Brilio.net - Memiliki kulit mulus dan sehat adalah dambaan setiap orang. Apalagi seiring bertambahnya usia, keriput dan noda hitam dengan mudah muncul di kulitmu.

Memang semakin menua, secara pasti tanda penuaan tak bisa dihindarkan. Kendati demikian, kamu masih bisa membuatnya kembali menjadi lebih baik. Kembali memiliki kulit semulus bayi bisa dilakukan dengan 8 kebiasaan simpel berikut ini.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (21/12) berikut 8 kebiasaan simpel yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kemulusan kulit bayi.

1. Mulailah dengan tidur yang cukup.

kulit semulus bayi © 2016 istimewafoto: quizony.com

Loading...

Waktu yang baik untuk meregenerasi kulit adalah saat tidur. Saat tidur kita seolah merasakan relaksasi di mana aliran oksigen dapat terangsang ke kulit saat tidur. Jika kamu ingin memiliki kulit semulus bayi, kamu sebaiknya mulai menerapkan tidur yang cukup. Kamu membutuhkan 7-8 jam untuk meregenerasi kulitmu. Jumlah tidur tersebut menurut penelitian dari Case Western Reserve University dapat berdampak pada fungsi kulit dan proses penuaan.

Jika kamu kekurangan waktu tidur, tentu bagian kulit akan langsung terlihat. Misalnya muncul kantung di bagian bawah mata. Merujuk pada publikasi dari The British Medical Journal, orang yang memiliki tidur yang cukup akan lebih menarik dan sehat.

2. Pastikan kulitmu dalam keadaan bersih sebelum tidur.

kulit semulus bayi © 2016 istimewafoto: dailymail.co.uk

Pastikan kamu terbiasa untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Hilangkan segala riasan yang menempel di kulit kamu. Pasalnya, jika riasan masih menempel kemudian kamu tidur, kulitmu akan kering. Kulit kering tersebut memicu ruam pada kulit cantikmu. Tak hanya itu, kesehatan bulu matamu juga terganggu lho.

Setiap sebelum tidur pastikan kamu mengoleskan produk yang mampu melembabkan kulit. Ingat poin pertama, tidur adalah waktu yang tepat untuk meregenarasi kulit.

3. Bergerak minimal 30 menit setiap hari.

kulit semulus bayi © 2016 istimewa

foto: readywomeninc.org

Dewasa ini, banyak di antara kamu yang jarang meluangkan waktu untuk berolahraga. Alasan yang digunakan pun banyak, mulai dari kurang waktu, malas, dan lain-lain. Yuk ubah kebiasaan burukmu, jika ingin mendapatkan kulit yang sehat.

Menurut sebuah penelitian terbaru, jika kamu meluangkan setidaknya 30 menit untuk berolahraga atau sekadar berjalan kaki. Hal tersebut akan membantu kamu memiliki umur lebih panjang 10 hingga 13 tahun. Kulit sehat dan berumur lebih panjang, siapa sih yang nggak mau?

4. Manajemen stres.

kulit semulus bayi © 2016 istimewafoto: vanpattenmedia.com

Pasti kamu pernah menemui, orang yang masih berusia muda tapi memiliki wajah lebih matang alias tua. Nah, bisa jadi orang tersebut terlalu memikirkan sesuatu hingga stres.

Stres menurut studi dari University of California jika dibiarkan akan memengaruhi kesehatanmu dan menjadikanmu terlihat lebih tua. Yuk kelola stres dan masalahmu! Rilekskan dirimu dengan kegiatan yang menyenangkan.

5. Gunakan tabir surya saat berpergian.

kulit semulus bayi © 2016 istimewafoto: depositphotos.com

Terik matahari kian hari semakin menyengat. Pastikan kamu melengkapinya dengan tameng tabir surya. Karena paparan matahari sangat berbahaya untuk kulit, terutama adanya sinar ultraviolet. Mulailah menggunakan tabir surya dengan SPF tinggi ketika akan melakukan aktivitas di luar ruangan.

6. Perhatikan nutrisi kulitmu.

kulit semulus bayi © 2016 istimewa

foto: chriskresser.com

Kulit juga butuh nutrisi lho, bukan hanya tubuh saja. Pastikan kamu mengetahui jenis kulitmu, sehingga tahu kamu butuh apa saja. Misalnya kulit kering, maka kamu membutuhkan pelembab yang mampu menjaga kelembaban kulitmu.

7. Kurangi atau hindari minuman bersoda.

kulit semulus bayi © 2016 istimewa

foto: buildhealthykids.com

Gula dan kalori tinggi yang terkandung dalam minuman bersoda akan mempercepat proses penuaan. Salah satu studi yang dilakukan di University of California menunjukkan bahwa mengkonsumsi soda mempercepat proses penuaan dari DNA.

8. Jangan merokok.

kulit semulus bayi © 2016 istimewafoto: mangosalute.com

Kamu pasti tahu rokok itu banyak buruknya, tapi kamu masih suka merokok? Duh jangan diterusin deh! Rokok bukan hanya berdampak negatif pada organ dan tubuhmu, kulitmu pun dapat terpapar juga. Rokok yang kamu hisap itu bisa mempercepat proses penuaan. Lebih tepatnya oksigen enggan masuk ke kulitmu, kulitmu pun kekurangan nutrisi. Hmmmm nggak mau kan?

Itu dia delapan kebiasaan simpel yang bisa kamu terapkan mulai saat ini. Tunggu apalagi?