×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara mudah mengetahui gejala kanker payudara

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

5 Cara mudah mengetahui gejala kanker payudara

foto: thelist.com

Kanker payudara bisa menghampiri kaum pria juga, lho.

28 / 03 / 2019 11:02

Brilio.net - Kanker payudara bukanlah masalah ringan yang bisa diabaikan begitu saja. Topik mengenai kanker payudara merupakan topik paling serius yang benar-benar harus dipahami oleh setiap orang. Jika dilihat dari beberapa kasus yang pernah terjadi, kanker payudara menjadi salah satu penyebab utama dari tingginya angka kematian wanita.

Kanker payudara merupakan tumor ganas yang terbentuk di jaringan payudara. Tumor ganas itu sendiri merupakan kumpulan sel kanker yang berkembang secara cepat ke jaringan di sekitarnya. Tak hanya wanita saja yang berpotensi terkena kanker payudara, namun penyakit mematikan ini bisa saja menghampiri kaum pria pula.

Baca juga: 10 Perubahan tak biasa pada payudara ini ternyata tanda-tanda kanker

Belum diketahui secara pasti penyebab sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker. Namun beberapa para ahli menduga bahwa adanya interaksi antara faktor genetik dengan gaya hidup, lingkungan, dan hormon bisa menjadi penyebabnya.

Penyakit ini memang mengerikan, namun kanker payudara stadium awal dapat dideteksi. Bukan tidak mungkin penyakit ini dapat disembuhkan. Lalu bagaimana cara mengetahui gejala atau tanda dari kanker payudara? Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba sendiri untuk mengetahui gejala kanker payudara sebagaimana brilio.net lansir dari berbagai sumber, Kamis (28/3).

Loading...

1. Melihat payudara di depan cermin.

gejala kanker payudara istimewa

foto: cbsnews.com

Cara ini sangat mudah, namun sering diabaikan oleh banyak perempuan. Mereka kerap menganggap sepele tentang bercermin sembari melihat bagian payudaranya. Padahal untuk mendeteksi kanker payudara kamu harus sering mengecek payudaramu sendiri.

Caranya, kamu cukup berdiri tegak di depan cermin selama tiga menit. Perhatikan dengan baik payudaramu, apakah ada benjolan, memar merah, atau bengkak? Pasalnya tumor atau kanker dapat dideteksi dengan cara tersebut.

2. Angkat tangan lurus ke atas.

gejala kanker payudara istimewa

foto: saga.co.uk

Cara kedua masih dilakukan di depan cermin. Cara ini dianggap sangat efektif untuk mengetahui keberadaan tumor atau kanker. Saat tangan sudah diangkat ke atas, perhatikan kembali payudara dan memeriksa secara teliti, ada atau tidaknya benjolan. Lakukan selama 1-2 menit.

Satu hal yang penting diketahui adalah ketika kamu mengangkat tangan dan merasakan sakit di payudara, maka langkah terbaik periksakan kondisi kesehatanmu ke dokter.

3. Kenali bentuk dan ukuran payudaramu.

gejala kanker payudara istimewa

foto: medicalnewstoday.com

Selain melakukan dengan sentuhan, satu hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan memperhatikan kenyamanan dengan payudaramu sendiri. Kamu harus tahu bagaimana tekstur, ukuran, dan aspek lainnya. Jika kamu mengenal dengan baik bagaimana payudaramu, maka dengan mudah kamu bisa mengenali jika ada perubahan yang terjadi.

4. Periksa bagian ketiak.

gejala kanker payudara istimewa

foto: hellomagazine.com

Banyak pasien penderita kanker payudara mengaku bahwa mereka kerap merasa sakit di bagian ketiak. Kamu harus memeriksa dengan baik di bagian ketiak. Jika ada tonjolan, maka bisa jadi itu adalah ciri-ciri munculnya tumor. Segera konsultasikan ke dokter agar cepat mendapatkan penanganan.

5. Periksa kesehatan puting.

gejala kanker payudara istimewa

foto: all4women.co.za

Hal yang sangat perlu kamu lakukan adalah mengecek bagaimana kondisi puting payudaramu. Cara ini sangat mudah kamu lakukan, bahkan kamu bisa melakukannya setiap saat. Bagian puting adalah bagian yang paling mudah untuk dilihat.

Ciri-ciri awal penderita kanker adalah puting mengeras, terdapat ruam di daerah sekitar puting serta bentuk puting yang mengerut. Jika sudah parah, biasanya juga mengeluarkan darah. Maka penting bagi kamu untuk selalu mengecek bagaimana kondisi payudaramu agar terhindar dari penyakit yang mematikan tersebut.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    20%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    40%

  • Marah

    0%

  • Love

    40%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more