Brilio.net - Jeruk nipis memiliki aroma yang khas. Biasanya jeruk nipis cocok diolah atau dikonsumsi untuk minuman saat suasana panas. Jeruk nipis juga biasanya digunakan sebagai pelengkap berbagai makanan misalnya, soto dan mi kocok.

Selain untuk nikmati sebagai makanan ataupun minuman, jeruk nipis juga ampuh untuk menghilangkan bau amis pada daging atau ikan. Jeruk nipis biasanya diteteskan pada ikan atau daging sebelum diolah.

Bicara soal jeruk nipis, ternyata masih banyak orang yang sulit membedakan antara jeruk nipis dan lemon. Sama-sama dikenal buah yang kaya vitamin C, lemon dan jeruk nipis punya perbedaan lho. Dari segi bentuk, jeruk nipis memiliki ukuran lebih kecil dan bulat serta berwarna hijau terang. Sementara lemon memiliki bentuk sedikit oval dan berwarna kuning.

Bukan cuma vitamin C, jeruk nipis juga kaya akan asam sitrat. Asam sitrat ini memberikan efek rasa asam pada jeruk nipis. Selain itu, jeruk nipis mengandung nutrisi seperti vitamin B1, karbohidrat, protein, lemak, zat besi, fosfor, kalsium dan air.

Kandungan nutrisi yang ada pada jeruk nipis bermanfaat bagi tubuh, di antaranya untuk kecantikan dan kesehatan. Dalam bidang kecantikan, jeruk nipis bisa meremajakan dan menyehatkan wajah agar tampak muda. Sementara itu, jeruk nipis juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kadar gula darah, mencegah dehidrasi, dan mengatasi peradangan.

Tak hanya itu, bagi kamu yang ingin memiliki tubuh ideal, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk diet. Terapi dengan jeruk nipis merupakan salah satu program diet yang bisa membantu membuat perut menjadi rata lebih cepat. Jangan lupa imbangi dengan aktivitas fisik seperti olahraga.

Penasaran apa saja manfaat jeruk nipis untuk kesehatan? Berikut brilio.net rangkum manfaat jeruk nipis untuk diet dan cara menggunakannya dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (19/11).

2 dari 3 halaman


Manfaat jeruk nipis untuk diet.

1. Menunda rasa lapar.

foto: freepik.com

Biasanya orang yang menginginkan berat badan ideal akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Salah satunya dengan melakukan diet yang ekstrem.
Adapun diet ekstrem yang dimaksud dengan menahan nafsu makan atau melewatkan waktu makan. Padahal hal ini tak perlu dilakukan.

Beberapa penelitian mengungkapkan, mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat bisa membuat kenyang lebih lama. Begitu juga saat kamu memanfaatkan jeruk nipis untuk diet.

Jeruk nipis menawarkan kandungan serat larut air dan serat tak larut. Kedua kandungan tersebut bisa membuat kamu merasa kenyang tanpa kalori berlebih, sehingga godaan untuk mengonsumsi cemilan dapat teratasi.

2. Membantu melancarkan pencernaan.

foto: freepik.com

Air jeruk bersifat asam sehingga dapat membantu air liur memecah makanan. Selain itu kandungan flavonoid dalam jeruk bisa meningkatkan produksi enzim-enzin dalam tubuh yang diperlukan untuk mengurai makanan. Tubuh pun jadi tak butuh menimbun terlalu banyak sisa racun dan makanan. Pasalnya penimbunan racun-racun itu dapat membuat perut dan pinggang menjadi semakin lebar.

Jika kamu mengalami sembelit, sifat asam dari jeruk nipis dapat merangsang pergerakan usus. Sampah makanan di perut akan terdorong ke bawah lebih mudah dengan mengonsumsi jeruk nipis. Selain itu, jeruk nipis dapat membantu mengeluarkan feses lebih lancar.

3. Memaksimalkan pembakaran lemak.

foto: freepik.com

Jeruk nipis tidak tidak secara langsung membakar lemak. Namun jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan, asam sitrat, dan vitamin C yang mampu membakar lemak hingga 30 persen ketika beraktivitas maupun olahraga.

Kandungan jeruk nipis mampu mempercepat metabolisme tubuh. Maka ketika kamu beraktivitas fisik seperti olahraga, lemak, dan gula dalam tubuh dapat diubah lebih cepat menjadi sumber energi. Hal ini tentu baik untuk membantu mencegah penimbunan lemak dalam tubuh.

3 dari 3 halaman


Cara menggunakan jeruk nipis untuk diet.

1. Jeruk nipis dan air hangat.

foto: freepik.com

Jeruk nipis tidak mungkin diminum secara langsung tanpa kombinasi bahan lain karena rasanya yang begitu pekat. Kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk diet dengan mencampurkan pada air hangat.

Biasanya sebagian orang menggunakan jeruk nipis dengan cara diperas. Tapi, kamu juga bisa menggunakan dengan cara dicampur langsung dengan potongan buahnya atau sering disebut infused water.

2. Jeruk nipis dan jahe.

foto: freepik.com

Jahe memiliki kandungan yang bisa membantu menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh. Gula sendiri dibutuhkan oleh tubuh namun dengan kadar secukupnya. Jahe jadi barang yang bisa membantu tubuh menurunkan kadar gula bila dibutuhkan. Saat mengonsumsi air jahe, kamu akan merasakan hangat dalam tubuh. Rasa hangat dalam tubuh tersebut bermanfaat dalam diet karena membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

Jahe juga mampu memperkuat metabolisme, meningkatkan proses pembakaran, dan membantu proses detoksifikasi. Dengan banyaknya manfaat jahe dan jeruk nipis ini dapat menjadi ramuan yang ampuh untuk diet.

Caranya didihkan air 1,5 liter tambahkan 5 sendok makan parutan jahe dan tunggu dalam 1-2 menit. Saring air jahe dan tambah dengan 2 buah perasan jeruk nipis. Minumlah secara rutin setelah makan siang dan makan malam.

3. Jeruk nipis dan madu.

foto: freepik.com

Biasanya orang yang diet cenderung menghindari makanan manis seperti madu. Padahal madu alami dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena madu tak memiliki kandungan lemak, bebas kolesterol, maupun bebas sodium. Oleh karena itu, madu juga disebut sebagai nektar manis alami.

Cara mengonsumsi jeruk nipis dan madu sangat muda, yakni padukan dengan secangkir air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu.