1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Vindiasari Putri 02 Januari 2017 23:05

8 Cara sederhana ini bisa detok tubuhmu, kudu dicoba nih

Tak perlu melakukan perawatan khusus untuk mengembalikan dirimu kembali sehat.

Brilio.net - Tak dipungkiri aktivitas sehari-hari bisa membuatmu melalaikan pola hidup sehat. Dengan alasan, tidak memiliki waktu atau padatnya aktivitasmu. Hayo ngaku siapa yang suka begitu?

Kebiasaan yang cenderung tak terkontrol hingga berujung kurangnya istirahat membuat kamu bisa terjerumus pada penyakit. Banyak zat tak baik ataupun racun yang menumpuk di tubuhmu. Imbasnya, tentu sistem kesehatan dalam tubuhmu akan terganggu.

Kondisi tubuhmu pun tidak sesehat dan sebugar biasanya. Tenang, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan delapan cara sederhana untuk mendetoks atau mengembalikan kondisi tubuhmu.

Brilio.net dikutip dari berbagai laman, Senin (2/1), berikut delapan cara sederhana yang bisa detoks tubuhmu. Kamu kudu coba nih!

1. Kurangi konsumsi gula.

foto: shape.com

Kebiasaan sering mengonsumsi gula berlebih ini sebaiknya mulai kamu hentikan. Terlalu banyak kadar glukosa dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit gula, diabetes, ataupun kanker. Dengan begitu, kerja dari organ ginjal maupun pankreasmu pun jadi terforsir.

Nah, kamu sebaiknya mengurangi gula agar kerja dari hati dan pankreas bisa mencerna racun bisa maksimal.

2. Perbanyak minum air putih.

foto: shape.com

Tubuh kamu membutuhkan asupan air untuk menyeimbangkan sistem pencernaan. Air putih dipercaya mampu mengalirkan dan membersihkan sistem pencernaan, serta membawa zat-zat buruk termasuk racun dalam tubuhmu. Kemudian dikeluarkan melalui keringat maupun urin.

3. Gerakkan badanmu.

foto: shape.com

Ayo buat badanmu bergerak. Biarkan tubuhmu mengeluarkan keringat agar racun dalam tubuhmu hilang. Selain itu, dengan melakukan latihan rutin akan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuhmu. Sehat sehat sehat deh!

4. Minum teh.

foto: shape.com

Minum teh memang dianjurkan agar tubuhmu dapat terdetoks secara alami. Kandungan antioksidan dalam teh dipercaya mampu melawan radikal bebas yang masuk pada tubuhmu.

5. Makan makanan organik.

foto: shape.com

Tak diragukan lagi, mengonsumsi makanan organik dipercaya mampu memberikan manfaat positif bagi tubuh. Kandungan vitamin dan tentunya antioksidan mampu membantu tubuhmu mendetoks lebih baik dibandingkan dengan tidak makan makanan organik.

6. Minum jus buah.

Kalau nggak suka makan sayur dan buah organik langsung, kamu bisa membuatnya menjadi jus. Sehat itu mudah kok!

7. Sesekali sauna.

foto: shape.com

Forbes Riley, seorang pakar kesehatan dari SpinGym mengungkapkan bahwa lewat sauna. Tubuh kamu akan merasakan suasana tenang dengan sajian suhu yang panas. Di mana keringat kamu akan bercucuran akibat proses tersebut. Detoksifikasi terjadi melalui keringat yang keluar. Selain itu sauna dipercaya mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

8. Mandi dan lulur.

foto: shape.com

Kulit adalah organ yang paling luas dalam tubuh. Kulit menjadi sarana untuk mengeluarkan racun paling efektif. Oleh sebab itu, pastikan sebelum mandi, kulit kamu bersih. Dengan cara menyikat lembut permukaan kulit bersihkan kulit. Orang biasa menyebutnya dengan luluran.

Luluran dipercaya mampu meremajakan kulit, selain itu juga mampu menghilangkan sel kulit mati. Dengan begitu, proses detoks akan lancar tanpa hambatan.

(brl/swh)

Micin Bikin Bodoh (?)
Apa iya micin bikin kamu bodoh

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?