Brilio.net - Drama Korea selalu berhasil menampilkan beragam tema menarik, salah satunya adalah drama Korea tentang makanan. Drama Korea makanan bercerita tentang berbagai hal terkait makanan, mulai dari aktivitas makan itu sendiri hingga perebutan kekuasaan di sebuah restoran.

Drama Korea tentang makanan juga diselimuti dengan beragam kisah, mulai dari kisah romantis hingga persoalan intrik politik. Selain itu, drama ini juga tak meninggalkan atraksi memasak yang menjadi hal paling menarik dari drama Korea tentang makanan.

Drama Korea tentang makanan menjadi salah satu referensi menarik, baik untuk cara makan atau cara memasak dan menyajikan makanan sebagai sebuah karya seni.

Dirangku brilio.net dari berbagai sumber Jumat (25/2), beriktu 11 drama Korea tentang makanan yang bisa bikin lapar seketika.

1. Sweet Munchies (2020).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Sweet Munchies merupakan drama Korea tentang makanan yang berkisah seputar kehidupan Park Jin-sung (Jung Il-woo). Ia adalah seorang koki yang bekerja di sebuah restoran makanan ringan hingga larut malam. Hal itu harus ia lakukan untuk membayar tagihan medis ayahnya yang sakit.

Ketika Kim Ah-jin (Kang Ji-young), asisten direktur televisi menjadi salah satu pelanggan setianya bertanya tentang siapa koki yang bisa membintangi programnya, ia pun sempat menyembunyikan tentang latar belakangnya yang sebenarnya. Walaupun begitu, Jin-sung pun langsung membintangi program Ah-jin yang membuatnya memasak langsung di ruang studio.

2. Eccentric! Chef Moon (2020).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Eccentric! Chef Moon merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan Moon Seung-mo, seorang koki hebat yang pindah ke desa Seoha setelah kematian mendadak orang tuanya karena sebuah kebakaran.

Kepindahan tersebut awalnya berlangsung dengan datar dan seolah tanpa ekspresi. Namun, kehidupannya kemudian berubah saat ia bertemu dengan Yoo Yoo-jin, seorang perancang busana yang hilang ingatan dan dikenal di desa Seoha sebagai seorang yang eksentrik.

3. Dae Jang Geum Is Watching (2018).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Dae Jang Geum Is Watching merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan kehidupan tiga saudara kandung— Han San-hae, Han Jin-mi dan Han Jeong-sik. Mereka disatukan karena sama-sama menyukai makanan yang membuat mereka senang. Han San-hae (35 tahun), anak sulung dari tiga bersaudara yang bekerja sebagai salesman.

Han Jin-mi (26 tahun), adik San-hae dan Jeong-sik yang mewarisi indra penciuman yang sangat kuat. Sementara Han Jeong-sik (26 tahun) adalah anak bungsu dari tiga bersaudara. Mereka selalu bersama-sama dan saling berbagai cerita tentang hal apa pun yang mereka alami, termasuk soal makanan yang mereka sukai.

4. Wok of Love (2018).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Wok of Love merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan tentang tentang Seo Poong (yang diperankan oleh Lee Junho 2PM), seorang chef muda yang tampan dan berbakat. Seo Poong bekerja sebagai juru masak utama di restoran China yang terkenal.

Suatu hari, Seo Poong mendapati sang kekasih Seok Dal-hee (yang diperankan oleh Cha Joo-young) berselingkuh dengan CEO hotel tempatnya bekerja. Seo Poong pun dijebak oleh CEO hotel itu sehingga dia terpaksa berhenti dari pekerjaannya.

Tak terima dengan perlakuan itu, Seo Poong bertekad membalas dendam pada CEO itu. Dia pun berjalan menuju restoran China yang berada tepat di seberang hotel. Restoran itu dijalankan oleh seorang rentenir bernama Doo Chil-seong (yang diperankan oleh Jang Hyuk).

5. I Order You (2015).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

I Order You merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan tentang Yeo Gook-dae (Jung Yun-ho), koki berbakat yang memiliki pengalaman buruk dalam suatu hubungan di masa lalu. Dia patah hati karena ditinggalkan pasangan pengantinnya tepat ketika hari pernikahan mereka.

Setelah itu, Gook-dae bertemu Park Song-ah (Kim Ga-eun) di sebuah toko doshirak yang menyediakan makan siang atas. Makanan di tempat tersebut tampak enak dan lezat dan membuat mereka saling mengenal hingga dipersatukan dengan menu masakan.

Sejak saat itu, mereka saling jatuh cinta. Walaupun begitu, pertemuan mereka membuat mereka harus berhadapan dengan rahasia masa lalu dari diri mereka sendiri.

