Brilio.net - Drama Korea tentang pernikahan kontrak sudah lama menjadi topik menarik dalam industri cinema Korea. Full House menjadi drama yang pertama kali yang mengemas isu pernikahan kontrak dalam sebuah cerita.

Drama Korea tentang pernikahan kontrak hadir dengan berbagai latar belakang. Mulai dari kontrak untuk hidup bersama dalam jangka waktu tertentu yang bermotif materi hingga cerita soal pernikahan kontrak yang kemudian berakhir jatuh cinta sungguhan dan mereka kemudian memutuskan untuk benar-benar menikah.

Drama Korea tentang pernikahan kontrak selalu berakhir happy ending dan membuat drama ini banyak disukai. Drama tersebut mengisahkan kisah asmara yang tak biasa dan barangkali bisa disebut sebagai jalan yang tidak disangka-sangka.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (21/2), berikut 9 drama Korea tentang pernikahan kontrak, Full House legendaris.

1. 100 Days My Prince (2018).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

100 Days My Prince merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh. Namun, ia kemudian tiba-tiba menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat. Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama selama 100 hari hingga kemudian Lee Yool kembali ke istana.

2. Because This Is My First Life (2017).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Because This Is My First Life merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang dialami oleh Nam Se-hee yang menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal. Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah.

Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul. Mereka kemudian memutuskan untuk melakukan pernikahan kontrak dan hidup seperti sedia kala.

3. Marriage, Not Dating (2014).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Marriage, Not Dating merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang Gong Gi-tae, seorang ahli bedah operasi plastik yang sudah asyik dengan dunianya sendiri. Sementara itu, kedua orang tuanya tampak khawatir karena anaknya tidak segera menikah. Menyadari hal tersebut, Gi-tae kemudian mencari siapa yang bisa diajak bekerja sama untuk melakoni sebuah drama di hadapan orang tuanya.

Gi-tae kemudian bertemu dengan Joo Jang-mi, seorang perempuan yang kurang beruntung dan selalu mengalami kegagalan saat menjalin sebuah hubungan. Ia dikenal sebagai penjaga toko mewah dan mencari seorang yang bisa diajak dalam hubungan serius. Walaupun demikian, ia akhirnya menyetujui tawaran Gi-tae. Walaupun diawali dengan ketidakseriusan, mereka kemudian memutuskan untuk menikah dan memulai berkencan setelah menikah.

4. Marriage Contract (2016).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Marriage Contract merupakan drama tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang Han Ji-hoon, seorang konglomerat Korea yang sedang mencari pendonor hati untuk ibunya yang sedang koma di rumah sakit. Sebagai imbalannya, ia mau untuk menikah sang pendonor dan memenuhi segala kebutuhan hidupnya.

Sampai suatu ketika, Ji-hoon bertemu dengan Kang Hye-soo, seorang ibu tunggal yang dikejar-kejar rentenir karena utang mendiang suaminya. Awalnya, rencana tersebut berjalan lancar hingga menuju persiapan tahap operasi dan mereka menikah. Namun, suatu hal terjadi setelah pemeriksaan bahwa Hye-soo punya tumor otak yang kemudian membuat kisah ini menjadi lebih pelik.

5. 1% of Anything (2016).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

1% of Anything merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang Lee Jae-in (Ha Seok-jin) yang dikenal sebagai pewaris kejam dari keluarga kaya dan harus menikah untuk mewarisi kekayaan kakeknya. Lee Jae-in kemudian melakukan pernikahan kontrak selama enam bulan untuk hubungan pura-pura dengan Kim Da-hyun (Jeon So-min), seorang guru sekolah dasar yang dipilih oleh kakek Jae-in.

Keduanya tidak tahu bahwa sang kakek adalah orang yang sama, yang ditolong oleh Da-hyun saat kakek tersebut pingsan di luar sekolah. Awalnya, setelah pernikahan sudah dilangsungkan, pasangan ini pun canggung minta ampun. Namun, perlahan, pernikahan yang penuh sandiwara ini pun menjadi kenyataan yang membuat Jae-in dan Da-hyun saling jatuh cinta.

6. Prime Minister and I (2013).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Prime Minister and I merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang Kwon Yul, perdana menteri termuda Korea Selatan yang dikenal dengan integritas yang sangat dipercaya publik. Selain itu, ia merupakan orang tua tunggal setelah istrinya mengalami kecelakaan tujuh tahun sebelumnya. Setelah kepergian mendiang istrinya, ia tidak punya keterampilan dasar untuk mengasuh anak-anaknya.

