×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ukur tingkat kesehatan dari jumlah push up yang bisa kamu lakukan

View Image

0

BRILIO » Wow

Ukur tingkat kesehatan dari jumlah push up yang bisa kamu lakukan

foto: pixabay.com

Push up memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

02 / 03 / 2019 08:52

Brilio.net - Hidup sehat merupakan impian bagi hampir semua orang. Seperti yang kita ketahui bahwa kesehatan merupakan aset yang paling berharga dan perlu dijaga, salah satu caranya dengan berolahraga secara rutin. Misalnya saja dengan rajin push up. Meski push up memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh, namun olahraga satu ini kerap dilewatkan oleh banyak orang. Mereka lebih memilih untuk melakukan beberapa jenis olahraga lainnya seperti lari dan sebagainya.

Push up merupakan olahraga yang berfungsi untuk mengencangkan otot dada. Manfaat dari push up ini sangat besar. Tak semua orang menyadarinya bahwa push up dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membuat hidup lebih panjang, terutama bagi pria dewasa. Penelitian menjukkan bahwa push memiliki manfaat yang begitu besar untuk kesehatan jantung di masa akan datang.

Menurut The New York Times, di mana dari hasil penelitian yang mereka lakukan ternyata ada batasan untuk jumlah push up yang harus dilakukan. Setidaknya push up yang dilakukan 40 kali secara rutin. Maka bisa dipastikan pria tersebut jauh lebih kecil kemungkinan memiliki masalah jantung di kemudian hari, dibanding pria yang hanya bisa melakukan 10 kali atau kurang dari jumlah tersebut.

"Penemuan kami membuktikan bahwa push up bisa menjadi metode yang mudah dan tidak berbiaya untuk membantu memeriksa adanya tanda penyakit kardiovaskular dalam hampir segala situasi," kata penulis studi, Justin Yang.

Penelitian yang dilakukan ternyata cukup mengejutkan, di mana kapasitas push up ternyata lebih terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular ketimbang tes treadmill. Harvard, Universitas Indiana, dan lembaga-lembaga lainnya melakukan penelitian dengan mengambil data kesehatan dari sekitar 1.500 petugas pemadam kebakaran Indiana. Karena petugas pemadaman rata-rata adalah laki-laki, maka merek fokus untuk melakukan penelitian pada laki-laki saja.

Loading...

Petugas pemadam kebakaran tersebut harus menjalani pemeriksaan medis tahunan, pemeriksaan tersebut termasuk uji push up. Di mana setiap anggota pemadam kebakaran harus melakukan push up sebanyak yang yang mereka bisa, hingga maksimal 80 kali push up.

Selama masa studi satu dekade tersebut, ada 37 orang yang dilaporkan memiliki penyakit kardiovaskular. Para pria tersebut adalah mereka yang melakukan push up sebanyak 40 kali atau kurang selama latihan dasar. Dari hasil penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa pria yang bisa melakukan lebih dari 40 push up mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 96 persen.

Siapa sangka dengan hanya rutin melakukan push up saja orang bisa terhindar dari penyakit jantung. Jika dibandingkan dengan treadmill push up jelas lebih murah karena tak membutuhkan peralatan khusus dan mahal. Dari hasil peneliti yang dilakukan, push up mampu bekerja dengan baik sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan jantung.

Seperti yang diketahui bahwa kardiovaskular adalah penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia dan menjadi penyakit yang begitu dikhawatirkan banyak orang. Jadi dengan adanya penelitian ini, membuka jalan baru bagi kita semua untuk bisa menjaga kesehatan dengan cara sederhana dan murah. Push up secara rutin dan lakukan sebanyak mungkin, seperti yang dikatakan oleh para peneliti, agar dapat menjaga kesehatan jantung.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    100%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more