6. Oh My Ghost (2015).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh My Ghost merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan Na Bong-sun, seorang asisten koki di Sun Restaurant dikenal sebagai seorang yang sangat pemalu dan bahkan tidak memiliki teman dekat. Bahkan, ia selalu ditegur saat pekerjaannya dianggap berantakan. Suatu hari, Bong-sun dirasuki oleh hantu perawan bernama Shin Soon-ae.

Soon-ae percaya bahwa dendam kesumat akan hilang jika ia berhasil tak lagi menjadi gadis. Soon-ae pun menggunakan tubuh Bong-sun untuk melancarkan aksinya tersebut.

7. Let’s Eat (2013-2018).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Let’s Eat merupakan drama Korea tentang makanan yang mengedepankan cerita mengenai kehidupan di rumah dan tempat kerja seorang perempuan bernama Lee Soo-kyung (Lee Soo Kyung). Soo Kyung berumur 33 tahun, hidup sendiri setelah berpisah dari suaminya ketika umur 20-an. Dia hobi makan dan bisa makan sendiri.

Kesenangannya adalah mencoba makanan di setiap restoran baru dan mengikuti blog tentang makanan. Selain itu, Lee Soo-kyung mengelola blog kesukaannya bernama “Lets Eat”. Keunikan blog itu adalah hanya menampilkan foto piring kosong yang artinya makanannya enak.

8. Feast of the Gods (2012).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Feast of the Gods merupakan drama Korea tentang makanan yang mengikuti nasib dua gadis yang identitasnya ditukar dan kemudian menjadi koki saingan masakan kerajaan tradisional. Drama ini mengisahkan Arirang, sebuah restoran terkenal yang mengkhususkan diri dalam masakan kerajaan Korea.

Selama beberapa generasi, Arirang hanya memilih koki yang paling ahli dan berbakat untuk melanjutkan warisannya dalam membuat makanan tradisional Korea. Sung Do-hee (Jeon In-hwa) ditunjuk sebagai penerus berikutnya, saingannya Baek Seol-hee (Kim Bo-yeon) tidak akan berhenti untuk mengklaim sahamnya di restoran.

Mereka pun bersaing untuk mempetaruhkan keluarga dan kebahagiaan sampai tragedi dan kehilangan yang tak terbayangkan menyerang kehidupan mereka berdua.

9. Flower Boy Ramen Shop (2011).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Flower Boy Ramen Shop merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan tentang restoran ramen yang dibumbui dengan kisah asmara para penghuninya. Yang Eun-bi (Lee Chung-ah), seorang mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian PNS. Suatu hari, ayahnya meninggal dan dia kaget ketika mengetahui ayahnya memberikan restoran ramennya pada orang lain.

Orang lain tersebut adalah Choi Kang-hyug (Lee Ki-woo), orang yang dipercayai ayah Eun-bi untuk mengurus restoran ramennya. Kang-hyug pernah ditolong ayah Eun-bi ketika ia mengalami masalah. Ayahnya berharap Eun-bi dan Kang-hyuk menikah. Namun, hal itu tak bisa langsung dilakukan Eun-bi karena ia sudah menyukai Cha Chi-soo (Jung Il-woo), seorang anak konglomerat pengusaha makanan.

10. Pasta (2010).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: imdb.com

Pasta merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan Seo Yoo-kyung (Gong Hyo-jin), seorang asisten dapur yang berharap bisa dipromosikan menjadi chef di restoran masakan Italia La Sfera tempatnya bekerja. Namun, harapan itu kemudian pupus setelah tak sengaja Yoo-kyung bertemu dengan seorang pria yang ternyata adalah kepala chef baru di restoran tersebut.

Chef tersebut bernama Choi Hyun-wook merupakan chef lulusan Italia yang kemudian memberlakukan kebijakan yang dianggap sewenang-wenang. Hyun-wook memecat semua koki perempuan, termasuk Yoo-kyung. Namun, Yoo-kyung tak mudah menyerah begitu saja dan berusaha berjuang untuk kembali ke restoran tersebut. Situasi restoran semakin rumit dan membuat intrik berkepanjang di tengah aktivitas masak-memasak di restoran tersebut.

11. Jewel in the Palace (2003).

Drama Korea tentang makanan berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Drama The Great Jang-geum atau Jewel in the Palace merupakan drama Korea tentang makanan yang mengisahkan seorang juru masak dapur yatim piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama Raja.

Saat wanita memiliki pengaruh kecil di masyarakat, juru masak magang muda Jang-geum berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya. Drama ini didasarkan pada kisah nyata Jang-geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon.