Brilio.net - Sejak Netflix Korea mulai beroperasi pada 2016, layanan streaming dunia tersebut telah melakukan berbagai kerja sama dengan kantor televisi Korea Selatan. Hal ini memungkinkan Netflix menayangkan berbagai drama Korea atau film Korea yang cukup beragam tanpa harus memproduksi versi originalnya sendiri.

Drama-drama tersebut membentang dari berbagai tema dan genre. Namun, dari beragam genre tersebut, genre thriller dan romantis merupakan di antara genre yang menarik banyak perhatian.

Genre-genre tersebut berhasil menghadirkan cerita yang tak biasa dan banyak membuat penontonnya penasaran hingga akhir episode. Karena itu, tak jarang pula, para penggemar menginginkan drama favoritnya ada kelanjutannya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (13/1), berikut 13 drama Korea Netflix terbaik, hadirkan genre thriller hingga romantis.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Squid Game (2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan di beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini.

Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

2. My Name (2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

My Name mengisahkan upaya balas dendam Yoon Ji-woo yang diperankan Han So-hee saat ayahnya ditembak oleh orang tak dikenal saat ulang tahun ke-17. Ji-woo kemudian menjadi anak buah Choi Mu-jin yang juga pernah menjadi bos mafia ayahnya.

Di tempat tersebut, Ji-woo kemudian berlatih selama bertahun-tahun dan ia menjadi salah satu anggota perempuan terkuat di kelompok tersebut. Setelah itu, Ji-woo kemudian menyusup ke unit narkotika di lembaga kepolisian menjadi seorang detektif. Dari posisi tersebut, ia kemudian mencari siapa penembak ayahnya.

3. Hellbound (2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Hellbound mengisahkan sebuah sekte bernama Kebenaran Baru menjadi penentu dosa bagi banyak orang yang melakukan kesalahan. Orang yang berdosa tersebut akan segera didatangi oleh tiga makhluk supranatural yang didatangkan langsung dari neraka. Drama ini awalnya dibuka dengan adegan menegangkan dan kemudian berlanjut pada kisah lebih lanjut tentang sekte Kebenaran Baru.

4. Vincenzo (2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Vincenzo mengisahkan kehidupan Park Joo-hyung (Song Joong-Ki) yang diadopsi dan dikirim ke Italia. Ia kemudian tumbuh dewasa dan memiliki nama lain Vincenzo Casano. Joo-hyung kemudian menjadi pengacara handal yang membela kepentingan para mafia.

Karena itu, ia pun sering bertemu dengan musuh-musuh yang tak pernah ia duga. Saat memutuskan kembali ke Korea karena hidupnya semakin dipertaruhkan di Italia, ia pun tak bisa menghindarkan diri dari musuh yang sudah siap menyambutnya.

5. Sweet Home (2020-2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial drama yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan ini mengisahkan Cha Hyun-soo (Song Kang) yang hidup sebatang kara karena seluruh keluarganya tewas akibat kecelakaan. Hyun-soo harus pindah ke sebuah apartemen kumuh bernama Green Home.

Tanpa diduga, di apartemen tersebut ada sebuah monster yang mencoba untuk memusnahkan manusia. Hyun-soo dan penghuni lain mencoba melarikan diri dan berusaha selamat dari amukan monster tersebut. Walaupun tayang pada 20 Desember 2020, serial drama Sweet Home berhasil menjadi salah satu serial drama terlaris pada 2021. Drama ini berhasil mencatat 2,1 miliar tampilan bersih di seluruh dunia.

6. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha-Cha-Cha mengisahkan Yoon Hye-jin, seorang dokter gigi yang datang dari kota memutuskan untuk membuat klinik gigi di desa pelabuhan bernama Gongjin. Klinik tersebut berhasil dibuat berkat bantuan Hong Du-sik, seorang pemuda desa dengan berbagai pekerjaan yang sangat beragam.

Sejak pertemuan itu, mereka menjalin interaksi yang intens hingga mereka menjalin hubungan asmara. Selain menampilkan kisah cinta antara dua karakter utama tersebut, drama ini juga menampilkan suasana desa modern yang ada di pinggir pelabuhan. Warga desa sebagian besar bekerja sebagai nelayan dan menjadi buruh harian di pelabuhan di desa tersebut. Selain itu, drama ini juga menampilkan suasana guyub warga-warganya.

7. Start Up (2020).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Start-Up merupakan drama Korea yang mengisahkan Lembah Silikon fiksi di Korea Selatan yang disebut Sandbox. Drama ini fokus menceritakan kisah orang-orang yang bergelut di dunia startup yang saat ini digemari banyak orang.

