1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Kesehatan
Vindiasari Putri 06 Desember 2016 16:29

4 Posisi tidur ini bisa bantu sembuhkan sakit punggungmu, buktikan ya

Sakit punggung bikin orang susah beraktivitas dengan leluasa.
ilustrasi tidur. foto: istimewa

Brilio.net - Jika kamu pernah menderita sakit punggung, tentu tahu kalau rasanya sungguh menganggu. Kamu tidak bisa bergerak leluasa seperti biasanya. Aktivitasmu menjadi terbatas karena masalah punggung. Hal ini bisa terjadi akibat dari kebiasaan duduk yang salah, kerap mengangkat benda berat, terlalu lama duduk, bahkan karena kurang olahraga.

Semua penyebab bisa saja terjadi, kendati demikian kamu tak perlu khawatir. Kamu bisa menyembuhkan sakit punggungmu dengan memilih posisi tidur yang tepat. Merujuk pada laman lifehack yang dikutip brilio.net, Selasa (6/12), ada beberapa posisi tidur yang baik untuk kamu. Melalui posisi tidur yang tepat, bisa mengurangi nyeri yang diderita dan kemudian punggungmu akan terbiasa dan kembali sehat seperti semula. Nah, berikut 4 posisi tidur yang bisa bantu sembuhkan sakit punggung. Semoga berhasil ya!

1. Posisi tidur terlentang

foto: Cleveland Clinic

Posisi tidur terlentang memang tidak mudah membuat orang cepat tertidur. Namun demikian, posisi tidur tersebut sangat dianjurkan untuk kamu yang memiliki nyeri pada punggung. Posisi ini membuat anggota badan dari kepala hingga kaki dalam keadaan rileks.

Dengan posisi tersebut, tulang belakangmu akan menyesuaikan posisi kembali normal. Tulang belakangmu berada pada posisi netral di mana berat bebanmu merata dari kepala hingga kaki. Tidak ada satu titik tertentu yang memiliki beban berlebih. Dengan demikian, organ-organ dalam kamu pun dapat bekerja secara normal alias tidak memiliki beban kerja yang berat.

Jika kamu kesulitan memejamkan mata karena tidur dengan posisi terlentang, ada tips buat kamu. Sematkan sebuah bantal pada bagian bawah lututmu. Bantal tersebut mencegahmu untuk berguling ke kiri atau ke kanan. Kamu bisa menjaga posisi terbaik dalam menyelaraskan punggungmu.

2. Posisi miring kiri atau kanan.

foto: Cleveland Clinic

Tidur dengan posisi miring ke salah satu sisi memang jadi primadona bagi kebanyakan orang, akan tetapi ada yang perlu kamu perhatikan. Saat kamu mengalami sakit punggung, boleh saja tidur dengan menghadap salah satu sisi. Namun demikian, pastikan posisi tidurmu tidak mematung pada satu sisi terlalu lama. Menempel pada salah satu sisi dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot.

Keadaan tersebut juga berpengaruh pada tulang belakangmu lho! Posisi tidur menyamping dengan kaki menekuk dan menumpu pada satu sisi terlalu lama dapat membuat tulang punggungmu 'stres'. Untuk menjaga tulang punggung dalam keadaan baik, sebaiknya selipkan bantal di antara kedua sisi kakimu. Bantal yang apit tersebut dapat membantumu menyelaraskan pinggul dan panggulmu.

3. Tidur dengan posisi bantal yang sesuai.

foto: Cleveland Clinic

Tidur terlentang maupun menyamping tidak masalah buat penderita sakit punggung. Lalu kamu juga harus perhatikan posisi bantalmu. Posisi bantal sangat vital untuk diperhatikan. Pasalnya, posisi bantal adalah kunci untuk menjaga keselaran yang optimal antara otot punggung dan tulang belakang.

Posisi bantal yang tepat adalah diletakan pada kepala dan leher, bukan pada bahu. Pastikan kepala dan leher tidak tegang dengan memilih bantal yang tepat. Buat kamu yang lebih menyukai tidur menyamping, bantal berukuran tebal cocok untuk menyelaraskan posisi kepala leher dan punggungmu.

4. Posisi tidur menyesuaikan postur tubuhmu.

foto: Cleveland Clinic

Posisi tidur yang baik adalah posisi yang menyesuaikan postur tubuhmu. Kamu yang memiliki panggul dan pinggul yang lebar sebaiknya memilih kasur yang empuk atau lebih tebal. Sedangkan, kamu yang memiliki pinggul dan panggul sedang lebih membutuhkan kasur yang tidak terlalu empuk. Kasur tersebut membantu memberikan posisi tidur yang baik, di mana posisi punggungmu tetap terjaga seimbang.

Itu dia keempat posisi tidur yang bisa mengembalikan tulang punggungmu kembali normal. Selamat mencoba, semoga kamu kembali sehat dan hari-harimu kembali seperti sedia kala.

(brl/fen)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

4 Posisi tidur ini bisa bantu sembuhkan sakit punggungmu, buktikan ya.
Sakit punggung bikin orang susah beraktivitas dengan leluasa.
https://www.brilio.net/kesehatan/4-posisi-tidur-ini-bisa-bantu-sembuhkan-sakit-punggungmu-buktikan-ya-161206o.html
SEND

YOU MAY ALSO LIKE

BRILIO VIDEO

Gempa Dahsyat Runtuhkan Gedung gedung
Tampak orang-orang ketakutan berkumpul di luar gedung. -SUBSCRIBE- http://bit.ly/1S5PBgw -WEBSITE- http://brilio.net -FACEBOOK- http://bit.ly/1Uicrop ...

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?