Brilio.net - Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal, namun tidak sedikit orang yang harus banyak berusaha untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan.

Untuk bisa memiliki tubuh ideal, biasanya seseorang melakukan diet ketat. Rupanya diet ketat tak menjamin bisa cepat turunkan berat badan, harus ada usaha lain yaitu olahraga. Jenis olahraga beragam, ada yang bersifat kardio ada pula yang angkat beban. Namun, terkadang masih banyak masyarakat yang bingung, olahraga seperti apa yang cepat turunkan berat badan.

Dilansir brilio.net dari Pinkvilla, Senin (6/7) untuk yang tidak biasa berolahraga, kardio bisa jadi jenis latihan yang dapat meningkatkan detak jantung, termasuk berjalan, berlari, bersepeda, berenang, latihan ketahanan dan banyak lagi. Sementara latihan angkat beban membantu kamu mengembangkan kekuatan dan ukuran otot rangka. Keduanya membantu memperkuat otot dan mengencangkan tubuh.

Lantas dari keduanya, mana yang lebih banyak membakar kalori? Sebenarnya, jumlah kalori yang dibakar tergantung pada berat dan intensitas saat latihan. Misalnya berat kamu 73 kg dan berlari dengan kecepatan sedang selama 30 menit, kamu mungkin bisa membakar sekitar 250 kalori.

Tapi jika kamu berlari lebih cepat, mungkin membakar sekitar 365 kalori. Sedangkan, dengan latihan beban, kamu bisa membakar sekitar 130-220 kalori secara bersamaan.

Loading...

Sementara itu, ketika kamu melakukan latihan angkat beban kamu akan membentuk banyak otot. Dengan otot akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat, yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh saat istirahat. Metabolisme istirahat adalah tingkat di mana tubuh kamu membakar energi ketika sedang istirahat total.

Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang membakar lebih banyak kalori setelah sesi latihan beban dibandingkan dengan kalori yang terbakar setelah latihan kardio.

Namun sebenarnya, kedua jenis olahraga ini tidak bisa menghilangkan lemak dalam tubuh, tapi lebih untuk kesehatan jantung dan mempertahankan berat badan. Oleh sebab itu, diet konsisten perlu dilakukan agar mendapatkan tubuh ideal dan sehat.