Brilio.net - Beberapa wanita pasti mengalami permasalahan dalam menstruasi. Hal umum yang terjadi adalah perut kram. Ini hal yang tidak mengenakan bahkan banyak wanita yang tidak bisa melakukan aktivitas apapun ketika menstruasi datang.

Untuk menghilangkan rasa sakit biasanya banyak perempuan yang mengompres bagian perut dengan air hangat hingga minum ramuan pereda sakit. Sebenarnya, keram pada perut saat menstruasi adalah hal yang wajar, namun bila sudah sampai mengganggu aktivitas atau bahkan sampai pingsan lebih baik melakukan pemeriksaan ke dokter.

Untuk sementara mengatasi masalah menstruasi seperti perut kram dan siklus tidak teratur kamu bisa melakukan gerakan yoga untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut gerakan yoga yang bisa mengatasi masalah menstruasi seperti dilansir brilio.net dari Pinkvilla, Rabu (1/7).

1. Supta Baddha Konasana atau Supta Swastikasana.

Loading...

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gerakan yoga Asana ini dapat membantu merilekskan tubuh dan meredakan kram saat menstruasi. Ini juga dapat meningkatkan kesehatan reproduksi. Lakukan gerakan ini selama 3-5 menit.

2. Adho Mukha Virasana.

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Roads To Bliss

Gerakan ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan guling yang ditaruh secara vertikal di antara lutut. Saat haid, praktikan gerakan tersebut selama 2-3 menit.

3. Upavishta Konasana.

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gaya split dengan tangan di depan juga bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah menstruasi. Gunakan guling atau dinding untuk menopang seluruh punggung duduk di matras agar tulang belakang terangkat. Disarankan untuk melakukan pose ini selama 2-3 menit.

4. Adho Mukha Upavishta Konasana.

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/One Center Yoga

Untuk melakukan gerakan Adho Mukha Upavishta Konasana, kamu membutuhkan bantuan kursi. Letakkan posisi kursi di antara kedua kaki. Coba tarik napas dan hempaskan, pegang pad samping kursi dan sandarkan dahi pada kursi. Lakukan gerakan tersebut selama 2-3 menit.-5. Janu Sirasana.

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Kamu bisa melakukan pose ini persis seperti yang dilakukan tetapi dengan kursi atau guling.  Perlahan kamu coba untuk membungkuk ke depan untuk menyentuh lutut. Letakkan dahi kamu di atas kursi atau guling, tetap pada posisi horizontal. Lakukan gerakan yoga ini selama 1-2 menit di setiap sisi.-6. Savasana.

Pose yoga © 2020 brilio.net

foto: YouTube/Ellie Aaron

Pose savana atau corpse ini mengharuskan kamu terlentang dan bersantai. Buat diri kamu rileks, kemudian tekuk kaki dengan meletakkannya di kursi atau guling.-7. Supta Padangusthasana 2.

Pose yoga © 2020 brilio.net

-foto: YouTube/Yogasthali Yoga Societi

Gaya ini lebih difokuskan pada kaki, yakni untuk merilekskan bagian kaki. Caranya angkat kaki dengan menggunakan tali, lipat dan bentangkan kaki, lakukan di kedua sisi.-Selamat mencoba guys!-