Brilio.net - Kehidupan remaja merupakan kehidupan tak begitu lama dan sekaligus tidak begitu singkat. Pada masa ini, banyak orang menyebutnya sebagai masa pencarian sekaligus masa emas seseorang untuk membentuk karakter dirinya.

Drama Korea berikut ini merupakan bergam cerita yang menimpa para remaja. Mulai dari kisah yang tersambung dengan berbagai kehidupan remaja maupun cerita fantasi yang melibatkan remaja sebagai karakter utama.

Drama-drama tersebut menjadi salah satu medium untuk melihat bagaimana kehidupan remaja dan bagaimana orang dewasa menanggapi masa tersebut dengan bijak.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (11/1), berikut 11 drama Korea remaja, All of Us Are Dead kisahkan zombi di sekolah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. All of Us Are Dead (2022).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Bagaimana jadinya jika sekelompok siswa terjebak di sebuah sekolah lantaran manusia zombi sedang mengepung mereka? Hal itulah yang akan menjadi tesis dasar dari drama Korea All of Us Are Dead. Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon Naver Now at Our School karya Joo Dong-geun yang pernah dipublikasikan pada 2009 dan 2011. Drama ini bakal menjadi drama thriller yang akan mengawali drama Korea Netflix pada 2022.

2. School 2021 (2021-2022).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

School 2021 menceritakan pertumbuhan, persahabatan, dan romansa anak berusia 18 tahun yang menghadapi masa depan yang tidak pasti. Kim Yo-han berperan sebagai Gong Ki-joon, mantan atlet Taekwondo yang harus menyerah pada mimpinya karena cedera parah pergelangan kakinya.

Selain itu, bisnis keluarga yang sudah dibangun bertahun-tahun tiba-tiba bangkrut. Suatu ketika, Ki-joon bertemu dengan Jung Young-joo, siswa pindahan yang ternyata punya masa lalu suram. Masa lalu Young-joo tersebut ternyata melibatkan Ki-joon dalam sebuah peristiwa rumit.

3. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

4. Extracurricular (2020).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Extracurricular mengisahkan sekelompok siswa sekolah menengah yang menjalankan sebuah bisnis ilegal. Semua bermula saat Oh Ji-soo menjalankan bisnis terlarang dan kemudian diketahui Bae Gyu-ri yang juga ingin bergabung menjalankan bisnis tersebut. Namun, semua berubah saat Seo Min-hee yang juga terlibat dalam bisnis itu ditangkap polisi. Bisnis yang awalnya menjadi jalan mereka mencari uang, mulai mengundang banyak petaka. Sejak itulah, petualangan siswa sekolah menengah ini dimulai.

5. Live On (2020).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci. Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

6. Extraordinary You (2019).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea yang mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

7. Beautiful World (2019).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Beautiful World berkisah tentang seorang remaja laki-laki yang terluka parah karena insiden kekerasan di sekolah dan keluarganya yang mencari kebenaran serta memperjuangkan keadilan atas namanya. Semua bermula saat Park Sun-ho, anak Park Moo-jin dan Kang In-ha mengalami kekerasan dan bullying di sekolahnya sampai membuat anak tersebut hampir bunuh diri dan terluka parah.

Moo-jin yang juga menjadi guru di sebuah sekolah menengah dan In-ha sebagai penjual roti segera melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib. Tak disangka, pelaku kekerasan tersebut adalah anak dari keluarga kaya dan juga ketua yayasan sekolah. Kedua orang tua Sun-ho berusaha keras agar kasus itu segera diproses dan menolak keinginan pihak sekolah untuk menutup kasus tersebut.

8. A Love So Beautiful (2019).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

A Love So Beautiful merupakan drama Korea yang diangkat dari serial drama Tiongkok dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan lima teman sekolah menengah yang tetap berteman hingga mereka semua dewasa. Shin Sol-i (So Joo-yeon ) yang berusia tujuh belas tahun adalah seorang siswi ceria dari SMA Chun Ji. Dia naksir sesama salah satu siswa di sekolah sekaligus tetangganya, Cha Heon (Kim Yo-han).

Sol-i berulang kali menyatakan cintanya kepada Cha Heon yang tampak jauh, tetapi sebenarnya canggung untuk mengungkapkan perasaannya. Woo Dae-seong (Yeo Hoe-Hyun), seorang perenang nasional, pindah ke Sekolah Menengah Chun Ji dan jatuh cinta dengan Shin Sol-i. Mereka kemudian terlibat dalam sebuah cinta segitiga anak SMA.

9. At Eighteen (2019).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

At Eighteen berkisah tentang Choi Joon-woo yang baru saja berusia 18 tahun dan telah terbiasa dengan kesepian. Ia tidak pandai mengekspresikan emosinya, tetapi ia punya sisi lain yang unik. Saat ia pindah ke sekolah baru, ia bertemu dengan Yoo Soo-bin, siswa top, tetapi hidupnya penuh aturan ibunya dan bermimpi untuk menjadi orang yang mandiri. Selain itu, Joon-woo juga bertemu dengan Ma Whi-young yang tampak sempurna dengan segala kehidupannya, tetapi nyatanya ia adalah orang yang sangat pemalu. Pertemuan tersebut membuang masing-masing orang tak lagi merasa sendiri dan menjadi teman yang saling membantu satu sama lain.

10. School 2017 (2017).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

School 2017 berkisah tentang kehidupan anak remaja SMA bernama Ra Eun-ho yang bercita-cita menjadi pembuat webtoon dan berjuang untuk bertahan hidup di sekolah. Sekolah tersebut menetapkan standar bahwa siswa terbaik adalah siswa yang memiliki nilai terbaik. Ra Eun-ho dan teman-temannya yang dianggap sebagai siswa yang buruk berusaha untuk membuktikan kesalahan anggapan tersebut dengan mencoba beragam hal yang mereka senangi.

11. Who Are You: School 2015 (2015).

Drama Korea remaja berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Who Are You: School 2015 Go Eun-byul dan Lee Eun-bi (keduanya diperankan oleh Kim So-hyun) saudara kembar identik yang sempat berpisah karena diadopsi keluarga lain ketika usia lima tahun. Eun-bi tinggal di Love House, sebuah panti asuhan di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan, tempat yang memandangnya sebagai sosok ibu. Namun, dia menyembunyikan fakta bahwa dia diintimidasi di sekolah oleh sekelompok gadis jahat yang dipimpin oleh Kang So-young dan para guru menutup mata seolah tidak mengetahui kejahatan tersebut.

Di sisi lain, Go Eun-byul belajar di Sekang High School, sekolah bergengsi dan menjadi swasta termahal di Seoul's Gangnam District. Mereka berdua punya kehidupan berbeda dan terkadang terhubung satu sama lain, baik di sekolah maupun saat mereka mau tidur di tempat tidurnya.

(brl/far)