Brilio.net - Webtoon menjadi salah satu medium adaptasi drama Korea yang cukup laris. Ada banyak drama Korea yang diadaptasi dari webtoon populer.

Webtoon merupakan sebuah portal penerbitan karya yang diluncurkan oleh Naver Corporation di Korea Selatan pada 2004. Portal tersebut sudah banyak melahirkan banyak penulis dan mendapatkan kesempatan untuk diadaptasi menjadi film maupun drama.

Selain itu, beberapa drama Korea yang diadaptasi dari webtoon mengalami berbagai penyesuaian, mulai dari judul hingga ke inti cerita. Walaupun begitu, hal tersebut tidak mengurangi inti cerita sehingga membuat pembaca webtoon bisa mendapatkan kenikmatan menonton yang sama.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (9/3), berikut 15 drama Korea diadaptasi dari webtoon, A Business Proposal romantis.

1. A Business Proposal (2022).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

A Business Proposal merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya HaeHwa. Drama ini berlatar sebuah perkantoran dan tampil dengan judul lain The Office Blind Date. Drama ini didasarkan pada web novel populer dan webtoon dengan judul yang sama.

Mengusung tema office comedy, drama ini berkisah tentang kencan buta palsu yang berujung pada hubungan romantis yang menggemaskan di antara Kang Tae-mu, seorang CEO perusahaan yang dikenal dingin dan Shin Ha-ri, seorang wanita lajang dan bekerja untuk sebuah perusahaan yang dipimpin oleh Tae-mu. Mereka kemudian menjalani kencak unik yang tak biasa dilakukan oleh sepasang kekasih.

2. All of Us Are Dead (2022).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

All of us are Dead merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul Now at Our School karya Joo Dong-geun,. Drama ini mengisahkan sekelompok siswa terjebak di sekolah mereka selama kiamat zombi. Mereka terus berjuang untuk bisa keluar dari sekolah dan terhindar dari orang-orang yang sudah terinfeksi wabah zombi tersebut. Semua orang yang ada di dalam sekolah itu berlarian dan berusaha sekuat mungkin untuk terhindar dari para zombi.

Drama ini dibintangi oleh Yoon Chan-young, Park Ji-hoo, Cho Yi-hyun, Park Solomon dan Yoo In-soo. Drama yang sudah tayang di Netflix ini mendapat respons yang cukup ramai dari banyak penontonnya.

3. Yumi’s Cells (2021).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Yumi's Cells merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Donggeon Lee. Drama ini menceritakan tentang seorang pekerja kantoran biasa bernama Yumi (Kim Go-eun) dan sel-sel dalam otaknya. Setiap sel dalam otak Yumi mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakannya.

Sementara itu, Goo Woong (Ahn Bo-hyun) adalah seorang pengembang game yang berhati hangat dan jujur. Kisah romantis antara kedua karakter ini berlangsung lucu dan juga bikin gemes. Apalagi, sel-sel otak Yumi tampil dalam bentuk animasi yang tak kalah menggemaskan.

4. Hellbound (2021).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Hellbound merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya sang sutradara Yeon Sang-ho. Drama ini mengisahkan sebuah sekte bernama Kebenaran Baru menjadi penentu dosa bagi banyak orang yang melakukan kesalahan.

Orang yang berdosa tersebut akan segera didatangi oleh tiga makhluk supranatural yang didatangkan langsung dari neraka. Drama ini awalnya dibuka dengan adegan menegangkan dan kemudian berlanjut pada kisah lebih lanjut tentang sekte Kebenaran Baru.

5. Nevertheless (2021).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Nevertheless merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Jungseoa. Nevertheless berkisah tentang dua karakter utama Park Jae-eon dan Yu Na-bi yang sama-sama punya problem dalam menjalani hubungan romantis.

Jae-eon yang masih belum mau berkomitmen untuk hubungan serius, sementara Na-bi punya trauma masa lalu akibat dari cinta pertamanya yang gagal. Drama Korea yang diperankan oleh Han So-hee dan Song Kang ini berhasil menghipnotis penontonnya dengan kisah yang bikin gemes.

6. Sweet Home (2020).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet Home merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan. Sweet Home merupakan horor-thriller apokaliptik yang menampilkan pengalaman penonton menegangkan sekaligus menampilkan cerita yang unik.

Cerita dimulai saat Cha Hyun-soo memutuskan pindah ke sebuah apartemen. Ia kemudian menyadari bahwa di tempat tersebut dikelilingi monster yang mencoba memusnahkan manusia. Karena itu, ia bersama banyak orang terjebak di dalam apartemen dan berusaha menyelamatkan diri.

7. Mystic Pop-up Bar (2020).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Mystic Pop-up Bar merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul Twin Tops Bar karya Bae Hye-soo. Mystic Pop-Up Bar berkisah saat Weol Ju (Hwang Jung-Eum) bunuh diri di bawah pohon keramat dan membawa nasib buruk ke kotanya. Ia kemudian dihukum untuk memecahkan masalah 100.000 orang. Hukuman tersebut merupakan satu-satunya cara untuk mencapai kehidupan setelah kematiannya.

Terlepas dari kemampuan magisnya membaca mimpi dan Weol-Ju berjuang untuk memenuhi target dalam 500 tahun yang diberikan kepadanya. Saat satu bulan tersisa, Weol-Ju untungnya bertemu dengan Han Kang-bae (Yook Sung-Jae), yang tahu akan kebenaran yang dialaminya. Kang-bae kemudian menjadi satu-satunya orang yang dicintai oleh Weol-Ju. Drama ini berhasil meramu kisah fantasi dengan pengalaman romantis para karakternya.

