Brilio.net - Berbagai platform layanan streaming berusaha memberikan produk terbaiknya untuk para pengguna setianya. Hal inilah yang barangkali sedang dilakukan VIU yang menyasar pasar penonton Indonesia.

VIU sudah menyediakan beberapa drama Korea yang sudah dubing atau disuarakan dalam bahasa Indonesia. Hal ini akan memudahkan para penonton untuk lebih mudah memahami dialog-dialog yang ada dalam drama Korea tanpa perlu lagi memperhatikan subtitle.

Selain itu, karena lebih memahami dialog-dialog yang ada, para penonton akhirnya lebih mudah menghayati adegan-adegan dalam drama Korea tanpa kendala bahasa. Fitur ini tidak mengurangi pengalaman seru yang dihasilkan saat menonton drama Korea.

Dikutip brilio.net dari VIU dan berbagai sumber lain, Kamis (10/3), berikut 13 drama Korea dubing bahasa Indonesia di VIU.

1. The Penthouses (2020)-2021).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

The Penthouses merupakan drama Korea yang sudah ada dubing bahasa Indonesia di VIU. Sejak musim pertamanya tayang pada paruh kedua 2020 lalu, drama Korea The Penthouse ini menjadi salah satu yang menarik untuk diikuti.

Drama Korea yang mengisahkan cerita kelam orang kaya yang selalu punya dendam masa lalu. Dendam tersebut tak bisa padam dan menuntut para karakter dalam drama ini selalu membalaskan semua kenangan pahit yang pernah mereka lalui.

2. Tale of the Nine Tailed (2020).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Tale of the Nine Tailed merupakan drama Korea yang sudah ada dubing bahasa Indonesia di VIU. Drama Korea yang diperankan Lee Dong-wook tersebut mengisahkan tentang seekor rubah berekor sembilan "gumiho" yang telah menetap di kota.

Sementara itu, seorang produser televisi perempuan sedang mengejarnya. Gumiho tersebut pernah menjadi penjaga dan dewa Pegunungan Baekdu. Lee Yeon (Lee Dong-wook) adalah seekor rubah sembilan yang legendaris.

3. The World of the Married (2020).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

The World of the Married merupakan drama Korea yang sudah ada dubing bahasa Indonesia di VIU. Drama ini mengisahkan kehidupan Ji Sun-woo (Kim Hee-ae), seorang dokter yang dihormati dan direktur asosiasi di Family Love Hospital di Gosan, Korea Selatan.

Ia menikah dengan seorang calon direktur Lee Tae-oh (Park Hae-joon) yang amat dicintainya. Namun, Sun-woo berpikir keluarganya sempurna sampai dia mengetahui bahwa Tae-oh berselingkuh dengan wanita lain bernama Yeo Da-kyung (Han So-hee).

Walaupun secara umum mengisahkan konflik dan perselingkuhan, drama ini juga mengisahkan bagaimana pentingnya perencanaan keuangan keluarga dan tercatat secara terbuka untuk pengeluaran-pemasukan setiap bulannya.

4. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty merupakan drama Korea yang sudah ada dubing bahasa Indonesia di VIU. True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

5. Melting Me Softly (2019).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Melting Me Softly berkisah tentang Ma Dong-chan (Ji Chang-wook) dan Ko Mi-ran (Won Jin-ah) mengambil bagian dalam eksperimen 24 jam saat keduanya dibekukan. Namun, hal tersebut tidak berjalan seperti yang diharapkan dan mereka bangun dari kapsul beku 20 tahun kemudian, bukan 24 jam.

Lantas, untuk bertahan dari efek samping tidur kriogenik, mereka harus mengikuti serangkaian batasan untuk mempertahankan suhu tubuh mereka pada 31,5°C (maks. 33°C/88-91°F) dan menjaga detak jantung mereka tetap normal.

Ilmuwan di balik eksperimen ini adalah satu-satunya yang mengetahui kunci kelangsungan hidup mereka, tetapi dia telah kehilangan ingatannya setelah kecelakaan. Berpacu dengan waktu, cerita drama ini berfokus pada upaya dua orang yang dibekukan tersebut untuk melanjutkan kehidupan normal dan mengejar waktu yang hilang dalam hidup mereka.

6. Extraordinary You (2019).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan adaptasi dari Webtoon dengan judul July Found by Chance yang pertama kali diterbitkan pada Januari 2018 di Daum Webtoon. Extraordinary You mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi.

Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

7. Hotel Del Luna (2019).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Hotel Del Luna merupakan sebuah hotel yang melayani orang mati. Jang Man-Wol (IU) adalah CEO-nya yang telah ditakdirkan untuk menjalankan pendirian karena dosa yang dilakukannya. Meskipun dia tidak lagi ingat mengapa dirinya dihukum, satu-satunya cara untuk keluar dari situasi ini adalah menemukan seseorang yang telah melakukan kesalahan yang lebih besar daripada kesalahannya.

Selain itu, Goo Chan-sung (Yeo Jin-goo) juga ditakdirkan untuk bekerja di tempat aneh ini setelah Man-Wol berurusan dengan ayahnya. Drama ini penuh dengan elemen mistik dan alur cerita yang menarik.

8. What's Wrong with Secretary Kim (2018).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

What's Wrong with Secretary Kim adalah sebuah drama Korea yang menyorot hubungan antara bos dan sekretarisnya. Dikisahkan, Kim Mi-so memutuskan untuk mengundurkan diri secara tiba-tiba dari pekerjaannya sebagai sekretaris.

Namun, Lee Young-joon tidak mau sekretaris terbaiknya tersebut pergi begitu saja. Young-joon pun rela melakukan apa pun hingga hal-hal konyol agar Mi-so mengurungkan niatnya untuk berhenti menjadi sekretaris pribadinya.

9. Love in Trouble (2017).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Love in Trouble atau yang hadir juga dengan judul Suspicious Partner ini merupakan drama Korea yang mengisahkan Noh Ji-Wook (Ji Chang-Wook) yang berganti pekerjaan menjadi seorang pengacara bergengsi di sebuah firma hukum dan bertemu Eun Bong-Hee (Nam Ji-Hyun), seorang jaksa pemula. Mereka menyelidiki kasus pembunuhan dan mulai menyadari betapa terjeratnya masa lalu mereka.

Kasus ini juga terbukti sulit, karena si pembunuh menderita amnesia. Selain menampilkan proses hukum, drama ini juga menampilkan proses para detektif untuk membuktikan bahwa pembunuh yang amnesia sebagai pihak yang bersalah.

10. Strong Girl Bong-soon (2017).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Strong Woman Do Bong-soon merupakan drama Korea yang mengisahkan saat orang tak dikenal mulai mengirim ancaman pembunuhan kepada Ahn Min-hyuk (Park Hyung-sik), CEO perusahaan game bernama AIN Software dan dia memutuskan untuk menyewa pengawal. Min-hyuk kemudian menemukan Do Bong-soon (Park Bo-young), seorang wanita dengan kekuatan luar biasa, dan memutuskan untuk mempekerjakannya menjadi pengawal.

Meski awalnya enggan, Bong-soon kemudian tertarik untuk kemungkinan masa depannya di perusahaan tersebut. Pada saat yang sama, teman masa kecilnya, In Guk-doo (Ji Soo), seorang detektif polisi yang sedang mencoba untuk menangkap seorang pria misterius yang telah menculik wanita muda dari lingkungan Bong-soon. Di saat seperti inilah, kekuatan Bong-soon akan sangat diperlukan.

11. Descendants of the Sun (2016).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis. Selain itu, drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

12. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

13. The Heirs (2013).

Drama Korea dubing bahasa Indonesia berbagai sumber

foto: imdb.com

The Heirs mengisahkan penolakan Kim Tan yang diperankan oleh Lee Min-ho saat hendak dijodohkan dengan Rachel Yoo yang diperankan oleh Kim Ji-won, walaupun sama-sama berasal dari keluarga konglomerat. Perjodohan tersebut menjadi salah satu langkah keluarga besar untuk menyelamatkan dan mewarisi kerajaan bisnisnya.

Namun, sejak Kim Tan menolak, hubungan ini pun tak berlanjut dan punya cerita yang lain. Mereka berdua sama-sama mempunyai orang lain yang dicintainya.