Brilio.net - Seorang pria asal Amerika Serikat, Brandon  Douglas, mengunggah video yang bikin kaget netizen di saluran YouTube. Video berdurasi 30 detik tersebut memperlihatkan aksi Douglas menarik saliva stone atau batu di kelenjar ludah.

batu di kelenjar ludah © 2016 brilio.net



Dikutip brilio.net dari laman Asiantown dan Dailymail, Rabu (14/9), anggota Angkatan Laut Amerika yang ditempatkan di Bahrain itu awalnya merasakan sakit di mulutnya dan ada sesuatu yang keras di rahang bawah selama sekitar lima hari. Selain itu Douglas juga merasakan ada pembengkakan tepat berada di bawah lidahnya.

batu di kelenjar ludah © 2016 brilio.net



Dokter gigi menyebutkan kemungkinan adalah batu. Empat hari kemudian Douglas memutuskan untuk menarik benda itu keluar. Usai sarapan, ia merasa sesuatu mencuat di mulutnya dan memutuskan untuk mengambilnya. Ia lalu berlari ke kamar mandi sambil membawa ponsel untuk merekam apa yang terjadi.

batu di kelenjar ludah © 2016 brilio.net



Video yang Douglas rekam dimulai dengan menunjukkan saat ia membuka mulut dan mengangkat lidah. Tak disangka rupanya tampak sesuatu berwarna putih nanah mencuat di submandibular (di bawah lekuk rahang). Perlahan, Douglas mendorong benda itu keluar dengan gerakan lidahnya ke arah langit-langit mulut. Setelah keluar, batu dari kelenjar ludah muncul dengan panjang sekitar satu setengah inci atau hampir empat sentimeter.

batu di kelenjar ludah © 2016 brilio.net



Menurut informasi dari Alodokter, salivary stone atau batu di kelenjar ludah (sialoliths) disebabkan oleh penumpukan zat yang terkandung dalam air liur (seperti kalsium). Batu ini menyumbat aliran air liur ke mulut dan membuat kelenjar ludah membengkak dan rasa nyeri. Gejala umum ketika batu yang sudah menyumbat total adalah rasa nyeri yang tajam dan mendadak setelah makan.

batu di kelenjar ludah © 2016 brilio.net



Berikut videonya: