1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Karina Ayu Pradita 28 Desember 2016 06:09

5 Alasan kenapa kamu susah gemuk meski porsi makanmu banyak

Beberapa temanmu pasti ada yang punya masalah seperti ini. Udah kurus, pengen gemuk, banyak makan, tapi tetep aja kurus.
foto: yurielkaim.com

Brilio.net - Sesekali, beberapa di antara kamu pasti merasa 'kenapa kok sudah makan banyak, tapi tetap tak bisa gemuk juga'. Kamu menyadari atau tidak?

Ternyata, terkadang makanan yang kamu makan itu tak berkalori, alhasil tak bisa menaikkan berat badanmu. Dan juga banyak alasan lainnya yang mendasari mengapa sih, meskipun kamu sudah makan banyak setiap hari, ngemil sana sini, tapi kamu nggak gemuk-gemuk juga.

Biar kamu nggak penasaran, yuk intip berapa alasan ilmiahnya di bawah ini seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (28/12).


1. Adanya gangguan metabolisme di tubuh.

foto: yurielkaim.com

Teorinya begini, seringkali orang yang berbadan kurus itu biasanya metabolismenya cepat. Jadi, mau seberapa banyak apapun ia makan, maka makanan-makanannya akan segera dibakar oleh tubuh agar menjadi energi.

Nah, karena itulah, sehingga membuat orang yang kurus meski pun sudah makan banyak tetap sulit untuk gemuk.


2. Kamu sudah banyak makan, tapi kalorinya masih kurang.

foto: i-want-to-break-free.org

Alasan yang satu ini terkadang dilupakan orang-orang. Beberapa makanan justru tidak akan bisa meningkatkan berat badan karena tidak mengandung kalori yang tinggi.

Padahal, kamu perlu memasukkan kalori ke tubuhmu untuk bisa memenuhi kebutuhan kalori tubuh per hari. Kalori ini berpengaruh terhadap bertambahnya berat badan, lho.


3. Komposisi menu makan tidak pas.

foto: hotelbeams.blogspot.com

Penyusunan menu makan atau menu diet harian sangatlah penting dalam menambah berat badan kamu, lho. Bisa jadi, kamu tidak juga gemuk karena kamu tidak mengonsumsi makanan yang bergizi.

Padahal untuk bisa membentuk otot sehingga badan menggemuk, komposisi menu makan yang pas sangat diperlukan.


4. Faktor genetik.

foto: perspective.3d.com

Coba deh, ingat-ingat lagi apakah seluruh keluargamu mempunyai badan kurus atau gemuk. Kalau sebagian besar berbadan kurus, berarti kamu perlu menerima bahwa kurusnya badanmu itu memang karena faktor genetik.

Biasanya faktor genetik tersebut juga membuat pencernaan pada orang tersebut menjadi sangat cepat. Atau pada kondisi yang berbeda, usus menyerap hanya sedikit makanan, walau pun ada banyak makanan yang masuk.


5. Karena stres.

foto: joycekayhamilton.com

Ada beberapa kasus yang menyebabkan mengapa kamu tak bisa gemuk meski banyak makan, salah satunya adalah masalah stres. Selain memengaruhi masalah psikologis, stres juga termasuk dalam salah satu masalah emosi.

Emosi kerap berpengaruh terhadap masalah fisik juga. Bahkan memengaruhi kinerja pencernaan juga.

 

 

(brl/gib)

BRILIO VIDEO

Alasan Badboy Lebih Menggoda dari Goodboy
Badboy memang cenderung bikin cewek klepek-klepek. Kenapa ya? Yuk simak penjelasannya dalam video Brilio.net berikut. -SUBSCRIBE- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?