Drama ini mengisahkan Seo Dal-mi, wanita muda yang cerdas dan penuh ambisi untuk mewujudkan mimpinya menjadi Steve Jobs Korea. Walaupun tak punya latar belakang yang mewah, ia punya semangat dan daya juang yang tinggi. Ia kemudian bertemu dengan Nam Do-san, pendiri Samsan Tech yang terkenal jenius matematika. Mereka kemudian bekerja bersama di Lembah Silikon dan saling jatuh cinta.

8. Run On (2020-2021).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Run On berkisah tentang Ki Seon-gyeom, seorang atlet lari cepat nasional yang selalu menang di urutan kedua. Ia tumbuh di sebuah keluarga yang sangat sibuk sehingga membuat hidupnya dilewati tanpa interaksi sosial. Ia kemudian bertemu dengan Oh Mi-joo, orang pertama yang dianggapnya sebagai teman sejati. Mi-joo adalah seorang yatim piatu yang bekerja sebagai penerjemah film dan berpikir bahwa dunia sangat keras. Mereka kemudian menjalani hari-hari bersama dan saling jatuh cinta. Walaupun begitu, hidup nyatanya lebih keras dari apa yang mereka bayangkan.

9. Crash Landing on You (2019).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing on You mengisahkan saat Yoon Se-ri, seorang pebisnis perempuan di bidang fesyen terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. Hal itu terjadi saat paralayang yang ia gunakan terbang tanpa kendali setelah diterpa badai angin yang cukup besar. Se-ri kemudian ditemukan oleh Kapten Ri Jeong-hyeok, seorang kapten tentara Korea Utara yang diam-diam menolong Se-ri.

Di tengah usaha tersebut, hubungan Kapten Jeong-hyeok dan Se-ri semakin erat dan punya perasaan khusus satu sama lain. Namun, hubungan dua negara Korea yang tak akur, membuat hubungan ini pun dianggap sulit untuk diteruskan.

10. Touch Your Heart (2019).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Touch Your Heart berkisah tentang Oh Yoon-seo yang terjebak hubungan skandal yang membuat kariernya turun seketika. Ia pun mencari cara untuk bisa kembali mendapatkan kepercayaan untuk bisa berakting kembali dalam dunia hiburan walaupun dikenal dengan kemampuan akting yang buruk. Sampai kemudian ia mendalami karakter yang akan diperankannya dengan menyamar dan bekerja sebagai sekretaris pengacara di sebuah firma hukum bersama Kwon Jung-rok.

Pekerjaan tersebut membuat Yoon-seo harus bekerja ekstra dengan Jung-rok yang dikenal sebagai pengacara yang perfeksionis. Hubungan yang awalnya berlangsung canggung tersebut perlahan mencair dan membuat hubungan mereka semakin dekat.

11. Don't Dare to Dream (2016).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Don't Dare to Dream atau yang berjudul Jealousy Incarnate ini mengisahkan cinta segitiga yang rumit antara Pyo Na-ri (Gong Hyo-jin), pembawa berita, Lee Hwa-shin (Jo Jung-suk), adalah rekan lama di stasiun penyiaran SBC, dan Go Jung-won (Go Kyung-pyo), pewaris chaebol dan teman dekat Hwa-shin. Walaupun begitu, ternyata kedekatan Hwa-shin dan Jung-won tak terbantahkan sehingga membuat mereka lebih sering bersama daripada mengejar perempuan yang mereka cintai. Hwa-shin dan Jung-won lebih memilih persahabatan mereka daripada cinta yang kemudian berpotensi membuat hubungan tersebut retak.

12. Oh My Ghost (2015).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Oh My Ghost mengisahkan Na Bong-sun, seorang asisten koki di Sun Restaurant dikenal sebagai seorang yang sangat pemalu dan bahkan tidak memiliki teman dekat. Bahkan, ia selalu ditegur saat pekerjaannya dianggap berantakan. Suatu hari, Bong-sun dirasuki oleh hantu perawan bernama Shin Soon-ae. Soon-ae percaya bahwa dendam kesumat akan hilang jika ia berhasil tak lagi menjadi gadis. Soon-ae pun menggunakan tubuh Bong-sun untuk melancarkan aksinya tersebut.

13. Reply 1988 (2015).

Drama Korea Netflix terbaik berbagai sumber

foto: imdb.com

Reply 1988 menjadi salah satu drama Korea bertema keluarga yang sangat disukai banyak orang. Reply 1988 mengisahkan persahabatan 5 orang remaja SMA yang sudah terjalin sejak kecil. Bahkan keluarga mereka pun ikut turut akrab karena hidup bertetangga. Kehidupan yang akrab tersebut terjalin sampai mereka dewasa dan berhasil menciptakan lingkungan yang suportif bagi tumbuh-kembang anak-anak remaja. Serial drama ini berhasil meraih poin tinggi di IMDb dengan raihan 9,1/10. Selain itu, seri pertama dari seri Reply ini merupakan yang paling populer dibandingkan sekuel selanjutnya seperti Reply 1994 dan Reply 1997.

(brl/lin)