa dari sekolah tersebut. Ia kemudian harus berurusan dengan geng F4 yang suka melakukan perundungan kepada siswa lain setelah mengantar baju laundry salah satu korbannya.

Sejak saat itu, Jan-di bertemu dengan Yoon Ji-hu (Kim Hyun-Joong), salah satu anggota F4 yang kelak jatuh cinta kepadanya. Namun pada akhirnya, Jan-di justru jatuh cinta Gu Jun-pyo (pada Lee Min-ho). Sorotan utama drama ini pun akhirnya pada lika-liku hubungan Jan-di dan Jun-pyo yang sempat putus-nyambung. Selain itu, setelah Jan-di cukup intens bersama geng anak orang kaya tersebut, F4 perlahan tidak melakukan perundungan kepada siswa lain.