Brilio.net - Jadi, kalau kamu belum tahu, kekurangan gizi atau malnutrisi merupakan gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi ini sangat penting agar tubuhmu dapat menjalankan fungsinya dengan baik lho, guys.

Malnutrisi tidak terjadi dalam satu atau dua hari, tapi terakumulasi selama periode yang lama. Tanda tubuh mengalami kekurangan gizi pun mungkin kamu tidak begitu menyadarinya.

Tanda-tanda tersebut biasanya sering kamu abaikan dan justru akan memperparah keadaanmu bila kamu tidak segera memperbaiki asupan gizimu. Nah, berikut ini adalah tanda-tanda kamu kekurangan gizi, yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (23/12):
 
 
1. Penurunan berat badan yang tak direncanakan

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: mememaker.net


Tanda paling umum yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang ia konsumsi bukanlah makanan yang sehat. Jadi tetap waspada ya, guys.


2. Gampang capek

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: memecrunch.com


Tidak melakukan apa-apa tapi kamu merasa mudah sekali lelah? Kamu harus berhati-hati karena mungkin itu bisa juga salah satu tanda kamu kekurangan asupan nutrisi yang membuatmu kurang gizi.


3. Konsentrasi menurun

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: pulsk.com


Logikanya ketika kamu kurang gizi, nutrisi yang harusnya disuplai ke otak juga berkurang. Hal tersebut dapat mempengaruhi daya konsentrasimu. Konsentrasimu akan menurun seiring berjalannya waktu.


4. Depresi

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: memegenerator.net


Ini yang menyeramkan. Depresi juga bisa jadi salah satu gejala bahwa kamu kekurangan gizi atau malnutrisi. Jadi sebelum sampai depresi, perbaiki gizimu dulu ya, guys.


5. Tidak mampu menjalankan tugas yang biasa dikerjakan

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: aak-share.com


Poin nomor lima ini berkaitan dengan poin nomor dua dan tiga ya, guys. Bila kamu kekurangan nutrisi kamu bisa gampang lelah, kekurangan nutrisi, dan pada akhirnya nanti kamu tidak mampu menjalankan tugas yang padahal tugas tersebut biasa kamu kerjakan.


6. Mudah terkena infeksi karena penurunan sistem kekebalan tubuh

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi foto: diamonita.blogspot.com

Karena kekurangan gizi, nutrisi yang harusnya disuplai ke seluruh tubuh pun menjadi berkurang. Alhasil, kamu jadi gampang sakit karena sistem kekebalan tubuhmu yang menurun.


7. Proses penyembuhan luka lambat

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi foto: tipsncara.com

Ini juga salah satu tanda yang bisa berarti kamu mengalami kekurangan gizi bila kamu terlambat dalam proses penyembuhan luka. Luka akan sembuh sendirinya dengan nutrisi yang baik. Tapi juga luka di tubuhmu terus memburuk dan lambat penyembuhannya, kamu harus mulai untuk memperbaiki asupan gizimu deh!


8. Mudah kedinginan

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: memegenerator.net


Karena nutrisi yang kurang, metabolisme tubuh pun menjadi terganggu. Salah satu fungsi metabolisme adalah menghasilkan panas tubuh. Bila metabolisme terganggu, panas tubuh pun tak bisa sempurna dihasilkan, hasilnya kamu jadi gampang kedinginan.


9. Perubahan mood atau suasana hati

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi foto: kaskus.co.id

Kekurangan nutrisi juga dapat mempengaruhi perubahan suasana hati karena ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang bisa membuat mood berubah-ubah.


10. Kehilangan selera makan

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi foto: sapujagat.com

Salah satu faktor lain yang dapat menjadi tanda bahwa kamu kekurangan gizi adalah kehilangan selera makan. Kamu lapar, tapi kamu malas makan? Wah, hati-hati malnutrisi, guys!


11. Mudah terjatuh karena otot melemah

Kalau kamu mengalami 11 gejala ini berarti kamu sedang kurang gizi
foto: merdeka.com


Malnutrisi juga akan mempengaruhi anggota gerakmu. Otot dan tulangmu akan kehilangan asupan nutrisi sehingga akan melemahkan fungsi gerak. Bisa jadi kamu mudah terjatuh nantinya.


Nah, sudah paham kan gejala-gejalanya apa saja yang kira-kira bisa menandakan kalau kamu sedang kurang gizi? Mulai sekarang, perbaiki pola hidupmu ya. Pilihlah selalu makanan yang sehat, olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Selamat mencoba hidup sehat ya!