Suatu saat, Kwon Yul bertemu dengan Nam Da-jung, seorang reporter tabloid yang menulis apa saja untuk membiayai ayahnya yang sakit. Setelah berhasil mendekat dengan Kwon Yul, Da-jung kemudian menggali berbagai informasi tentangnya sekaligus statusnya sebagai orang tua tunggal. Pada malam perayaan Natal, Da-jung datang dan akhirnya mereka menjalani pernikahan kontrak. Setelah masa kontrak habis, beberapa tahun kemudian Kwon Yul menjadi seorang presiden dan tinggal di Blue House. Dalam sebuah sesi wawancara, mereka kembali bertemu dan secara diam-diam, Kwon Yul melamar Da-jung untuk pernikahan sesungguhnya.

7. Lie to Me (2011).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Lie to Me merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang berkisah tentang Gong Ah-jung, seorang pegawai pemerintah yang berbohong bahwa ia sudah menikah dengan Hyun Ki-joon, presiden World Hotel yang dikenal sangat kaya raya. Ketika gosip tersebut tersebar, Ki-joon sudah mempersiapkan jaksa untuk mengambil tindakan dan mendesak Ah-jung untuk mengoreksi kebohongannya. Walaupun begitu, mereka kemudian menyetujui bahwa mereka berpura-pura menikah dan melakukan pernikahan kontrak selama beberapa waktu.

Namun, saat mereka dalam status pernikahan kontrak tersebut, tunangan Ki-joon datang dari Paris. Sementara Ki-joon dan Ah-jung semakin dekat dan hal ini membuat Ki-joon kembali mempertanyakan komitmen pacarnya tersebut.

8. Sassy Girl Chun Hyang (2005).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Sassy Girl Chun-hyang merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak dan interpretasi bebas dari legenda Chun-hyang. Cerita dimulai ketika Lee Mong-ryong dipindahkan dari Seoul ke sebuah sekolah menengah di Namwon, Provinsi Jeolla Utara. Chun-hyang rela melakukan hal terbaik untuk Mong-ryong, cinta pertama yang sekaligus menjadi kepala kantor polisi Namwon. Saat itu, Mong-ryong ingin masuk ke sebuah universitas.

Namun, Mong-ryong bertemu Chae-rin yang ternyata cinta pertama Mong-ryong yang membuat segala pengorbanan Chun-hyang tak ada artinya. Cinta segitiga ini pun semakin rumit sampai Byeon Hak-do, CEO sebuah perusahaan hiburan muncul dalam hidup Chun-hyang. Suatu saat, Mong-ryong dan Chun-hyang tepergok kedua orang tua mereka tidur bersama dalam keadaan mabuk. Hal itu kemudian membuat kedua orang tua bersepakat untuk menikahkan mereka. Karena merasa belum siap, Chun-hyang dan Mong-ryong pun bersepakat bahwa pernikahan tersebut hanya pura-pura, walaupun mereka saling mencintai.

9. Full House (2004).

Drama Korea tentang pernikahan kontrak berbagai sumber

foto: imdb.com

Full House merupakan drama Korea tentang pernikahan kontrak yang cukup legendaris dan masih seru ditonton. Kehadiran drama ini disebut sebagai pencetus genre drama komedi romantis dalam industri drama Korea. Drama ini mengisahkan Han Ji-eun, seorang calon penulis naskah yang tinggal di sebuah rumah bernama "Full House". Rumah tersebut dibangun oleh mendiang ayahnya. Namun, suatu hari, ia ditipu oleh dua sahabatnya dan mengatakan bahwa mereka memenangkan liburan gratis. Saat ia pergi, dua sahabat tersebut menjual rumah Han Ji-eun.

Saat di pesawat, Ji-eun bertemu dengan Lee Young-jae dan betapa kagetnya ia bahwa rumah peninggalan ayahnya tersebut dijual kepada orang yang baru dikenalnya tersebut. Mereka kemudian terlibat dalam hubungan yang sangat kontras. Mereka kemudian berdiskusi alot dan Young-jae ternyata menyukai Ji-eun. Mereka kemudian bersepakat untuk melakukan pernikahan kontrak agar Ji-eun bisa kembali mendapatkan rumah peninggalan ayahnya. Walaupun begitu, menjelang akhir dari drama ini, kedua orang tersebut seperti menemukan visi untuk hidup bersama di rumah yang sempat menjadi perebutan tersebut.

(brl/lin)

(brl/lin)