Brilio.net - Salah satu tema drama Korea yang cukup menarik perhatian adalah tema tentang kerajaan. Drama ini mengisahkan berbagai masa yang terjadi pada dinasti-dinasti yang pernah ada di Korea.

Menariknya, drama-drama tersebut tak hanya menampilkan intrik politik khas kerajaan, melainkan juga dibalut dengan kisah cinta. Hal ini membuat drama Korea tentang kerajaan berhasil menarik perhatian.

Selain itu, drama Korea kerajaan hadir dengan suasana kolosal yang membuat drama tersebut terkesan klasik, tapi tidak menghilangkan kualitas drama yang disajikan. Karena itu, drama Korea kerajaan terfavorit di VIU ini layak untuk menjadi tontonan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Jumat (11/3), berikut 13 drama korea kerajaan terfavorit di VIU, penuh kisah cinta dan intrik.

1. Moonshine (2021-2022).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Moonshine merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang mengisahkan sejarah larangan alkohol pada era Joseon. Moonshine merupakan jenis minuman keras yang diproduksi secara tradisional dan dianggap ilegal. Karena itu, siapa pun yang memroduksi dan bahkan meminumnya dapat berbuah penjara.

Drama ini menggambarkan periode hukum larangan meminum dan mengedarkan alkohol paling ketat dalam sejarah Joseon. Walaupun dipenuhi dengan berbagai ketegangan, drama ini juga dipenuhi dengan cerita romantis antara Yoo Seung-ho dan Lee Hye-ri.

2. Secret Royal Inspector & Joy (2021).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Secret Royal Inspector & Joy merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang mengisahkan agen rahasia kerajaan yang berasal dari rakyat jelata pada era Dinasti Joseon. Karakter Ra Ian, seseorang bernasib mujur karena mengemban amanah raja yang didambakan banyak orang.

Dalam perjalanan kisahnya, Ra Ian akan bertemu dengan Kim Joy, seorang perempuan tangguh yang dengan bangga sudah bercerai dengan suaminya yang kasar dan tak bisa diandalkan. Drama Korea ini berhasil mendapatkan sambutan meriah saat pertama kali tayang karena hadir dengan cerita yang menarik.

3. River Where the Moon Rises (2021).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

River Where The Moon Rises merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang didasarkan pada novel Princess Pyeonggang 2010 karya sutradara dan penulis skenario Choi Sagyu. Drama ini mengisahkan cinta antara Putri Pyeonggang dan On Dal, karakter dari cerita rakyat klasik Goguryeo. Dalam drama ini, diceritakan Putri Pyeonggang (Kim So-hyun) terlahir sebagai seorang putri, tetapi dibesarkan sebagai seorang pembunuh. Setelah mengetahui kebenaran asal-usulnya, dia berjuang untuk memenangkan kembali negaranya dan tahta yang sah.

Seorang pria yang cinta damai, On Dal (Na In-woo) adalah kebalikan dari putri prajurit tersebut. Namun, saat keduanya saling jatuh cinta, On Dal pun mengabaikan prinsip untuk menjaga keselamatannya. Upaya mereka berdua semakin sulit saat mendapati mendapati semua orang ingin bertempur untuk merebut tahta yang bukan hak mereka.

4. Mr. Queen (2020-2021).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan.

5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang mengisahkan seorang perempuan berusia 25 tahun yang hidup di abad ke-21 tiba-tiba masuk dimensi waktu saat gerhana matahari total di Korea Selatan dan membawanya ke Dinasti Goryeo. Bangun dengan identitas baru, perempuan tersebut menjadi salah satu putri raja dari keluarga Wang.

Saat menyadari hal tersebut dan menjalani hidup di kerajaan, perempuan tersebut kemudian jatuh cinta pada salah satu pangeran yang baik hati. Namun, cintanya tersebut tak sampai dan bahkan ia segera diambil oleh pangeran keempat yang suka merenung di kegelapan. Kisah cinta putri raja tersebut terjebak dalam gejolak politik dan pertempuran perebutan tahta. Drama ini menyediakan banyak hal, mulai dari kisah romantis hingga intrik politik yang bisa menyayat hati.

6. Secret Healer (2016).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Secret Healer merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang dibalut dengan komedi dan sejarah. Drama ini mengisahkan Ratu Shim yang mencari bantuan Hong-joo, seorang dukun karena tidak dapat memiliki anak. Hong-joo kemudian menggunakan kemampuannya untuk merekayasa agar Hae-ran, seorang dukun muda agar bisa tidur dengan sang raja dan hamil.

