Brilio.net - Kebiasaan kamu sehari-hari tentu sangat berpengaruh dengan kondisi badan dan kesehatan. Gejala yang kerap dirasakan oleh mereka yang padat aktivitasnya adalah sakit punggung. Sakit punggung sendiri tak mengenal usia lho. Bukan hanya menyerang orang yang sudah tua saja, namun anak muda pun bisa terkena sakit punggung.

Nah, kamu nggak mau-kan terkena sakit punggung? Makanya hindari 10 kebiasaan yang berhasil brilio.net rangkum berikut ini, Senin (9/11):

1. Duduk terlalu lama

foto: http://zonapos.tk
Terlalu lama duduk sering membuat punggung dan bahu kamu pegal bukan? Nah, sebaiknya jangan kamu biarkan terlalu lama duduk selama bekerja. Setiap setengah jam atau 1 jam sekali, kamu bisa selingi dengan berdiri kurang lebih 2 menit agar bahu dan punggung tetap rileks.

2. Terlalu lama memakai high heels

foto: elle.com
Pakai high heels memang bisa bikin postur tubuh lebih bagus. Tapi, nggak baik juga lho ladies buat punggung jika kamu tipe high heels addict.

Selain sakit punggung, menggunakan high helles sehari-hari selama berjam-jam juga bisa mengakibatkan disfungsi sendi. Wah, bahaya banget kan? Makanya, selingi dengan menggunakan sepatu flat atau sepatu dengan hak rendah agar nggak melulu pakai high heels.

3. Terlalu fokus dengan gadget

foto: http://www.newvision.co.ug
Saat ini, apalagi kaum muda sangat sulit dilepaskan dengan gadget. terlalu lama menunduk menggunakan gadget juga bisa berbahaya untuk kesehatan punggung kamu lho guys. Menunduk terlalu lama saat menggunakan gadget bisa membuat leher terasa nyeri, kemudian bisa menjalar sampai ke punggung. Sering ngalamin nggak?

4. Membawa tas terlalu berat

foto: http://id.theasianparent.com
Membawa beban terlalu berat juga nggak baik bagi kesehatan kamu. Tas yang muatannya terlalu banyak atau menggunakan tas dengan tumpuan di salah satu bahu saja bisa menyebabkan kamu mengalami sakit punggung dan mengganggu postur tubuh kamu guys.

5. Posisi duduk yang tidak nyaman

foto: giphy.com
Saat kamu bersandar di mobil, sofa atau kursi kerja pastikan dudukmu senyaman mungkin. Apakah kamu sudah bersandar dengan nyaman atau belum? Pastikan posisi dudukmu yang nyaman, dan sandaran pada kursimu itu tidak menyakitkan atau keras. Jika perlu bisa menempatkan bantal untuk sandaran agar punggung kamu nggak cepat merasa nyeri.

2 dari 2 halaman



6. Posisi tidur

foto: giphy.com
Tidur juga nggak bisa asal-asalan lho guys, posisi tidur yang salah bisa mengakibatkan sakit leher sampai sakit punggung. Nah, jika kamu sering merasakan sakit punggung coba deh kamu perhatikan posisi tidurmu.

7. Tempat tidur

foto: giphy.com
Kasur yang rusak atau sudah terlalu tua bikin nggak nyaman saat tidur kan? Memaksakan diri buat tidur di kasur atau tempat tidur yang nggak nyaman benar-benar nggak baik bagi kesehatan punggung kamu. Kalau sudah ngerasa nggak nyaman, segera ganti kasur kamu ya.

8. Menyilangkan kaki

foto: http://3.bp.blogspot.com
Kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk ternyata juga nggak baik bagi kesehatan, termasuk kesehatan punggung. kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk ini memang bikin duduk makin nyaman tapi sebaiknya kamu segera hentikan mulai sekarang. Satu kaki yang tertumpu di kaki lainnya ternyata memberikan tekanan-tekanan yang bisa merusak saraf. Hal ini bisa memicu sakit leher, hingga punggung.

9. Berdiri dengan tumpuan satu kaki

foto: https://thefancypantsreport.files.wordpress.com
Sama halnya dengan membawa tas pada salah satu bahu, berdiri dengan posisi satu kaki saja yang menjadi tumpuan juga nggak baik bagi kesehatan punggung dan bisa merusak postur tubuh kamu lho. Menumpukan beban pada salah satu sisi tubuh dapat membuat titik seimbang tubuhmu bergeser. Hal ini malah akan membuat kamu sakit punggung saja.

10. Stres

foto: giphy.com
Guys sebaiknya mulai sekarang kamu mulai peka dengan diri kamu. Jangan mengabaikan masalah-masalah yang datang, hingga memicu timbulnya stres. Stres yang berlebih bisa juga menyebabkan sakit punggung, hal ini dikarenakan saat stres otot-otot di tubuh kamu, terutama di bagian leher dan punggung ikut tegang dan tertarik. Duh...