Brilio.net - Olahraga jadi kegiatan yang wajib dilakukan setiap orang agar tubuh menjadi sehat. Jenis olahraga beragam, seperti lari, sepeda, workout, dan masih banyak lagi. Untuk memiliki tubuh yang sehat, paling tidak lakukan olahraga 3 kali dalam seminggu secara rutin.

Bagi para pemula yang akan melakukan olahraga, pasti banyak sekali kendala. Mulai dari sakit di bagian perut, pusing, mual, hingga muncul rasa ngantuk setelah berolahraga.

Ya, rasa ngantuk setelah olahraga sering sekali muncul. Hal itu dikarenakan tubuh memberi alarm bahwa ada yang tidak baik pada tubuhmu. Berikut tiga alasan sering munculnya rasa ngantuk setelah olahraga seperti dilansir Brilio.net dari purewow, Kamis (2/7).

1. Dehidrasi.

olaharaga © 2020 brilio.net

Loading...

olahraga-© pixabay

Seperti kita ketahui bahwa konsumsi air putih sangat penting untuk kesehatan. Sekurang-kurangnya dalam sehari tubuh kita membutuhkan 8 gelas atau setara dengan 2 liter air.

Hal itu juga berlaku saat olahraga. Apalagi saat olahraga tubuh membuang banyak keringat. Sehingga ketika kamu tidak cukup minum, tubuh akan mengalami dehidrasi.

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, melakukan riset dengan menguji suasana hati, konsentrasi dan keterampilan pada 25 wanita dengan diberikan minuman agar tetap terhidrasi secara normal. Hasilnya, saat tubuh terhidrasi, tubuh akan menjadi leih baik, kamu lebih fokus, suasana hati lebih tenang dan, pastinya terlihat lebih segar.

2. Kurang tidur.

olaharaga © 2020 brilio.net

olahraga-© pixabay

Kita dianjurkan tidur tepat waktu 6-8 jam sehari. Namun ketika kurang tidur dan tetap melakukan olahraga, kamu akan merasa lebih lelah dan mengantuk setelahnya. Hal itu disebabkan metabolisme tubuh tidak bekerja dengan baik.

Jadi sebaiknya, tak hanya saat mau olahraga, tapi usahakan tidur teratur setiap harinya agar metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Kurang tidur juga bisa meningkatkan berat badan, lho.

3. Tidak mengonsumsi makanan bergizi.

olaharaga © 2020 brilio.net

olahraga-© pixabay

Saat berolahraga, tubuh membutuhkan energi untuk membakar kalori. Oleh sebab itu, usahakan makan makanan rendah lemak setidaknya 3-4 jam sebelum mulai berolahraga.

Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Makanan bergizi lebih dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi dan juga makanan instan. Ketika kamu makan makanan yang tidak bergizi, tubuh akan mudah lelah dan muncul rasa ngantuk.