Brilio.net - Drama Korea tentang kerajaan tidak selalu mengisahkan berdasarkan fakta sejarah, melainkan ada juga berbagai kisah yang sarat dengan muatan fiksi. Sejarah kerajaan hanya diambil sebagai latar cerita, sementara semua hal yang ditampilkan hampir rekaan atau cerita fantasi semata.

Hal semacam inilah yang membuat drama Korea semakin menarik untuk diikuti. Cerita berlatar kerajaan tersebut menampilkan mitos-mitos atau cerita rakyat yang berkembang saat zaman lampau itu. Selain itu, cerita tersebut juga menampilkan kisah fantasi romantis hingga yang bercorak thriller dengan adegan menegangkan.

Drama-drama tersebut menjadi warna tersendiri dan membuat drama Korea semakin beragam. Nah, drama-drama tersebut bisa jadi tontonan menarik tentang sejarah Korea yang tidak selalu mengisahkan fakta sejarah.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (13/1), berikut 11 drama Korea tentang kerajaan penuh kisah fiksi, Mr. Queen lucu abis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Mr. Queen (2020-2021).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Queen merupakan drama Korea yang mengisahkan Jang Bong-hwan, seorang pria dari zaman modern yang jiwanya terperangkap dalam tubuh Ratu Cheorin, seorang ratu dari dinasti Joseon. Drama Korea romantis yang berlatar sejarah ini tampil dengan baik dan membuat banyak orang tertawa geli dan kagum dengan cerita yang dihadirkan. Drama Korea yang diperankan oleh Shin Hye-sun dan Kim Jung-hyun berhasil menjadi salah satu drama Korea terfavorit.

2. The King: Eternal Monarch (2020).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

The King: Eternal Monarch merupakan drama Korea yang mengisahkan Lee Ji-hun (Lee Min-ho) yang menjadi pemimpin di dunia pararel Korea. Drama ini mengisahkan Lee Gon (Lee Min-ho), Kaisar Kerajaan Korea zaman modern, mencoba untuk melintasi penghalang ke realitas alternatif saat Republik Korea ada sebagai pengganti Kerajaan.

Dia menemukan detektif Jung Tae-eul (Kim Go-eun), yang dikenali dari kartu identitas yang diperoleh selama titik balik masa kecilnya: pembunuhan ayahnya. Paman tiri Lee Gon, Lee Lim (Lee Jung-jin), yang membunuh raja sebelumnya, Lee Ho (ayah Lee Gon), bersembunyi dan mengumpulkan pasukan sementara melintasi bolak-balik antara dua dunia paralel.

3. Kingdom (2019-2021).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom berkisah tentang bagaimana setelah seorang raja tumbang, desas-desus menunjukkan bahwa dia tidak ada lagi. Kemudian putranya Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-Hoon) memulai perjalanan untuk menyelidiki kebenaran tentang kondisi ayahnya. Dia kemudian melanjutkan untuk menemukan bahwa virus menular menyebar yang mengubah hidup menjadi mayat hidup.

Di satu sisi, pertempuran adalah dengan orang-orang yang terinfeksi dan di sisi lain dengan orang-orang yang haus akan kekuasaan takhta. Kedua musim pertunjukannya segar dan menarik. Dari arah, kostum hingga sinematografi dan akting, seluruh pemain dan kru telah melakukan pekerjaan yang brilian.

4. Legend of the Blue Sea (2016-2017).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Blue Sea menceritakan kisah cinta Shim Cheong (Jun Ji-hyun), putri duyung, dan Heo Joon-jae (Lee Min-ho), yang dikenal sebagai penipu yang cerdas. Drama ini mengisahkan kelahiran kembali kedua karakter tersebut sebagai kisah paralel inkarnasi era Joseon mereka sebagai Se-hwa seorang putri duyung dan Kim Dam-ryeong yang menjabat sebagai kepala kota. Dengan alur maju mundur, drama romantis ini berhasil membius para penontonnya.

5. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo merupakan drama Korea yang mengisahkan seorang perempuan berusia 25 tahun yang hidup di abad ke-21 tiba-tiba masuk dimensi waktu saat gerhana matahari total di Korea Selatan dan membawanya ke Dinasti Goryeo. Bangun dengan identitas baru, perempuan tersebut menjadi salah satu putri raja dari keluarga Wang.

Saat menyadari hal tersebut dan menjalani hidup di kerajaan, perempuan tersebut kemudian jatuh cinta pada salah satu pangeran yang baik hati. Namun, cintanya tersebut tak sampai dan bahkan ia segera diambil oleh pangeran keempat yang suka merenung di kegelapan. Kisah cinta putri raja tersebut terjebak dalam gejolak politik dan pertempuran perebutan tahta. Drama ini menyediakan banyak hal, mulai dari kisah romantis hingga intrik politik yang bisa menyayat hati.

