Brilio.net - Berolahraga jadi salah satu agenda yang menyenangkan untuk dilakukan. Membakar kalori dengan melakukan aktivitas fisik mampu membuat badan menjadi lebih bugar. Selain sehat, berolahraga juga sekaligus melepas penat setelah bekerja. Olahraga juga cocok banget jadi solusi agar kamu tetap bisa bahagia setelah menghadapi berbagai tekanan. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari berolahraga. Semua itu bisa kamu rasakan kalau melakukan dengan tepat. Maka penting banget nih untuk menjalankan olahraga yang benar agar tidak menimbulkan risiko berbahaya.

Perlu diingat, dalam melakukan olahraga jangan memaksakan diri untuk terlalu keras. Keringat yang bercucuran bukan jadi satu-satunya kadar kesuksesan dalam berolahraga. Lakukan secara perlahan dan sesuaikan dengan kemampuan badan. Apalagi kalau kamu sudah lama nggak berolahraga, nggak baik kalau langsung memaksakan diri. Nah maka dari itu kamu bisa melakukan olahraga dari yang sederhana kemudian berganti menjadi lebih berat secara perlahan.

Kalau kamu mau melakukan olahraga yang bisa dilakukan dengan sederhana bisa mencoba dengan push up dan sit up. Pasti kamu sudah nggak asing dong dengan olahraga yang satu ini. Sekilas tampak mudah untuk dilakukan, tapi sebenarnya memberikan banyak manfaat lho. Olahraga kekuatan otot ini juga cocok untuk menghindari berbagai penyakit dan juga cedera. Nah wajib banget nih kamu rutin melakukan push up dan sit up. Yuk simak apa saja manfaat yang bisa kamu dapat dari push up dan sit up. Berikut ulasan brilio.net pada Jumat (5/6) dari berbagai sumber.

1. Membakar kalori.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

Loading...

foto: freepik.com

Push up dan sit up menjadi olahraga yang bisa dilakukan di mana saja. Olaharaga ini juga cukup simpel karena tidak memerlukan banyak tempat dan peralatan. Makanya, seharusnya nggak ada alasan lagi kamu masih malas melakukan olahraga ini. Apalagi olahraga kekuatan ini juga ampuh untuk membakar kalori. Melakukan push up dapat membakar hingga 2 kalori dalam tubuh. Hal ini dapat dilakukan sebagai salah satu aktivitas fisik atau olahraga yang efektif dalam menjaga kesehatan.

2, Menjaga kesehatan jantung.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain membakar kalori, push up dan sit up juga baik untuk kesehatan jantung. Seperti yang kamu tahu penyakit yang menyerang jantung ada begitu banyak. Resikonya pun juga nggak kalah berbahaya untuk para penderitanya. Maka penting untuk kamu menjaga kesehatan jantung dari saat ini. Salah satunya dengan melakukan gerakan push up dan sit up sebelum tidur. Cara ini dapat meningkatkan proses pemompaan darah oleh jantung. Sehingga mampu menghilangkan plak yang menempel pada pembuluh darah dan tentunya membantu untuk kesehtan jantung.

3. Membentuk otot.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saat melakukan push up dan sit up kamu akan memberikan tekanan pada beberapa bagian tubuhmu. Tentu dengan begitu akan melatih otot tubuh menjadi lebih kuat. Gerakan push up lebih banyak menggunakan otot bagian atas tubuh, yaitu triceps (otot bagian luar lengan atas) dan dada. Meski hanya begitu push-up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya. Otot perut, punggung, dan tungkai juga akan ikut aktif ketika melakukan push up. Selain itu, sit up sebagai latihan otot-otot inti dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut, sehingga perut tampak lebih rata.

4. Mencegah cedera bahu.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Di balik gerakan push up dan sit up yang membuat berkeringat, ternyata olahraga ini juga bisa menjaga organ tubuhmu. Melakukan push up dan sit up dapat mencegah cedera bahu. Push up dan sit up yang dilakukan secara rutin bisa membuat kamu terhindar dari kasus cedera secara efektif. Gerakan push up dan sit up akan membuat otot-otot tubuh menjadi stabil.

5. Menjaga punggung bawah.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain mencegah cedera baru, rutin melakukan push up dan sit up juga sekaligus menjaga punggung bawah. Salah satu manfaat push up akan mendukung kekuatan otot primer dan sekunder yang ada pada bahu dan punggung bawah. Otot-otot primer dan sekunder akan mencegah terjadinya cedera atau mengurangi efek cedera pada bahu dan punggung bawah.

6. Memperbaiki mood.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau berolahraga mampu melepaskan stres yang ada di badan. Dengan melakukan aktivitas fisik ini kamu bisa mengembalikan lagi mood atau perasaan menjadi lebih baik. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan push up dan sit up sebelum tidur. Banyak penelitian membuktikan bahwa ketika kamu terbiasa push up dan sit up sebelum tidur, maka pada saat bangun tidur keesokan harinya, suasana hati akan terasa lebih bahagia. Dan yang pasti kamu juga bisa lebih sehat dan bersemangat dalam menyambut hari yang baru.

7. Memperbaiki postur tubuh.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Memiliki tubuh yang sehat tentu jadi harapan semua orang. Tapi nggak sedikit juga yang menginginkan postur tubuh yang ideal. Untuk mendapatkannya kamu bisa rutin melakukan push up dan sit up. Kamu bisa membuat jadwal tetap dalam melakukan olahraga ini. Sehingga kamu tetap bisa bekerja dan tidak melupakan agenda untuk melakukan push up dan sit up.

8. Mengurangi resiko osteoporosis.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang seseorang akan berubah. Hal ini bisa memberikan resiko terjadinya berbagai penyakit serius. Dan olahraga ringan yang dapat mempertahankan kekuatan tulang salah satunya adalah push up. Dengan bantuan asupan kalsium setiap harinya, tulang tidak akan mudah keropos atau mengalami osteoporosis. Tapi jangan lupa juga, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu juga perlu mengonsumsi nutrisi yang cukup setiap harinya ya.

9. Meningkatkan metabolisme.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Tubuh yang sehat akan memberikan banyak kebaikan dalam hidupmu. Begitu juga saat kamu melakukan push up dan sit up yang dapat melatih sistem kerja otot menjadi lebih baik. Hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik. Hal inilah yang menjadi manfaat push up dan sit up, yaitu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Metabolisme tubuh yang baik, membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang dengan cepat. Metabolisme yang lancar juga dapat menghindari diri kamu dari kegemukan karena bahan makanan yang masuk lambat diolah.

10. Memperbaiki keseimbangan tubuh.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Sit up menjadi olahraga yang melibatkan otot di bagian panggul, pinggang, dan perut. Cara ini menjadi solusi yang baik untuk memperbaiki keseimbangan tubuh. Pinggul sendiri merupakan salah satu bagian penyeimbang gerakan manusia. Maka nggak ada salahnya untuk kamu rajin dalam melakukan sit up.

11. Meningkatkan kepercayaan diri.

Manfaat push up dan sit up © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Setelah mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan ideal tentu akan meningkatkan rasa kepercayaan dirimu. Kepercayaan diri ini tidak hany di dapat dari tubuh yang tampak indah. Namun push up dan sit up juga memberikan pengaruh pada kesehatan mentalmu. Maka kamu akan lebih siap dan tenang dalam menghadapi berbagai tantangan baru setiap harinya.