Brilio.net - Tiap tahunnya, Asianwiki ternyata punya fitur penilaian tertentu di situsnya. Penilaian tersebut bisa berdasarkan rating maupun voting para penonton.

Penilaian rating merupakan penilaian yang didasarkan pada rating nasional untuk setiap penayangan drama Korea. Sementara untuk voting, dilakukan oleh para pengguna sekaligus penonton drama Korea di Asianwiki. Dari penilaian tersebut, ada banyak drama-drama Korea populer yang masuk.

Drama-drama tersebut dipastikan memuat cerita-cerita seru dan berhasil menarik animo penonton untuk ikut serta duduk serta menikmati drama Korea dengan khidmat. Selain itu, drama-drama Korea tersebut diperankan oleh para pemain pilih tanding dalam industri drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (10/3), berikut 10 drama Korea voting di Asianwiki, Doom at Your Service tertinggi.

1. Doom (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Doom atau juga yang dikenal dengan judul Doom at Your Service merupakan drama Korea yang masuk dalam daftar voting tertinggi di Asianwiki. Doom at Your Service berhasil meraih 12.333 pemilih selama 2021 di situs tersebut.

Drama ini mengisahkan Tak Dong-kyung, seorang editor di sebuah perusahaan novel web yang hidupnya biasa-biasa saja hingga kemudian ia tertimpa nasib yang tak pernah ia duga. Ia divonis mengalami Glioblastoma, sebuah jenis kanker paling agresif yang dimulai dari dalam otak dan hanya memungkinkan dirinya hanya memiliki waktu hidup selama tiga bulan.

Nasib malang tak hanya berhenti di situ, ia juga baru tahu bahwa pacarnya adalah suami orang lain dan seorang calon ayah. Selain itu, ia masih sempat dimarahi atasan di kantornya.

Sampai suatu ketika, ia berada di sebuah atap apartemen dan mabuk di tempat tersebut. Ia mengucapkan sumpah serapah dan berharap dunia hancur. Saat ia mengatakan hal itu, Myul Mang, seorang utusan antara dewa dan manusia, mendengar ucapan tersebut.

Namun, sudah kepalang basah, dunia tiba-tiba seperti yang ia ucapkan. Hal itu harus dilakukan Myul Mang karena ia harus memilih keinginan manusia untuk dipenuhi. Dong-kyung akhirnya menandatangani kontrak seratus hari dengan Myul Mang dan mempertaruhkan semua hal tentang nasibnya. Dong-kyung dan Myul Mang pun menjalin kisah cinta yang berbeda alam dunia.

2. Vincenzo (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo merupakan drama Korea yang masuk dalam daftar voting tertinggi kedua di Asianwiki. Vincenzo berhasil meraih 10.686 pemilih selama 2021 di situs tersebut. Vincenzo mengisahkan seorang Vincenzo Cassano atau yang mempunyai nama lain Park Joo-hyung. Karakter ini diperankan dengan baik oleh Song Jong-ki yang tampil sebagai seorang consigliere, pengacara mafia di Italia.

Namun karena sebuah persengketaan, ia kemudian kembali ke Korea Selatan dan bekerja sama dengan pengacara lain untuk menjatuhkan sebuah korporasi jahat guna melindungi para penyewa yang tinggal di Geumga Plaza.

3. Racket Boys (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Di urutan ketiga, ada drama Korea Racket Boys yang berhasil meraih 10.613 pemilih selama 2021. Drama ini merupakan drama Korea yang berkisah tentang seorang anak kota dibawa pergi ke sebuah pedesaan oleh ayahnya untuk menghidupkan kembali olahraga bulu tangkis yang hampir punah. Namun, drama Korea ini sempat mengundang amarah warganet dan masyarakat Indonesia pada episode kelima.

Dalam episode tersebut, Han Se-yoon (Lee Jae-in) bertanding dalam pertandingan bulu tangkis di Jakarta, Indonesia dan ditemani oleh Pelatih Fang (Ahn Nae-sang) sebagai tim nasional Korea selatan. Mereka kemudian mengeluh terkait tempat dan fasilitas acara.

Pelatih Fang mengoceh tentang penyelenggara Indonesia dan mengatakan bahwa mereka melakukan dengan sengaja. Setelah ramai di media sosia, pihak SBS melalui Instagram resminya menyatakan permintaan maaf dan mereka tidak bermaksud meremehkan negara atau pemain mana pun.

