Brilio.net - Keputihan adalah suatu hal yang biasa terjadi pada setiap wanita. Keputihan menjadi wajar dialami wanita sebelum dan sesudah menstruasi. Akan tetapi, ada pula wanita yang mengalami keputihan setiap hari.

Keputihan masih terbilang wajar atau normal ketika memiliki warna yang jernih, putih, dan tidak menyebabkan iritasi. Namun jika warnanya berubah, kental, kuning atau hijau, bahkan merah hingga hitam gelap itu menjadi tidak normal. Keputihan yang tidak normal akan memunculkan bau menyengat. Lebih parahnya lagi akan timbul infeksi yang akan menyebabkan rasa gatal dan iritasi.

Bukan cuma warna, keputihan harus dikontrol dari segi debit atau jumlah. Jika mengalami hal mencurigakan, ada baiknya periksakan kepada dokter. Selain konsultasi pada dokter, kamu juga bisa mencoba cara lainnya untuk mengurangi keputihan. Kamu bisa mengurangi keputihan menggunakan obat herbal atau bahan alami.

Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber mengenai bahan alami untuk mengurangi keputihan, Rabu (28/3).

1. Sumac.

Loading...

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: pixabay

Sumac adalah sejenis rempah-rempah yang bisanya banyak ada dari Timur Tengah dan Italia. Bumbu ini adalah obat tradisional untuk keputihan. Tanaman tersebut menawarkan antioksidan dan efek relaksasi otot. Sumac memiliki rasa asam seperti lemon. Kamu dapat mencampurkan sumac ke dalam menu hidangan.

2. Minyak zaitun.

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: pixabay

Zaitun biasa dianggap memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan. Dalam pengobatan tradisional Iran, minyak zaitun digunakan untuk mengurangi keputihan seperti lendir vagina. Caranya dengan mengonsumsi minyak zaitun, tambahkan minyak zaitun dalam makanan. Selain dengan cara dikonsumsi, kamu juga bisa menyeduh daun zaitun menjadi teh.

3. Kunyit.

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: pixabay

Kunyit memiliki kandungan zat antibakteri yang bagus untuk tubuh. Kunyit bisa membantu menghilangkan keputihan membandel pada miss V. Kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang telah diparut setiap hari. Untuk efek yang maksimal, kamu bisa meminumnya dua kali sehari.

4. Bawang putih.

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: pixabay

Sama seperti kunyit, bawang putih juga mengandung antibakteri yang bagus bagi tubuh. Bawang putih dijadikan bumbu sekaligus resep herbal turun temurun sejak dulu. Dengan mengonsumsi bawang putih secara rutin, keputihan dapat berkurang. Kamu bisa menjadikan bawang putih sebagai bumbu masakan setiap harinya.

5. Daun sirih.

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: pixabay

Untuk mengurangi keputihan yang berlebih, kamu bisa memanfaatkan daun sirih. Daun ini sudah terbukti memiliki efek untuk membersihkan area miss V. Daun sirih kaya akan antibakteri dan antijamur. Kamu hanya perlu merebus beberapa lembar daun sirih. Uapkan pada bagian miss V atau minum air rebusan daun sirih tersebut.

6. Daun sambiloto.

bahan alami mengurangi keputihan instagram

foto: wikipedia

Selain daun sirih, daun yang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh adalah daun sambiloto. Daun sambiloto dikenal sebagai bahan alami untuk mengurangi keputihan. Caranya rebus beberapa lembar daun sambiloto, kemudian tunggu sampai dingin. Setelah itu, kamu bisa meminum air rebusan daun sambiloto.