Brilio.net - Gigi manusia menyimpan lebih banyak rahasia dan keunikan dari yang kita pikirkan. Nggak hanya digunakan sebagai fungsi pengunyah, gigi juga membantu lancarnya sistem pencernaan di tahap awal.

Selain itu, gigi juga punya fakta menarik lainnya. Apa saja ya? Dilansir brilio.net dari Genius Beauty, Selasa (23/6), dokter gigi di Amerika telah memilih 10 fakta berkaitan dengan gigi dan mulut.

1. Gigi sudah terbentuk sebelum bayi dilahirkan

Gigi molar mulai terbentuk bahkan sebelum orang dilahirkan dan tetap terbentuk setelah keluarnya gigi susu. Segala sesuatu yang dikonsumsi ibu hamil akan memiliki dampak langsung pada kesehatan gigi geraham depan si anak.

2. Jaringan terkeras dari tubuh manusia

Loading...

Kalau selama ini kamu berpikir tulang kita lebih keras dari gigi, kamu salah. Pasalnya gigi merupakan jaringan terkeras dari tubuh manusia. Bahkan lebih keras dibandingkan tulang. Tak hanya itu, enamel juga memiliki kandungan mineralnya mencapai 96%.

3. Menggigit kuku akan merusak gigi

Sudah waktunya untuk meninggalkan kebiasaan menggigit kuku. Karena kebiasaan menggigit kuku membuat terjadinya gesekan langsung di antara gigi yang justru akan merusaknya.

4. Gula adalah musuh utama gigi

Makanan yang manis, makanan yang mengandung asam ternyata bisa merusak gigi kamu. Permen asam, soft drink, bisa membuat lapisan enamel gigi kamu menjadi erosi.

5. Gigi kurang putih bukan berarti nggak sehat

Gigi memiliki warna alami yang tidak terlalu putih. Tapi banyak orang yang terobsesi punya gigi putih bak salju. Padahal sebenarnya warna alami gigi yang kamu punya dan keseimbangan antara dua warna adalah kunci untuk senyum yang menarik.

6. Gigi terbentuk melalui tiga tahap

Selama pertumbuhan, gigi melewati tiga tahap. Awalnya, terbentuknya gusi kemudian terbentuk mahkota gigi dan setelah itu akar gigi yang menempel pada rahang.

7. Masalah rongga mulut bisa dipengaruhi oleh gen

Kamu bisa mewarisi masalah dengan rongga mulut dari orang tua bahkan mungkin mulai kehilangan gigi yang sama. Misalnya terkait waktu lepasnya gigi atau bentuk susunan gigi turut dipengaruhi oleh faktor keturunan.

8. Gigi geraham paling belakang nggak semua orang memilikinya

Gigi geraham ini kadang menimbulkan masalah seperti menyundul gigi di depannya sehingga tumbuh nggak sempurna. Akibatnya banyak yang memutuskan mencabut gigi belakang. Namun ada sebagian orang yang ternyata nggak memilikinya.

9. Gigi geraham paling cepat aus

Pasalnya, gigi ini adalah yang bekerja keras untuk mengunyah dari makanan yang lembut sampai padat. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih dahulu kehilangan gigi ini ketimbang gigi bagian depan.

10. Kamu bisa kehilangan gigi pada usia berapa pun

Beberapa individu tertentu memang lahir dengan gigi yang tidak sempurna. Yang sering kali tidak sama pada setiap orang adalah gigi bungsu yang tumbuh terakhir. Akan tetapi, sering kali penyebab kehilangan gigi kamu adalah penyakit pada gusi dan karies.

BACA JUGA:

Facebook ternyata lebih memahami karaktermu daripada sahabatmu, ironis!

Pakai nama samaran atau alay di Facebook, siap-siaplah diblokir

Kepribadian kamu bisa dilihat dari status Facebookmu lho

Pasangan ini menikah usai kenalan di grup biro jodoh Facebook

Status balasan Facebook ibu-anak penyandang lupus membuat nelangsa

Twitter bisa memprediksi kapan kamu sakit

Lebih banyak mana follower kamu dengan follower Twitter 4 hewan ini?