Ketika Hae-ran hamil, janin dalam perutnya tersebut dipindahkan ke tubuh Ratu Shim oleh Hong-joo. Ratu Shim akhirnya bisa melahirkan dua anak kembar sekaligus, perempuan dan laki-laki. Namun, Ratu Shim harus merelakan anak putrinya dikutuk menjadi penyihir.

7. Queen for Seven Days (2017).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Queen for Seven Days merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang menceritakan tentang kisah nyata seorang Lady Shin yang harus naik dan turun dari takhtanya dalam kurun waktu tujuh hari karena digulingkan oleh lawan politiknya. Cerita dalam drama ini dimulai saat Lee Yoon yang naik tahta menjadi raja untuk menggantikan ayahnya. Queen For Seven Days hadir dengan penuh intrik dan juga kisah percintaan yang menarik antara Lee Yoo dan suaminya yang masih menjadi bagian dari pemerintahan lawan politiknya.

8. The Tale of Nokdu (2019).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

The Tale of Nokdu merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang berkisah tentang seorang pria yang menyamar sebagai seorang wanita untuk memasuki desa misterius khusus wanita untuk mencari kebenaran tentang kelahirannya pada masa Dinasti Joseon. Di desa tersebut, ia kemudian bertemu dengan seorang wanita muda yang tidak ingin menjadi kisaeng atau wanita penghibur agar bisa membalas dendam pada keluarganya.

9. Rooftop Prince (2012).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Rooftop Prince merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang mengisahkan putra mahkota dan dua orang kepercayaannya yang berada di atap rumah Park-ha (Han Ji-min). Sang pangeran menyadari bahwa dia melakukan perjalanan waktu 300 tahun ke depan dan muncul di tahun 2012. Ia kemudian melihat saudara perempuan Park-ha yang telah lama hilang dan mendiang istrinya. Hal ini pun membawanya untuk berpura-pura sebagai cucu dari seorang CEO perusahaan untuk membongkar semua misteri yang dialaminya.

10. Flower Crew: Joseon Marriage Agency (2019).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower Crew: Joseon Marriage Agency merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Kim Yi-rang. Drama ini mengisahkan Ma Hoon, Young-soo, dan Do Joon, kelompok agensi pernikahan paling sukses di Joseon bernama Flower Crew. Lee Soo, putra seorang pandai besi, ingin menikahi temannya Gae-ttong, seorang gadis supel dan periang, dan meminta Flower Crew untuk membantunya mengatur pernikahan.

Namun, Ma Hoon, pemimpin Flower Crew, terus menerus menolaknya hingga akhirnya dia melihat hati Lee Soo yang tulus untuk Gae-ttong dan setuju untuk mengatur pernikahan mereka. Pada hari pernikahan, Lee Soo ditangkap dan dipilih sebagai Raja Joseon secara tiba-tiba. Kelompok agensi ini pun mengalami krisis pemimpin dan membuat mereka harus menjalankan pekerjaan tersebut tanpa Ma Hoon.

11. 100 Days My Prince (2018).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

100 Days My Prince merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh.

Namun, ia kemudian tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat. Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama.

12. Hwarang: The Poet Warrior Youth (2016).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Hwarang: The Poet Warrior Youth merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang berkisah sekumpulan pemuda elit yang berjuang akan cinta, gairah, serta kesetiaan pada Raja Silla. Kisah persahabatan yang terjadi dalam kekacauan Kerajaan Silla (57 SM–935 SM) pada masa pemerintahan Raja Jinheung atau dikenal juga dengan nama Sammaekjong. Raja Jinheung disembunyikan di luar Seorabeol, Ibu Kota Kerajaan Silla.

Sementara itu, ibunya, Ratu Jisoo memerintah kerajaan. Sang Ratu sengaja menyembunyikan putranya karena ia khawatir putranya akan dibunuh oleh bangsawan lain yang ingin merebut tahtanya. Sebagai upaya melindungi sang putra dan mematahkan kekuatan para bangsawan, Ratu Jisoo membentuk pasukan elit Hwarang sebagai prajurit untuk melindungi raja dan kerajaan.

13. Love in the Moonlight (2016).

drama korea kerajaan di VIU berbagai sumber

foto: imdb.com

Love in the Moonlight merupakan drama korea kerajaan terfavorit di VIU yang didasarkan novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013. Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungannya yang tidak mungkin dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik dalam drama Korea Love in the Moonlight ini.