Brilio.net - Salah satu poin menarik dari drama Korea yang mengisahkan kerajaan masa silam Korea adalah tema tentang putra mahkota. Dalam setiap dinasti, putra mahkota menjadi pokok yang sangat penting karena terkait penerus takhta kerajaan. Tak heran jika penunjukan putra mahkota selalu politis dan mengundang pertikaian sesama keluarga kerajaan.

Selain dipenuhi dengan intrik politik yang keras, drama yang mengangkat putra mahkota sering kali dibumbui dengan kisah cinta. Semisal kisah cinta antara pangeran putra mahkota dengan gadis dari rakyat biasa. Kisah seperti itu membuat drama tersebut tidak bosan ditonton dan menampilkan cerita yang semakin menarik.

Drama-drama tersebut berhasil menjadi salah satu sub tema yang cukup populer. Hal ini dibuktikan dengan capaian drama Korea The Red Sleeve dengan rating di atas 10% sampai episode terakhirnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (12/1), berikut 11 drama Korea tentang putra mahkota kerajaan, The Red Sleeve populer.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. The Red Sleeve (2021).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea The Red Sleeve mengisahkan seorang putra mahkota bernama Yi San (Lee Jun-ho atau Junho 2PM) yang menjadi penerus utama kerajaan. Oleh sebab itu, Yi San berusaha keras untuk menjadi raja yang sempurna. Namun, kehati-hatiannya mulai sirna setelah bertemu perempuan ambisius bernama Sung Deok-im (Lee Se-young) di pengadilan.

Drama Korea The Red Sleeve menjadi salah satu drama Korea yang banyak ditonton dan berhasil memuncaki drama Korea terpopuler pada awal Desember 2021. Capaian ini tentu saja berkat kerja keras semua pihak yang berhasil menampilkan cerita menarik, tidak hanya bagi masyarakat Korea Selatan, melainkan juga untuk seluruh penggemar drama Korea di seluruh dunia.

2. The King's Affection (2021).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

The King's Affection berkisah tentang nasib anak kembar yang harus berjuang agar tetap hidup. Berlatar dinasti Joseon, seorang Permaisuri Putri Mahkota (Park Eun-bin) melahirkan anak kembar yang berbeda jenis kelamin. Menurut kepercayaan saat itu, bayi perempuan harus dibunuh untuk menghindari kutukan atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Namun, sang permaisuri menolak kebijakan tersebut dan diam-diam menyelamatkan putrinya keluar dari istana. Bertahun-tahun kemudian, anak perempuan tersebut kembali ke istana kerajaan dan menyamar sebagai Yi Hwi yang bekerja sebagai pembantu kerajaan. Sebuah kejadian kemudian terjadi yang membuat saudara kembar Yi Hwi meninggal dunia karena kasus kesalahan identitas. Sang permaisuri yang sudah tahu bahwa si pembantu adalah anak perempuannya yang dulu pergi, segera memintanya untuk menggantikan Lee Hwi untuk sebagai putra mahkota.

3. 100 Days My Prince (2018).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea 100 Days My Prince berkisah tentang seorang putra mahkota kerajaan di Joseon bernama Lee Yool (Do Kyung-soo) yang menghilang selama 100 hari dari istana. Lee Yool adalah orang yang perfeksionis, keras kepala, dan sering bersikap acuh.

Namun, ia kemudian menghilang secara tiba-tiba setelah jatuh dari tebing yang membuatnya luka berat. Lee Yool kemudian bertemu dengan Yeon Hong-shim, wanita bangsawan yang menjadi agen solusi pertama di Joseon dan mereka saling menyimpan perasaan satu sama lain sejak pertemuan pertama.

4. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbangun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dan putra mahkota dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

5. Love in the Moonlight (2016).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Love in the Moonlight merupakan drama Korea yang didasarkan novel Moonlight Drawn by Clouds yang pertama kali tayang di Naver pada 2013. Drama ini menghadirkan kisah masa depan tentang pertumbuhan Putra Mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dari seorang anak laki-laki menjadi raja yang dihormati dan hubungan terlarang dengan kasim Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Kisah cinta terlarang mereka menjadi salah satu hal menarik drama Korea Love in the Moonlight ini.

