1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Rizky Mandasari 15 Desember 2016 22:02

Ini alasan kenapa gigi susu nggak boleh kamu buang setelah copot

Sepele sebenarnya, tapi ternyata manfaatnya sangat besar dan berguna bagi kehidupan.
foto: davidwolfe.com

Brilio.net - Sewaktu kecil, pasti kamu suka kan ngumpulin gigi susumu yang copot? Disimpan di bawah bantal pas tidur, berharap si peri gigi datang buat menukar gigi susumu dengan sejumlah uang. Untung saja itu hanya akal-akalan orangtua kita supaya kita nggak nangis karena kehilangan gigi dan jadi ompong. Padahal sebenarnya yang menukarkan gigi susu saat kita tidur, ya orangtua kita sendiri.

foto: davidwolfe.com


Baru-baru ini, para dokter dan ahli mengimbau untuk tetap menyimpan gigi susu yang sudah copot. Kini para dokter dan ahli sudah mampu mengekstrak sel induk yang ada pada gigi susu. Perlu kamu tahu juga, kalau sel induk atau stem cell diketahui berasal dari tali pusar kita saat bayi dan sumsum tulang. Jadi, stem cell atau sel induk nggak cuma ada di tali pusar ya, tapi juga ada pada gigi susu yang ikut membawa sel-sel induk yang berharga itu.

foto: viral4real.com


Emang fungsinya apaan sih?

Nah, stem cell atau sel induk ini ternyata membawa segudang manfaat lho. Kalau saja di kemudian hari, seorang anak butuh jaringan pengganti ketika terjadi sesuatu dengan tubuhnya, sel induk atau stem cell dari gigi susu mereka dapat digunakan untuk menumbuhkan jaringan yang diperlukan bagi tubuh. Brilian bukan? Dengan menyimpan gigi susu anak bisa menyelamatkan nyawa dan mengobati berbagai penyakit seperti brilio.net lansir dari viral4real, Kamis (15/12).

Pasti pada bertanya-tanya kan, apa itu sel induk atau stem cell? Sering dengar tapi kurang paham gunanya untuk apa kan?

BRILIO VIDEO

MAKMUR Ep1 - Nasi Goreng
MAKMUR "Perut Kenyang, Dompet Senang" Alias MAKan MURah! Ini adalah sebuah series untuk menguak tempat makan seru dan enak dengan harga di bawah 20.000 IDR! Dijamin pas buat kalian kalian yang suka kuliner ataupun lagi bokek di akhir bulan! Yuk ikutin review dari kita! Episode kali ini, MAKMUR akan coba nyari nasi goreng enak di bawah 20.000 IDR di Jakarta! Mau tau nasi goreng apa aja yang kita cobain? Tonton videonya! #MAKMURBrilio ---- Tonton juga video lainnya dari Brilio channel: Brilio Video Indonesia https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w Brilio English Video https://www.youtube.com/channel/UCXcS_QO4A8YJ44frv9Np1_Q Part of Brilio Brilicious Production ---- SUBSCRIBE https://www.youtube.com/channel/UCjRH2OCntkHDJi0kIX3DZ3w WEBSITE: http://brilio.net FACEBOOK: https://www.facebook.com/BrilioVideoIndonesia/ TWITTER: https://twitter.com/brilionet?lang=id INSTAGRAM: https://www.instagram.com/brilionet/ ---- LOKASI Nasi Goreng MAFIA Jl. Tebet Raya No.27 D, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, RT.1/RW.2, Tebet Tim., Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12820 https://www.nasgormafia.com/ Panda XO @ FoodLab Jl. Kapten Tendean No.41, RT.2/RW.3, Kuningan Bar., Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710 Nasi Goreng Bhakti Jl. Bhakti Blok S, Kebayoran Baru, RT.11/RW.1, Rw. Bar., Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12180

foto: davidwolfe.com


Secara umum, dokter dan pasien percaya bahwa sel induk atau stem cell adalah obat di masa depan. Para ahli mengatakan bahwa sel induk atau stem cell adalah tubuh kita sendiri dan bisa memperbaiki jaringan yang ada pada tubuh kita. Stem cell merupakan pluripotent, yang artinya mereka bisa berubah menjadi semua sel yang ada di dalam tubuh kita. Ketika terjadi sesuatu pada tubuh kita, bisa disembuhkan dengan menggunakan stem cell atau sel induk. Ketika hal buruk terjadi, kamu nggak perlu donor untuk mentransplantasi organ yang rusak.

Berikut video lengkap tentang kegunaan stem cell atau sel induk:

Nah, sudah mengerti kan kenapa gigi susu yang sudah copot nggak boleh dibuang?

 

 

(brl/gib)

YOU MAY ALSO LIKE

Pantai Kasap, Raja Ampat From Java
Pantai Kasap, atau sering dijuluki sebagai Raja Ampatnya Pulau Jawa ini terletak di Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini juga salah satu pantai yang bisa banget untuk dijadikan destinasi wisata kalian, lho! Yuk, saksikan keindahannya hanya di Brilio.net!
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Ini alasan kenapa gigi susu nggak boleh kamu buang setelah copot.
Sepele sebenarnya, tapi ternyata manfaatnya sangat besar dan berguna bagi kehidupan.
https://www.brilio.net/kesehatan/ini-alasan-kenapa-gigi-susu-nggak-boleh-kamu-buang-setelah-copot-161215k.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?