6. Love in the Moonlight (2016).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Love in the Moonlight merupakan drama Korea yang didasarkan novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013. Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungannya yang tidak mungkin dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik dalam drama Korea Love in the Moonlight ini.

7. Gu Family Book (2013).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Gu Family Book berkisah tentang Choi Kang-chi, makhluk setengah manusia dan setengah mitos yang diadopsi oleh penguasa Hundred Years Inn. Dia adalah putra Gu Wol-ryung, roh penjaga Gunung Jiri, dan manusia Yoon Seo-hwa. Sementara itu, Dam Yeo-wol adalah ahli seni bela diri dan putri pemimpin organisasi rahasia yang melindungi wilayah tersebut. Dia dikirim ke Hundred Years Inn untuk mengamati dan melindungi tuannya.

Mereka bertemu di Hundred Years Inn, penginapan paling populer di wilayah tersebut, dan saling jatuh cinta meskipun Choi Kang-chi setengah manusia. Ketika terjadi kekacauan, Choi Kang-chi mengatur dirinya kembali untuk bisa tetap hidup. Di sisi lain, Dam Yeo-wol memastikan bahwa sisi lain dari Kang-chi yang berupa makhluk setengah mitos dipastikan tidak mendapatkan hal terbaik dari dalam tubuh yang menampungnya selama ini.

8. My Love from the Star (2013-2014).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

My Love from the Star mengisahkan Do Min-joon (Kim Soo-hyun) seorang alien yang mendarat di bumi pada masa Dinasti Joseon. Ia terdampar di bumi ditinggalkan oleh kawanannya setelah menolong seorang gadis. Ia terdampar di bumi selama empat abad dan tampil sebagai manusia biasanya. Setiap sepuluh tahun sekali, ia harus berganti profesi.

Ia pernah jadi dokter, astronom, pengacara, dan bankir, dan sekarang bekerja sebagai profesor perguruan tinggi. Tahun demi tahun, dari era ke era, sudah ia rasakan semua jenis pekerjaan dari Korea zaman kerajaan hingga Korea era modern. Sampai kemudian Min-joon bertemu dengan Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun), seorang anak sekolah yang angkuh dan terkenal di media sosial karena sikapnya. Pertemuan tersebut membuat Min-joon tak lagi merasa kesepian karena kehadiran Song-yi.

9. Queen In-Hyun's Man (2012).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Queen In-Hyun's Man merupakan drama yang mengisahkan seorang sarjana dari Dinasti Joseon yang bertemu dengan seorang calon aktris pada 2012. Kisah drama ini bermula saat seorang cendekiawan kelahiran bangsawan menjadi satu-satunya orang yang selamat setelah semua keluarganya dibunuh. Namun, ia kemudian menemukan sebuah jimat dan membuatnya melakukan perjalanan waktu ke masa depan 300 tahun kemudian dan bertemu seorang aktris pada 2012. Pertemuan mereka pun membuka kisah baru dan mereka saling jatuh cinta.

10. Rooftop Prince (2012).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Rooftop Prince merupakan drama Korea yang mengisahkan putra mahkota dan dua orang kepercayaannya yang berada di atap rumah Park-ha (Han Ji-min). Sang pangeran menyadari bahwa dia melakukan perjalanan waktu 300 tahun ke depan dan muncul di tahun 2012. Ia kemudian melihat saudara perempuan Park-ha yang telah lama hilang dan mendiang istrinya. Hal ini pun membawanya untuk berpura-pura sebagai cucu dari seorang CEO perusahaan untuk membongkar semua misteri yang dialaminya.

11. Arang and the Magistrate (2012).

Drama Korea kerajaan fiksi berbagai sumber

foto: imdb.com

Arang and the Magistrate merupakan drama horor kolosal yang diangkat dari cerita rakyat tentang Arang. Dalam drama ini, Shin Min-a berperan sebagai Arang yang meninggal secara misterius dan kembali sebagai hantu untuk mengungkapkan apa yang terjadi saat ia meninggal dunia. Saat menjadi hantu, Arang berusaha mengungkapkan siapa pembunuh sebenarnya yang mesti bertanggung jawab atas kematiannya.

Drama Arang and the Magistrate juga menampilkan bagaimana mitologi klasik yang bercampur dengan cerita rakyat. Walaupun disebut sebagai drama horor, nuansa kolosal drama ini lebih terasa.

(brl/guf)