×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Perubahan tak biasa pada payudara ini ternyata tanda-tanda kanker

View Image

0

BRILIO » Kesehatan

10 Perubahan tak biasa pada payudara ini ternyata tanda-tanda kanker

Jika nampak tanda-tanda ini kamu harus segera periksa ke dokter.

03 / 06 / 2016

Brilio.net - Kanker memang menjadi penyakit yang menakutkan bagi masyarakat. Tercatat kanker payudara menjadi penyebab kematian kedua pada wanita setelah kanker leher rahim.

Kamu harus tahu jika ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memonitor kesehatan payudara. Penting bagi cewek untuk melakukan pemeriksaan diri sendiri (breast self-examinations) tiap bulannya agar bisa melihat tanda-tandanya.

Nah, berikut ini seperti yang brilio.net kutip dari Daily Health Tips, Kamis (2/6), tanda-tanda nggak biasa pada payudara yang perlu diwaspadai!

1. Payudara tumbuh membesar tiba-tiba

Meskipun nggak mengindikasikan kanker, gejala ini bisa menjadi tanda ada masalah kesehatan dalam tubuh wanita, seperti permasalahan kelebihan lemak dan lain-lain

Loading...

2. Berkurangnya ukuran payudara

Biasanya ketika cewek kurusan, otomatis juga bisa mengurangi ukuran payudara. Tapi kalau berat badan nggak berkurang tapi ukuran payudara mengecil, itu tandanya cewek harus segera periksa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

3. Ukuran payudara yang berbeda

Wanita memang pada normalnya punya oayudara yang asimetris, tapi yang perlu diperhatikan adalah misalnya payudara sisi yang satu mengecil dengan drastis. Apalagi kalau hal tersebut terjadi berbulan-bulan. Segera periksakan ke dokter ya...

4. Iritasi kulit pada bawah payudara

Kulit jadi sensitif atau iritasi pada bagian bawah payudara yang bukan disebabkan oleh pakaian, deterjen atau musim. Bisa jadi itu adalah tanda dari kanker payudara. Gejala awal dari pembentukan kanker ini membuat gatal atau menciptakan iritasi pada bagian bawah payudara.

5. Adanya benjolan pada payudara

Apabila benjolan semakin membesar dan nggak hilang-hilang dalam beberapa bulan, segera periksakan pada dokter ya, karena itu bisa jadi salah satu gejala kanker payudara.

6. Tumbuh rambut pada payudara

Tumbuhnya rambut dibeberapa tempat seperti payudara, perut, punggung, wajah bisa jadi adalah indikasi adanya Polycystic ovary syndrome (PCOS)atau sindrom ovarium polikistik. Ini adalah kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita yang berada di usia subur. Hal itu bisa juga menjadi tanda dari hormon tubuhmu nggak seimbang.

7. Payudara yang kering dan gatal

Payudara yang bersisik, merah dan gatal bisa jadi tanda dari penyakit Paget. Meski Paget bisa mengenai pria maupun wanita, namun hal ini sangat jarang ditemukan pada pria.

8. Keluar cairan putih dari puting payudara

Selain kamu yang sedang hamil atau lagi menyusui, apabila terjadi tanda ini harus segera memeriksakan ke dokter.

9. Keluarnya darah dari puting

Kalau ini terjadi, nggak usah menunggu lama. Segera ke dokter karena ini jelas mengindikasikan sesuatu tak  normal.

10. Kulit yang mulai abnormal

Pertumbuhan tumor biasanya akan membuat kulit meregang dan akan memberi efek warna yang nggak biasa. Baik kamu ngerasa ada benjolan atau nggak, segera periksakan apabila payudara tiba-tiba berwarna kemerahan, ungu atau mulai berkerut.

Tanda-tanda di atas tentu jangan dianggap sepele ya ladies. Jangan lupa untuk makan-makanan bergizi, olahraga teratur dan lakukan breast self-examinations paling nggak satu bulan sekali!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    100%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more