1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Vindiasari Putri 08 Desember 2016 10:31

6 Cara ini bisa bikin perutmu nggak kembung, terapin yuk!

Jangan sampai perut kembung terus mengintai keseharianmu.
foto: davidwolfe.com

Brilio.net - Kamu sering mengalami perut kembung? Kamu sebaiknya merapat dan menyimak artikel ini sampai selesai.

Perut terasa kembung bukanlah keadaan yang mengenakkan. Perut seolah terisi angin sehingga terasa penuh. Keadaan tersebut kerap kali mengganggu aktivitasmu. Produktivitasmu pun menurun karenanya.

Jangan sampai perut kembung terus mengintai keseharianmu. Kamu bisa mengurangi perut kembung dengan melakukan beberapa cara berikut, sebagaimana dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (8/12):

1. Mengurangi produk rendah gula.

foto: agefoundation.com

Produk berlabel rendah gula marak muncul di tengah persaingan produk makanan maupun minuman. Sebaiknya kamu mengurangi konsumsi gula, pasalnya gula buatan yang terkandung dalam produk tersebut nggak mudah dicerna. Oleh sebab itu, jika kamu mengurangi konsumsi gula akan sangat mengurangi kembung di perutmu.

Kamu juga perlu menghindari minuman bersoda maupun permen karet. Minuman bersoda tentu mengandung "udara" yang lebih banyak, sedangkan jika kamu mengunyah permen karet, kemungkinan udara masuk lebih banyak. Kembungmu pun akan semakin bertambah.

2. Makan secara pelan-pelan.

foto: servingjoy.com

Jika kamu nggak ingin perut mengalami kembung, saat makan pastikan kamu mengunyahnya dengan nggak tergesa-gesa. Pastikan juga makananmu terkunyah sampai halus. Dengan demikian, proses pencernaan selanjutnya akan lebih terbantu.

Makan terburu-buru menyebabkan adanya inflamasi atau peradangan pada saluran pencernaan. Mengunyah makanan secara perlahan akan mengaktifkan produksi air liur dan enzim amilase yang membantu proses pencernaan makanan.

3. Perhatikan makanan, khususnya sayur mentah.

foto: offthegridnews.com

Sayuran memang baik untuk tubuhmu, tapi tunggu dulu. Merujuk penelitian dari The University of Chicago, banyak jenis sayuran yang memiliki kandungan pati. Kandungan pati tersebut cenderung memicu terjadinya kembung.

Sayuran mentah cenderung sulit dicerna, oleh sebab itu sebaiknya kamu merebus atau memasak sayuranmu terlebih dahulu. Cara tersebut dapat membantu perut kembungmu.

4. Jangan stres, rilekskan dirimu.

foto: vidahealth.org

Stres bisa menjadi salah satu penyebab kamu mengalami kembung. Oleh sebab itu, pastikan kamu nggak mengalami stres. Khawatir dan memikirkan sebuah hal secara berlebihan dapat memengaruhi kondisi pencernaanmu. Dengan demikian, pastikan dirimu merasa nyaman dan rileks.

5. Olahraga rutin.

foto: healthowealth.com

Olahraga secara teratur dan rutin sangat disarankan. Olahraga rutin akan membantu tubuhmu terbiasa melakukan aktivitas fisik. Kurangnya aktivitas fisik membuatmu mudah terserang sembelit maupun perut kembung. Yuk, mulai sekarang mulai gerakkan badanmu.

6. Banyak minum air putih.

foto: wisegeek.com

Banyak minum air, terutama air putih dapat membantu mengurangi perut kembung. Adanya anggapan banyak minum akan membuat kembung adalah salah. Jika perutmu kembung sebaiknya kamu minum air mineral lebih banyak dari biasanya. Minum air mineral nggak secara bersamaan, tetapi diberi jangka waktu. Misal satu gelas dalam dua jam sekali.

 

(brl/tin)

BRILIO VIDEO

Alasan Badboy Lebih Menggoda dari Goodboy
Badboy memang cenderung bikin cewek klepek-klepek. Kenapa ya? Yuk simak penjelasannya dalam video Brilio.net berikut. -SUBSCRIBE- ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?