6. The Three Musketeers (2014).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

The Three Musketeers merupakan drama Korea yang terinspirasi dari novel karya Alexandre Dumas pada 1844 dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Sohyeon, putra mahkota kerajaan Dinasti Joseon dengan tiga prajuritnya. Mereka terdiri dari Heo Seung-po, Ahn Min-seo, dan Park Dal-hyang. Ketiga prajurit tersebut bertugas untuk melindungi Sohyeon dari rencana jahat yang ingin membunuhnya.

7. The King's Face (2014).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

The King's Face berkisah tentang Pangeran Gwanghae yang menjadi putra mahkota, walau anak dari seorang selir raja. Namun, menjadi putra mahkota tak membuat kehidupan Pangeran Gwanghae tenang, melainkan menjadi masa paling bergejolak selama 16 tahun.

Teror pembunuhan dan penurunan takhta menjadi hal sering dialaminya. Selain itu, hubungan Pangeran Gwanghae dan ayahnya Raja Seonjo sangat tidak akur dan mereka terlibat dalam persaingan politik dan cinta. Bahkan, Pangeran Gwanghae meminta peramal pembaca wajah untuk membantunya menjadi raja berikutnya.

8. Jang Ok-jung, Living by Love (2013).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Jang Ok-jung, Living by Love merupakan drama Korea yang diangkat dari novel karya Shoi Jung-mi berjudul Jang Ok Jung, Live For Love. Drama ini mengisahkan kehidupan penuh gejolak Jang Ok-jung yang juga dikenal sebagai Lady Jang Hui-bin, salah satu selir istana paling terkenal di Dinasti Joseon. Ia memulai karier sebagai wanita istana yang menjahit pakaian sekaligus perancang busana para raja.

Keberadaan Ok-jung di istana takkan pernah hadir tanpa bantuan Putra Mahkota Lee Soon saat ia tinggal seorang diri bersama Nyonya Jung Kang. Pertemuan tersebut kemudian menjadi awal dari Lee Soon jatuh cinta kepada Ok-jung dan menjadi salah satu aktor penting saat Putra Mahkota Lee Soon naik takhta menjadi raja.

9. The Moon That Embraces the Sun (2012).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

The Moon That Embraces the Sun menceritakan kisah cinta Raja Lee Hwon dan seorang peramal bernama Shaman Wol atau yang dikenal dengan nama Heo Yeon-woo. Mereka berdua pertama kali bertemu saat mereka masih remaja. Kala itu, Wol masih bernama Heo Yeon-woo dan dikenal sebagai putri bangsawan, sedangkan Lee Hwon menjadi putra mahkota.

Mereka hampir saja menikah, tetapi hal itu digagalkan oleh Ibu Suri yang ingin menjodohkan Lee Hwon dengan Yoon Bo-kyung. Ibu Suri pun menyusun rencana jahat untuk membunuh Yeon-woo hingga dibuat hilang ingatan dan menjadi seorang peramal yang ada di luar istana.

10. Rooftop Prince (2012).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Rooftop Prince merupakan drama Korea yang mengisahkan Yong Tae-yong, putra mahkota Joseon. Setelah istrinya meninggal secara misterius, Yong Tae-yong melakukan perjalanan waktu ke masa depan dan ia bertemu wajah yang dikenalnya, perangkat modern, dan intrik perusahaan.

Drama ini mengisahkan drama komedi romantis yang penuh imajinasi perjalanan waktu dari masa lalu ke masa depan yang sangat jauh sekali berbeda. Selain itu, drama ini juga dipenuhi adegan kocak para karakternya.

11. Deep Rooted Tree (2011).

Drama Korea putra mahkota berbagai sumber

foto: imdb.com

Deep Rooted Tree cerita tentang kasus pembunuhan berseri yang terjadi selama pemerintahan Raja Sejong. Ketika Kang Chae-yoon menyelidiki kasus tersebut, kasus itu menjadi semakin mendekat pada akar masalahnya. Kang Chae-yoon atau yang dikenal sebagai Ddol-bok merupakan seorang mantan budak yang kemudian kembali ke istana dengan nama tersebut.

Saat ini, ia menjadi pengawal kerajaan dan seorang detektif. Saat kasus semakin jelas, ia mendapati dirinya terlibat dalam sebuah konspirasi rumit yang dilakukan oleh putra mahkota. Ia justru terlibat dalam sebuah persekongkolan yang rumit dan berskala besar di balik pembunuhan berseri tersebut.

(brl/red)