Brilio.net - Usia 30-an tahun bukan usia yang terlalu tua, tetapi juga tidak bisa dianggap muda. Usia ini merupakan usia paling produktif seseorang dalam membangun kariernya dan juga tentang kisah cintanya.

Tema semacam inilah yang dikisahkan dalam drama Korea yang mengisahkan usia 30-an tahun. Dalam drama-drama tersebut, digambarkan beragam kompleksitas seseorang dan bagaimana mereka mengelolanya.

Selain itu, dalam drama tersebut dihadirkan pula bagaimana membentuk lingkaran kecil pertemanan mereka. Lingkaran pertemanan yang menjadi tempat pulang bagi sebagian orang.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (23/2), berikut 7 drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an tahun, Thirty Nine penuh haru.

1. Thirty, Nine (2022).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Thirty-Nine merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an tahun yang menceritakan persahabatan antara tiga orang perempuan yang sama-sama berusia 39 tahun. Cha Mi-Zo lahir dan dibesarkan oleh orang tua kaya. Dia sekarang berusia 39 tahun dan bekerja sebagai dokter kulit di kliniknya sendiri di Gangnam, Seoul.

Jung Chan-Young adalah salah satu teman dekat wanita Cha Mi-Zo. Dia bekerja sebagai pelatih akting. Selain itu, ada pula Ahn So Hee yang juga menjadi teman Cha Mi-Zo. Drama ini diperankan oleh Jeon Mi-do, Son Ye-jin, dan Kim Ji-hyun yang menjadi tiga sahabat yang saling mengisi satu sama lain. Sejak tayang pertama kali pada 16 Februari 2022 di JTBC dan Netflix, drama ini disambut dengan antusiasme yang cukup tinggi. Thirty-Nine berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

2. How To Be Thirty (2021).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

How to Be Thirty merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an tahun yang mengisahkan kehidupan sekelompok teman wanita yang memasuki usia 30-an. Seo Ji-won, penulis webtoon populer yang bertemu dengan Lee Seung-yoo cinta pertamanya dahulu saat ia mengunjungi kantor dari perusahaan penerbitan web komik miliknya.

Seung-yoo bekerja sebagai asisten manajer di tim perencanaan untuk perusahaan tersebut. Selain itu, Ji-won juga dikenal dekat dengan Cha Do-hoon karena menjadi sutradara film yang diangkat dari web komik miliknya. Pertemuan yang serba kebetulan itu kemudian perlahan membuat hubungan romantis ketiga tidak jelas dan seolah kabur. Selain itu, ketiga karakter tersebut tampak kocak saat mereka dihadapkan pada sebuah pilihan memilih menjadi seorang yang sama-sama dewasa. How to Be Thirty berhasil meraih skor 7,1 di Mydramalist.

3. Work Later, Drink Now (2021).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Work Later, Drink Now merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an yang mengisahkan tiga orang wanita yang bersahabat dengan masing-masing pekerjaan beragam sebagai instruktur Yoga, Penulis Skrip, dan seorang Youtuber.

Ketiga wanita ini mempunyai kehidupan cinta yang sama sehingga persahabatan mereka dipertaruhkan. Drama ini berhasil menarik perhatian penonton dengan kisah unik. Ketiga wanita tersebut mencintai orang yang sama dan sama-sama berusaha mendapatkan perhatian pria pujaan mereka. Drama ini pun berhasil meraih rating sebesar 94%. Selain itu, How to Be Thirty berhasil meraih skor 8,4 di Mydramalist.

4. Be Melodramatic (2019).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Be Melodramatic atau yang berjudul Melo Is My Nature merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an yang mengisahkan tiga sekawan di usia 30-an awal yang sedang berusaha mewujudkan cinta, karier, serta impian mereka. Lim Jin-joo (Chun Woo-hee) berprofesi sebagai penulis naskah drama, Lee Eun-jung (Jeon Yeo-been) seorang sutradara, dan Hwang Han-joo (Han Ji-eun) seorang ibu tunggal yang bekerja di rumah produksi. Kisah ketiganya diceritakan secara bergiliran, lengkap dengan konflik hidup dan kisah cinta masing-masing.

Setiap karakter yang diceritakan punya masalah pelik masing-masing dan mereka mencoba menjalani hidup. Terdapat trauma masa lalu, beragam kegagalan, hingga pemaafan pada diri sendiri. Be Melodramatic berhasil meraih skor 8,6 di Mydramalist.

5. Still 17 (2018).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Still 17 merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an yang bercerita tentang Woo Seo-ri, remaja yang mengalami kecelakaan tragis hingga membuatnya koma. Sejak kecelakaan itu, Seo-ri dewasa mengalami krisis identitas. Fisiknya memang telah berusia 30 tahun, tapi jiwanya masih terasa seperti 17 tahun. Seo-rin pun harus berjuang mengembalikan 13 tahun ingatannya yang hilang dan juga kembali menekuni profesi lamanya dari awal sebagai seorang pemain violin.

Sementara itu, seorang pria bernama Gong Woo-jin yang dulu menyukai Seo-ri mengalami trauma setelah melihat kecelakaan tragis orang terkasihnya tersebut. Trauma ini membuat Woo-jin enggan menjalin hubungan asmara dengan wanita lain. Selang 13 tahun kemudian Woo-jin dan Seo-ri kembali bertemu dan saling jatuh cinta. Still 17 berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.

6. Something in the Rain (2018).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Something in the Rain merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an yang mengisahkan perjalanan Jin-ah, pengawas distrik berusia 30-an di waralaba kedai kopi Coffee Bay (jaringan kopi di Korea yang sebenarnya) dan Joon-hee, seorang animator berusia awal 30-an di pengembang video game Smilegate.

Drama ini menggambarkan perjalanan kisah cinta mereka dengan perbedaan usia yang cukup jauh dan sering dianggap tabu oleh lingkungan sekitar mereka. Hingga suatu saat, mereka bisa memberanikan diri untuk memberitahu status hubungan mereka. Something in the Rain berhasil meraih skor 7,9 di Mydramalist.

7. Because This Is My First Life (2017).

Drama Korea usia 30-an tahun berbagai sumber

foto: imdb.com

Because This Is My First Life merupakan drama Korea terbaik kisahkan usia 30-an yang dijalani oleh Nam Se-hee. Ia menghabiskan uangnya untuk membeli rumah dan tinggal bersama Yoon Ji-ho karena tidak memiliki tempat tinggal. Keduanya belum menikah di usia tiga puluhan dan mulai hidup bersama sebagai teman serumah.

Awalnya mereka menganggap hal tersebut sebagai hal biasa. Namun, saat dihadapkan pada lingkungan sekitar, masalah baru kemudian muncul. Mereka kemudian memutuskan untuk melakukan pernikahan kontrak dan hidup seperti sedia kala. Because This Is My First Life berhasil meraih skor 8,5 di Mydramalist.