4. Snowdrop (2021-2022).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Snowdrop berada di urutan keempat sebagai drama Korea voting terbanyak. Snowdrop berhasil meraih 8.612 pemilih selama 2021.

Drama ini merupakan drama Korea yang mengambil latar peristiwa Gerakan Demokrasi 1987 yang menjadi salah satu sejarah demonstrasi massa terbesar di Korea Selatan. Demonstrasi ini menuntut pemerintah otoriter saat itu Chun Doo-hwan, Jenderal Angkatan Darat Republik Korea untuk segera turun dari kursi kepresidenan dan menggelar pemilihan umum yang adil.

Drama ini hampir saja tidak bisa melanjutkan tayang karena dianggap mendistorsi sejarah. Walaupun begitu, Snowdrop berturut-turut sampai penayangan episode 9 menjadi salah satu drama Korea yang cukup hits di media sosial dan menjadi perbincangan warganet.

5. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha Cha Cha yang saat penayangannya cukup ramai diperbincangkan, berada di posisi kelima dengan raihan 5.725 pemilih. Drama tersebut mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin.

Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam. Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara.

Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

6. Happiness (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Happiness berada di urutan keenam dengan raihan 5.564 pemilih. Drama ini mengisahkan sebuah kota yang mencapai titik terendah ketika kiamat datang.

Di kota tersebut, wabah penyakit menular dengan penderita akan mengalami rasa haus yang tak kunjung reda. Penyakit tersebut secara perlahan akan menuai korban dan menular dengan cepat di antara warga kota.

Drama Happiness diperankan oleh Han Hyo-joo dan juga Park Hyung-sik yang baru saja menyelesaikan persoalannya masing-masing. Drama yang disutradarai oleh Ahn Gil-ho ini berkolaborasi bersama penulis Han Sang-Woon yang dikenal dengan dialog tak terduga.

7. Nevertheless (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Nevertheless hadir dengan cerita-cerita romansa yang cukup dramatis berhasil meraih 4.907 pemilih. Nevertheless merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Jungseoa. Nevertheless berkisah tentang dua karakter utama Park Jae-eon dan Yu Na-bi yang sama-sama punya problem dalam menjalani hubungan romantis.

Jae-eon yang masih belum mau berkomitmen untuk hubungan serius, sementara Na-bi punya trauma masa lalu akibat dari cinta pertamanya yang gagal. Drama Korea yang diperankan oleh Han So-hee dan Song Kang ini berhasil menghipnotis penontonnya dengan kisah yang bikin gemes.

8. Squid Game (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun berhasil menarik animo penonton sejak pertama kali ditayangkan, Squid Game ternyata tidak banyak meraih pemilih pada 2021 di Asianwiki. Hal ini dapat dilihat dari raihan sebanyak 4.748 pemilih. Meski demikian, drama Korea survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan di beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar.

Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

9. Mouse (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Mouse berada di posisi kesembilan dengan capaian 4.683 pemilih. Mouse mengisahkan polisi yang jujur dan berusaha menindak kejahatan seadil-adilnya.

Jung Ba-reum (Lee Seung-gi), seorang polisi yang ditugaskan untuk menangkap pembunuh berantai yang punya jejak rumit dan sulit ditemukan. Ia akan bekerja sama dengan Go Moo-chi (Lee Hee-joon), seorang detektif yang tidak lagi peduli dengan berbagai hal selain menangkap penjahat dengan cara apa pun.

10. Law School (2021).

drama Korea voting Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Sementara Law School harus berpuas diri karena hanya mendapatkan 4.005 pemilih selama 2021. Drama ini mengisahkan Yang Jong-Hoon (Kim Myung-Min), seorang mantan jaksa yang menjadi profesor di sebuah sekolah hukum terkenal.

Namun, ia tidak disukai oleh teman-teman dan murid-muridnya karena memiliki sikap dingin. Drama ini juga berfokus pada dua mahasiswa hukum, satu dari latar belakang keluarga miskin dan satu menyembunyikan rahasia sampai drama ini selesai.

Law School semakin seru saat Jong-Hoon ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan koleganya yang juga menjadi profesor di sekolah tersebut. Kedua siswa Jong-Hoon yang tak sengaja terhubung dengan hidupnya, berusaha keras untuk membuktikan bahwa profesor tidak bersalah dan segera menemukan pelakunya.