8. Rugal (2020).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Rugal merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Rel.mae. Rugal menceritakan Kang Gi-beom (Choi Jin-hyuk), seorang perwira polisi elit yang berusaha menjatuhkan salah satu organisasi kriminal terbesar Korea Selatan, Argos. Sebagai pembalasan atas usaha tersebut, istri Gi-beom dibunuh oleh pembunuh bayaran yang dikirim oleh Argos. Gi-beom kemudian dibutakan dan dijebak atas pembunuhan tersebut.

Kang Gi-beom kemudian direkrut oleh NIS untuk bergabung dengan satuan tugas khusus yang dikenal sebagai "Rugal", yang anggotanya dilengkapi dengan bioteknologi yang memberi mereka kemampuan supranatural. Setelah menerima dua bola mata buatan untuk mendapatkan kembali penglihatannya, Kang Gi-beom berangkat untuk membersihkan namanya dan membawa mereka yang bertanggung jawab atas kematian istrinya ke pengadilan.

9. Backstreet Rookie (2020).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Backstreet Rookie merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul Convenience Store Saet-byul karya Hwalhwasan. Backstreet Rookie berkisah tentang Choi Dae-hyun yang sedang dicampakkan oleh seorang gadis. Ia kemudian bertemu dengan tiga gadis SMA, termasuk Jung Saet-byul. Saet-byul berpikir bahwa Dae-hyun lucu dan memintanya untuk membelikan sebungkus rokok.

Alih-alih dibelikan rokok, Dae-hyun memberikan pelajaran kepada para gadis tersebut yang dianggapnya hanya sekelompok gadis brengsek yang iseng kepadanya. Tiga tahun kemudian banyak kehidupan berubah. Dae-hyun pun mengelola toko serba ada milik keluarga. Walaupun banyak anak gadis SMA berfoto dengannya, hal ini tak lantas membuat toko tersebut menghasilkan banyak uang. Suatu saat Saet-byul melamar pekerjaan paruh waktu di toko tersebut dan kisah cinta mereka kembali dimulai.

10. Love Alarm (2019-2021).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Chon Kye-young. Love Alarm merupakan rekomendasi drama Korea tentang teknologi yang berkisah tentang teknologi yang memungkinkan pengguna menemukan cintanya melalui aplikasi yang memberi tahu pengguna ketika seseorang dalam jarak 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Serial drama ini diadaptasi webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young.

Dalam drama ini, dikisahkan gadis sekolah menengah menggunakan aplikasi seluler tersebut untuk menemukan orang yang dicintainya. Drama ini mampu menyedot animo penonton sejak musim pertamanya.

11. Extraordinary You (2019).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul July Found by Chance yang pertama kali diterbitkan pada Januari 2018 di Daum Webtoon. Extraordinary You mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

12. Her Private Life (2019).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Her Private Life merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul Noona Fan Dot Com. Her Private Life menceritakan Sung Deok-mi, seorang kepala kurator berbakat di Cheum Museum of Art yang diam-diam menjadi penggemar fanatik anggota grup idola Cha Shi-an, seorang idola terkenal di Korea.

Deok-mi rela melakukan apa pun demi idola, bahkan sampai harus berpisah dengan kekasihnya. Suatu hari, museum tempat Deok-mi bekerja kedatangan direktur baru bernama Ryan Gold atau Heo Yoon-je. Ryan kemudian kemudian menjadi teman Deok-mi dan tahu apa yang disukai Deok-mi.

13. What’s Wrong with Secretary Kim (2018).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

What’s Wrong with Secretary Kim merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Jung Kyung-yoon. What's Wrong with Secretary Kim menyorot hubungan antara bos dan sekretarisnya. Dikisahkan, Kim Mi-so memutuskan untuk mengundurkan diri secara tiba-tiba dari pekerjaannya sebagai sekretaris.

Namun, Lee Young-joon tidak mau sekretaris terbaiknya tersebut pergi begitu saja. Young-joon pun rela melakukan apa pun hingga hal-hal konyol agar Mi-so mengurungkan niatnya untuk berhenti menjadi sekretaris pribadinya.

14. My ID is Gangnam Beauty (2018).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

My ID is Gangnam Beauty merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya KMK. My ID is Gangnam Beauty mengisahkan kehidupan Kang Mi-rae yang memutuskan operasi plastik setelah bertahun-tahun diganggu karena penampilan yang tidak sesuai lingkungan sekitarnya. Awalnya, usaha tersebut tampak berhasil dan membuatnya punya kesempatan yang lebih terbuka.

Namun, tekanan untuk menjadi lebih cantik datang dan membuatnya selalu mendapatkan ejekan monster operasi plastik. Ia kemudian mulai memulihkan dirinya dan tidak mau menghiraukan penilaian orang lain lagi. Drama ini dipenuhi dengan dialog-dialog kocak dan cukup berkesan untuk mulai mencintai diri sendiri terlebih dahulu.

15. Cheese In The Trap (2016).

drama Korea webtoon berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap merupakan drama Korea diadaptasi dari Webtoon dengan judul yang sama karya Soonkki. Cheese In The Trap memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan.

Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya.